Sukses

Hasil Riset: Cristiano Ronaldo Pemain di Piala Dunia 2022 yang Paling Berpengaruh di Instagram

Cristiano Ronaldo bakal memperkuat Portugal di Piala Dunia 2022.

 

Liputan6.com, Jakarta Popularitas Cristiano Ronaldo benar-benar tak terbantahkan. Meski belakangan ini lebih sering menghuni bangku cadangan Manchester United, ketenaran pemain asal Portugal itu tetap terjaga. 

Menurut Nielsen InfluenceScope, Cristiano Ronaldo bahkan masih memimpin dalam daftar pemain sepak bola berpengaruh di Instagram yang akan berlaga dalam Piala Dunia 2022. Pemain sepak bola asal Portugal ini berhasil mengungguli Lionel Messi, Neymar, dan juga Kylian Mbappe.

Peringkat ini didapat dari pengukuran influencer Nielsen, InfluencceScope. Dengan memanfaatkan platform ini, Nielsen mampu mengukur jumlah dan pertumbuhan followers, engagement rate, serta rata-rata brand value dari tiap post yang ada di Instagram untuk menentukan pemain mana yang dapat memberikan Social Media Value tertinggi dengan biaya tertentu.

Hasilnya, Cristiano Ronaldo, yang telah menjadi superstar global selama hampir 20 tahun mampu meningkatkan jumlah followers Instagramnya hingga dua kali lipat atau sekitar 47% dalam setahun terakhir. Dia mengungguli trio penyerang PSG, Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe.

Mereka berada di bawah Ronaldo dengan nilai media rata-rata lebih dari $1 juta per postingan.

Lionel Messi berada di urutan kedua. Pemain asal Argentina itu memiliki nilai media lebih dari $2,6 juta per posting dan 358 juta pengikut. Sementara bintang baru Real Madrid, tercatat mengalami peningkatan jumlah followers di Instagram yang mencapai hingga 90% pada musim lalu. Ini menjadi pertumbuhan tertinggi dalam peringkat 10 pemain paling berpengaruh dalam riset Nielsen.

Pemain Chelsea, N’Golo Kanté juga mencatatkan pertumbuhan yang luar bisa. Pemain yang begelimang gelar Piala Dunia, Liga Champions, hingga Liga Premier terseut memiliki engagement rate tertinggi dengan para followersnya, yakni 11%. Kanté menjadi satu-satunya pemain Liga Premier Inggris yang berhasil menembus 10 peringkat teratas Nielsen.

Gelandang Barcelona Gavi adalah Breakthrough Players teratas dalam indeks Nielsen. Dia berada di atas Raphinha dan Antony (Ajax). Gavi telah meningkatkan followersnya lebih dari 5000% sejak Agustus 2021 hingga mencapai 5,5 juta pengikut. Postingannya memiliki engagement rate yang luar biasa, hampir 30%.

Perpindahan Raphinha dari Leeds United ke Barcelona dan transfer Antony dari Ajax ke Manchester United pada Agustus 2022 ikut mendorong kedua pemain sayap ini untuk naik dalam jajaran Breakthrough Players.

Usia muda tidak menjadi syarat mutlak untuk dapat masuk ke jajaran 10 besar Breakthrough Players. Hal ini terbukti dengan masuknya gelandang Argentina, Rodrigo De Paul dalam usia yang sudah 28 tahun. Rodrigo telah lima kali masuk dalam jajaran ini setelah meningkatkan jumlah followersnya pada tahun lalu hingga 5 juta. Engagement ratenya memiliki nilai lebih dari 13%.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tim Paling Berpengaruh

Sementara itu, untuk kategori tim paling berpengaruh di Piala Dunia 2022 jatuh ke tangan Prancis. Sang juara bertahan itu mampu mengungguli Brasil dan Portugal.  Trio negara ini adalah satu-satunya tim nasional dengan lebih dari 10 juta pengikut.

64% penggemar Prancis berasal dari benua lain. Empat starter Prancis dalam 10 besar pesepakbola paling berpengaruh Nielsen (Mbappé, Benzema, Kanté dan Paul Pogba) telah meningkatkan jangkauan global dari Les Bleus, tetapi mereka masih memiliki daya tarik internasional yang lebih rendah daripada negara-negara sepakbola besar Eropa lainnya.

Sebanyak 86% penggemar yang mengikuti Portugal berasal dari luar negeri. 10,3 juta followers Portugal di Instagram berjumlah lebih dari populasi seluruh negara. Daya tarik internasional Ronaldo tentu berperan dalam popularitas global tim nasional Portugal.

Tim top Eropa lainnya seperti Inggris, Spanyol, Jerman, dan Belanda berhasil menarik penggemar dari luar negaranya hingga 70%. Seperti halnya Prancis dan Portugal, keempat tim ini telah memenangkan maupun masuk dalam babak final Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa sejak 2010.

 

 

3 dari 4 halaman

Maroko Melesat

Di kalangan tim-tim Afrika, Maroko tercatat sebagai tim berpengaruh yang ada dalam Piala Dunia. Tim sepak bola Maroko berhasil mendorong pertumbuhan followers diantara 32 tim Piala Dunia selama setahun terakhir dan menikmati engagement rate sebegar 3,4%, tertinggi dalam peringkat 10 besar.

Bek sayap Maroko Achraf Hafiimi, posisi ke-8 di 10 Breakthrough Players teratas di Nielsen InfluenceScope, berkontribusi pada pertumbuhan jumlah followers tim nasional Maroko.

Dari 10 juta pengikut Hakimi, telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak ia bergabung dengan pemain-pemain seperti Messi, Mbappe dan Neymar di Paris Saint-Germain pada Juli 2021.

 

 

4 dari 4 halaman

Komentar Nielsen

Menurut Managing Director of International Sport Nielsen, Marco Nazzari, kehadiran pemain-pemain terkenal di Piala Dunia 2022 tentu akan meningkatkan popularitas kejuaraan tersebut. Diperkirakan, setidaknya hampir satu miliar orang bakal menyaksikan turnamen empat tahunan itu. 

"Acara ini memberikan peluang unik bagi brand untuk bermitra dengan pesepakbola yang tepat untuk secara efektif melibatkan target audiens mereka. Nielsen InfluenceScope mengevaluasi semua aspek pengaruh pemain tertentu sehingga brand dapat memastikan mereka menerima tingkat pengembalian yang sesuai berdasarkan investasi yang tepat,” kata Marco dalam rilisnya kepada Liputan6. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Tim Nasional Portugal baru unjuk gigi di ajang internasional kala generasi emas seperti Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berada dalam skuat
    Tim Nasional Portugal baru unjuk gigi di ajang internasional kala generasi emas seperti Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berada dalam skuat

    Timnas Portugal

  • Piala Dunia 2022