Sukses

Pencetak Gol Termuda Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Berbagai Rekor Pele

Usia remaja tak menghalangi mereka membuat sejarah di Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa pemain termuda yang mencetak gol di Piala Dunia? Kami melihat kembali 10 pemain yang mencetak gol Piala Dunia pertama mereka di usia termuda, ditambah beberapa rekor gol terkait usia lainnya menjelang turnamen Piala Dunia 2022 Qatar.

 

1. Pele

(17 tahun, 239 hari)

Brasil vs Wales – 19 Juni 1958

 

Pele adalah pemain termuda yang mencetak gol di final Piala Dunia kategori putra. Faktanya, striker Brasil itu adalah satu-satunya pemain di bawah usia 18 tahun yang mencetak gol dalam sebuah pertandingan dalam sejarah turnamen, yang dibuat lebih impresif mengingat dia mencetak enam gol dalam perjalanannya meraih kemenangan bersama Brasil di Piala Dunia 1958. Itu adalah satu-satunya enam gol yang dicetak oleh seorang pemain sebelum berusia 18 tahun dalam sejarah Piala Dunia.

Golnya di perempat final melawan Wales tercipta saat dia baru berusia 17 tahun, 239 hari.

Seolah mencetak enam gol saat berusia 17 tahun di Piala Dunia pertamanya tidak cukup mengesankan, dia memasukkan hat-trick di semifinal melawan Prancis sebelum menambahkan dua lagi di final melawan Swedia untuk membantu timnas Brasil.

Pele tetap menjadi pemain termuda kelima yang bermain di Piala Dunia – rekor itu dimiliki oleh mantan gelandang Manchester United dari Irlandia Utara, Norman Whiteside, yang 194 hari lebih muda dari pemain Brasil itu pada debutnya.

 

2. Manuel Rosas

(18 tahun, 93 hari)

Meksiko vs. Argentina – 19 Juli 1930

 

Bek Meksiko Manuel Rosas adalah pencetak gol termuda kedua dalam pertandingan Piala Dunia, tetapi usia saat dia mencetak gol mungkin berbeda tergantung bagaimana Anda melihatnya.

Ketika baru berusia 18 tahun dan 93 hari pada Juli 1930, Rosas mencetak dua gol untuk Meksiko dalam kekalahan 3-6 dari Argentina. Hanya tiga hari sebelumnya dia mencetak gol pada usia yang lebih muda (18 tahun, 90 hari), tetapi itu adalah gol bunuh diri di gawang yang salah untuk Chile.

Ini adalah gol bunuh diri pertama yang dicetak dalam sejarah Piala Dunia, sementara gol pertamanya di ujung kanan gawang – yang membuatnya menjadi pencetak gol termuda kedua dalam sejarah Piala Dunia – adalah penalti pertama yang pernah dicetak dalam sejarah kompetisi.

Jika menjawab pertanyaan kuis tentang Piala Dunia pertama dan ragu, tebak Manuel Rosas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inggris Pernah Punya Remaja Paling Gemilang di Piala Dunia

3. Michael Owen

(18 tahun, 190 hari)

Inggris vs Rumania – 22 Juni 1998

 

Michael Owen adalah pemain termuda ketiga yang mencetak gol Piala Dunia, dan pemain Eropa termuda, dengan golnya dalam pertandingan penyisihan grup Inggris melawan Rumania pada Juni 1998 terjadi ketika dia baru berusia 18 tahun, 190 hari.

Mantan striker Liverpool, Newcastle, dan Real Madrid itu tetap menjadi satu-satunya remaja yang mencetak gol untuk tim nasional Inggris di Piala Dunia. Pada kenyataannya, satu-satunya pemain berusia di bawah 22 tahun yang mencetak gol di turnamen untuk The Three Lions.

Pemenang Ballon d'Or 2001 itu menambahkan satu gol lagi di Piala Dunia 1998, mencetak salah satu gol Inggris yang paling berkesan dalam sejarah Piala Dunia dalam 16 pertemuan terakhir mereka dengan Argentina.

Sayangnya untuk Inggris dan Owen, pertandingan itu berakhir dengan kekalahan dan pencarian sepak bola internasional Owen untuk lebih banyak gol Piala Dunia saat remaja berakhir di sana.

 

4. Nicolae Kovacs

(18 tahun, 197 hari)

Rumania vs Peru – 14 Juli 1930

 

Pemain depan Rumania, Nicolae Kovacs, mencetak satu-satunya golnya di Piala Dunia dalam kemenangan 3-1 Rumania atas Peru di turnamen 1930. Kovacs memainkan satu pertandingan lagi di final 1930, sebelum tampil lebih lanjut di turnamen 1934 dan 1938 tanpa mencetak gol.

Dengan rekan setimnya, Constantin Stanciu, juga mencetak gol untuk Rumania di awal pertandingan ini, yang baru berusia 19 tahun dan 92 hari, ini adalah satu-satunya kesempatan dalam sejarah Piala Dunia di mana dua remaja mencetak gol dalam pertandingan yang sama.

 
3 dari 4 halaman

Ketika Bakat Messi Sudah Menyihir Dunia Sejak Remaja

5. Dmitry Sychev

(18 tahun 231 hari)

Rusia vs Belgia – 14 Juni 2002

 

Gol Dmitry Sychev pada menit ke-88 dalam kekalahan Rusia dari Belgia 3-2 di Piala Dunia 2002 adalah momen terakhir yang dicetak Rusia di final di Jepang dan Korea Selatan – mereka tersingkir di babak penyisihan grup.

Sychev baru berusia 18 tahun 231 hari ketika dia mencetak gol melewati Geert De Vlieger di gawang Belgia dan sebelumnya masuk sebagai pemain pengganti di babak pertama.

 

6. Lionel Messi

(18 tahun, 357 hari)

Argentina vs Serbia dan Montenegro – 16 Juni 2006

 

Lionel Messi mencetak gol Piala Dunia pertamanya dalam kemenangan 6-0 Argentina atas Serbia dan Montenegro di Piala Dunia 2006 di Jerman.

Gol menit ke-88 Messi tiba setelah dia masuk sebagai pemain pengganti, dengan 15 menit tersisa dan memastikan kemenangan enam gol Argentina dari negara UEFA itu. La Pulga baru berusia 18 tahun, 357 hari ketika dia mencetak gol melewati kiper Serbia, Dragoslav Jevri, pada debutnya di Piala Dunia.

Setelah membantu gol Hernan Crespo hanya beberapa menit setelah memasuki pertandingan dari bangku cadangan, pada akhir debutnya di Piala Dunia, Messi sudah terlibat dalam banyak gol dalam 15 menit di lapangan karena dia memiliki gol dan assist dalam tujuh penampilan bersama Barcelona di Liga Champions.

 

Daftar top 10 pencetak gol termuda Piala Dunia:

 

No. 7: Julian Green (19 tahun, 25 hari)

AS vs Belgia – 1 Juli 2014

 

No.8: Divock Origi (19 tahun, 65 hari)

Belgia vs Rusia – 22 Juni 2014

 

No. 9: Martin Hoffmann (19 tahun, 88 hari)

Jerman Timur vsChile – 18 Juni 1974

 

No. 10: Constantin Stanciu (19 tahun, 92 hari)

Rumania vs Peru – 14 Juli 1930

4 dari 4 halaman

Momen Pele Mengukir Banyak Rekor di Piala Dunia

Pemain Termuda yang Mencetak Hattrick Piala Dunia

Tidak puas dengan menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Dunia putra, Pele mencetak hattrick hanya lima hari kemudian dalam kemenangan semifinal Brasil atas Prancis di Piala Dunia 1958.

Pemain Brasil ini adalah satu-satunya pemain di bawah 19 tahun yang mencetak hat-trick dalam sejarah kompetisi (17 tahun, 244 hari), dengan pemain termuda berikutnya adalah Edmund Conen dari Jerman (19 tahun, 198 hari) melawan Belgia pada 1934.

Pemain termuda yang mencetak lebih dari tiga gol dalam satu pertandingan Piala Dunia pria adalah Ernst Wilimowski dari Polandia melawan Brasil pada 1938. Dia berusia 21 tahun 347 hari ketika dia mencetak empat gol dalam satu pertandingan, 20 tahun sebelum Pele memasuki Piala Dunia.

 

Pemain Termuda yang Mencetak Gol di Final Piala Dunia

Biarkan kami mengejutkanmu, di mana Pele kembali memegang rekor pemain termuda yang mencetak gol di pertandingan final Piala Dunia.

Legenda Brasil itu mencetak dua gol dalam kemenangan 5-2 Brasil atas Swedia di final 1958, di usianya yang baru 17 tahun 249 hari. Dua gol ini berarti dia mengakhiri turnamen dengan enam gol, meski belum menginjak usia 18 tahun.

Satu-satunya remaja lain yang mencetak gol di final Piala Dunia adalah Kylian Mbappe untuk Prancis di final 2018 melawan Kroasia. Mbappe baru berusia 19 tahun 207 hari ketika mencetak gol di final di Moskow, yang akhirnya dimenangkan oleh Prancis dengan skor 4-2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini