Ingin Datangkan Jude Bellingham, Ini Harga yang Harus Dibayar Liverpool

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 21 Sep 2022, 19:23 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 19:24 WIB
Foto: 5 Pemain U-20 dengan Menit Bermain Terbanyak di Liga Top Eropa pada Musim Ini
Perbesar
Jude Bellingham telah menjadi salah satu gelandang yang paling banyak dimainkan oleh Borussia Dortmund pada musim ini. Pemuda 18 tahun itu tercatat telah tampil sebanyak 34 kali dengan mencetak 6 gol dan 12 assist musim ini. Ia juga telah mengoleksi 1895 menit bermain. (AFP/Ronny Hartmann)

Liputan6.com, Jakarta Liverpool harus merogoh kocek cukup dalam jika ingin membooyong Jude Bellingham dari Borussia Dortmund. Laporan Daily Mail menyebut The Reds perlu membayar 131 juta poundsterling (sekitar Rp2,2 triliun) sebagai mahar kepindahan sang pemain.

Seperti diketahui, Bellingham memang menjadi sosok yang paling diincar di kancah sepak bola dunia akhir-akhir ini. Pemain berusia 19 tahun itu diminati oleh klub-klub rakasa sekelas Manchester United (MU), Manchester City, Chelsea, dan Real Madrid.

Juru taktik Liverpool Jurgen Klopp juga diketahui merupakan penggemar berat Bellingham. Sayangnya, mereka kesulitan memboyong penggawa Timnas Inggris di bursa transfer musim panas kemarin, lantaran Dortmund baru saja melepas Erling Haaland ke Manchester City.

Ini bukanlah kali pertama The Reds mencoba mendatangkan Bellingham ke Anfield. Liverpool sebelumnya dilaporkan sempat menaruh hati pada sang gelandang ketika ia masih memperkuat tim U-11 Birmingham City.

Malang pendekatan yang dilakukan raksasa Liga Inggris tak membuahkan hasil positif. Keluarga Bellingham kala itu lebih memilih untuk menetap di Brimingham.

Setelahnya, Liverpool terus memantau perkembangan sang pemain hingga ia hijrah ke Bundesliga. Klub besutan Jurgen Klopp kini harus bekerja keras jika ingin membajak pemain idamannya dari Borussia Dortmund.

Pasalnya, pihak kubu Jerman tak akan rela melepas sang bintang. Die Borussen diprediksi bakal mengajukan penawaran yang lebih baik kepada Bellingham agar ia mau memperpanjang masa tinggalnya di Signal Iduna Park.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tantangan Lain

FOTO: Manchester City Susah Payah Taklukkan Borussia Dortmund di Liga Champions
Perbesar
Pemain Manchester City, Phil Foden, menghadang pemain Borussia Dortmund, Jude Bellingham, pada laga Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (7/4/2021). City menang dengan skor 2-1. (AP/Dave Thompson)

Tak hanya Borussia Dortmund, Liverpool juga masih punya tantangan lain untuk mewujudkan misi mendatangkan Bellingham ke markasnya. Sang pemain diketahui cukup loyal pada raksasa Bundesliga.

Saat ditanya soal masa depannya jelang bursa transfer musim panas kemarin, Bellingham mengaku masih ingin merumput bersama Die Borussen dibanding hijrah ke Premier League.

“Satu-satunya masa depan yang saya pikirkan adalah pertandingan berikutnya untuk Dortmund,” kata Bellingham kepada Ruhr Nachrichten BVB, seperti dilansir dari Metro pada pertengahan Mei lalu.

“Saya menantikan musim depan. Saya menantikan hal itu (kompetisi) dimulai lagi. Namun ya, saya akan tetap berada di sini (Borussia Dortmund) musim depan,” sambung gelandang internasional Inggris.

“Nasib saya ada di tangan saya sendiri dan saya tahu bahwa jika saya mempercayai orang-orang di sekitar saya, saya bisa maju,” ujarnya menambahkan.


Berkembang di Borussia Dortmund

Foto: 5 Pemain yang Dinilai Mampu Gantikan Peran Sang Veteran James Milner di Liverpool
Perbesar
Jude Bellingham menjadi salah satu talenta muda paling menjanjikan di Eropa saat ini. Ia telah menikmati kesuksesan besar bersama Borussia Dortmund sejak bergabung pada 2020. Liverpool tentu akan bersaing dengan klub-klub besar lainnya untuk mendapatkan pemuda 18 tahun itu. (AFP/Sascha Schuermann)

Tak heran jika Bellingham amat setia pada klubnya. Borussia Dortmund memang telah menjadi tempat bagi sang pemain untuk berkembang sejak mencatatkan kepindahan dari Birmingham City pada 2020 silam.

Bellingham pun mengaku sangat berterima kasih kepada Die Borussen. Pemain kelahiran tahun 2003 itu menilai para pelatih dan staf Signal Iduna Park punya peran besar dalam mengasah bakatnya di bidang sepak bola.

“Saya datang dari Inggris sebagai talenta muda. Tidak banyak tekanan kala itu. Musim pertama berjalan dengan baik. (Namun) ada pula masa-masa ketika saya duduk di bangku cadangan atau tidak bermain sama sekali,” ujar Bellingham, dilansir dari Mirror.

“Saya pikir, perkembangan saya tahun ini berarti saya telah memainkan peran yang lebih besar di setiap pertandingan. Saya sangat berterima kasih kepada Dortmund atas segala cara mereka yang mereka lakukan untuk mengembangkan bakat saya.”


Pesaing Liverpool

Foto: Muda Berbakat, Pemain 18 Tahun yang Memiliki Nilai Pasar Tinggi
Perbesar
Jude Bellingham merupakan pembelian sekaligus investasi yang tepat bagi Borussia Dortmund. Ia memiliki kontribusi yang tinggi dengan catatan penampilan sebanyak 58 kali dan telah menorehkan 6 gol dan 9 assist. Nilai pasar Bellingham saat ini mecapai sekitar 1,2 triliun rupiah. (AFP/Ina Fassbender)

Lebih lanjut, Liverpool juga kemungkinan harus menghadapi persaingan dengan Manchester United demi mendapatkan jasa Bellingham. Klub yang kini ditukangi oleh Erik ten Hag itu sudah lama dikabarkan tertarik pada pemain berusia 19 tahun.

MU bahkan telah berupaya merayu Bellingham sejak dua tahun silam. Setan Merah sampai meminta Sir Alex Ferguson untuk turut meyakinkan sang gelandang serta memberinya tur di fasilitas pelatihan klub.

Bellingham disebut terkesan dengan upaya MU. Akan tetapi, ia masih enggan menyegel kepindahan ke Old Trafford. Laporan pada Februari mengeklaim Setan Merah kembali melanjutkan upaya pengejaran terhadap Bellingham. Namun, sang pemain tetap bergeming.

Infografis transfer Liverpool - November 2021
Perbesar
Infografis transfer Liverpool. (Liputan6.com/Abdillah)

Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya