5 Strategi Mengerikan yang Bisa Dilakukan Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar

Oleh Yulianto pada 21 Sep 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 20:00 WIB
Timnas Brasil
Perbesar
Timnas Brasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Peru dan berhak melaju ke final Copa America 2021. (AFP/Mauro Pementel)

 Timnas Brasil saat ini menjadi favorit juara Piala Dunia 2022. Fakta itu seharusnya tidak terlalu mengejutkan, karena tim nasional mereka benar-benar ditumpuk dengan bakat yang luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta Neymar, Vinicius Junior, Gabriel Jesus, Casemiro, Alisson Becker mewakili lima talenta utama Selecao.

Tetapi, kedalaman kualitas dalam skuad mereka – yang baru-baru ini kami bahas karena terlalu menakjubkan – adalah sesuatu yang luar biasa.

Begitu diberkatinya Brasil dengan pesepakbola kelas dunia, sehingga tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana mereka akan melakukannya di Qatar.

Untuk alasan itu, Ada beberapa spekulasi dan analisa lima cara terbaik yang dapat dilakukan Brasil untuk meraih kemenangan di Piala Dunia 2022.

Tite selaku pelatih kepala Selecao tentunya bisa mempertimbangkan salah satu dari lima strategi di bawah ini. Itu pun tergantung dari kebutuhan tim asuhannya serta lawan yang akan dihadapi nanti.

Opsi satu: serangan 4-3-3

Satu hal yang selalu ingin Anda lihat dari Brasil adalah penekanan pada serangan.

Tidak ada gunanya memiliki pemain top seperti Neymar Jr dan Vinicius jika Anda tidak akan memberi mereka kebebasan untuk melakukan sihir mereka di lapangan. Dalam formasi ini, kami memprioritaskan kebutuhan itu.

 

GK – Alisson

 

RB – Danilo

CB – Marquinhos

CB – Militao

LB – Lodi

 

CM- Casemiro

CM – Fabinho

CAM – Neymar

 

RW – Rodrygo

ST – Jesus

LW – Vinicius

Sebelum Anda mengatakannya, kami menyadari bahwa secara statistik bukan serangan terbaik yang memenangkan Piala Dunia, tetapi pertahanan terbaik. Kami merasa, meskipun formasi menyerang, masuknya dua gelandang bertahan kelas dunia memberikan perlindungan yang cukup di sini.

Sementara pengaturan yang cair dan kreatif akan memungkinkan kejeniusan bintang mereka berkembang.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Personel Beda Tak Kalah Tajamnya

Foto: 5 Pemain Top yang Lahir Bebarengan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Termasuk Ederson Moraes Sang Kiper Andalan Man City
Perbesar
Ederson Moraes menjadi daftar pertama pemain top yang lahir bebarengan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Pria kelahiran Osasco, Brasil 17 Agustus 1993 itu merupakan salah satu sosok kunci kedigdayaan Manchester City di Liga Inggris maupun Eropa. Dalam dua musim terakhir, Ederson sukses menyabet gelar Golden Glove di liga. Selain itu, sang pemain juga dikenal memiliki kemampuan dalam membaca serangan dan memberikan umpan-umpan panjang yang akurat. (AFP/Martin Rickett)

Opsi dua: Serangan 4-3-3 dengan personel berbeda

Oke, jadi untuk sedikit mendemonstrasikan soal kedalaman skuad Brasil, kami akan menggunakan formasi yang persis sama, tetapi hanya mempertahankan beberapa pemain kunci.

Kami juga memberikan peluang kepada beberapa pemain untuk masuk dalam pilihan Tite di starting XI di Piala Dunia nanti. Contoh memberikan kesempatan kepada Fred apabila Gabriel Guimaraes berhalangan. Atau, kesempatan kepada Anthony jika Raphinha mengalami hal serupa. Paling nyata adalah menempatkan Ederson di bawah mistar gawang.

Terlepas dari itu, setiap pemain pelapis yang dibawa Tite memiliki kedalaman kualitas tak kalah ketimbang skuad inti Selecao.

 

GK – Ederson

 

RB – Danilo

CB – Silva

CB – Bremer / Ibaez

LB – Alex Sandro / Telles

 

CM – Casemiro

CM – Guimaraes / Fred

CAM – Neymar / Coutinho / Paqueta

 

RW – Raphinha / Anthony

ST – Richarlison / Firmino

LW – Cunha / Martinelli

 

Kedalaman skuad Brasil benar-benar cukup membingungkan, bahkan banyak pemain Liga Premier terkemuka tidak dapat masuk tim utama.


Kesempatan Firmino Unjuk Kebolehan Sebagai Ujung Tombak

Roberto Firmino Cetak Brace, Brasil Pesta Gol ke Gawang Bolvia di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Perbesar
Pemain Brasil merayakan gol yang dicetak Roberto Firmino ke gawang Bolivia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2020 di Corinthians Arena, Sabtu (10/10/2020) pagi WIB. Brasil menang 5-0 atas Bolivia. (AFP/Buda Mendes/pool)

Opsi tiga: 4-3-3 dengan false nine

 

GK – Allison

 

RB – Danilo

CB – Marquinhos

CB – Militao

LB – Lodi

 

CDM – Casemiro

CM – Guimaraes

CM – Coutinho

 

RW – Vinicius

CF – Firmino

LW – Neymar

 

Bukankah ini akan menjadi giliran untuk memberikan performa terbaik? Firmino menentang peluang dan memulai untuk Selecao di Qatar.

Memang, tampaknya tidak mungkin, tetapi pada saat yang sama dia telah menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah ada di generasi sepak bola ini.

Kecerdasan luar biasa Firmino dalam peran yang dikombinasikan dengan tingkat kerjanya yang mantap dapat menjadikannya aset nyata bagi tim dan bekerja sangat baik dengan Neymar dan Vinicius di kedua sisinya.

Ini juga bisa menjadi cara yang berguna untuk memasukkan Guimaraes atau Coutinho ke dalam starting XI.


Strategi yang Bisa Menekan Kekurangan Brasil

Brasil - Richarlison, Gabriel Jesus, Raphinha
Perbesar
Brasil - Richarlison, Gabriel Jesus, Raphinha (Bola.com/Adreanus Titus)

Opsi empat: 3-4-1-2

 

GK – Alisson

 

CB – Marquinhos

CB – Militao

CB – Silva

 

RM – Raphinha

CM – Guimaraes

CM – Casemiro

LM – Vinicius

 

CAM – Neymar

 

ST – Jesus

ST – Richarlison

 

Setelah benar-benar memikirkannya, tiga bek yang agak tidak biasa ini berpotensi menjadi tiket emas untuk Brasil.

Ini menyembunyikan kekurangan mereka – full back mereka – lebih baik daripada formasi lainnya, hanya karena mereka sekarang tidak memilikinya.

Sementara itu, strategi tersebut juga menambahkan pemain top dunia lainnya, seperti Silva.

Serangan hampir tidak dapat dikompromikan dan penambahan Richarlison, yang berada di performa terbaik untuk Spurs baru-baru ini, bisa menjadi tambahan bagus lainnya untuk tim.


Tuntutan Fans Tak Sekadar hanya Meraih Kemenangan

Opsi lima: 4-5-1

 

GK – Alisson

 

RB – Danilo

CB – Marquinhos

CB – Militao

LB – Sandro

 

RM – Raphinha

CAM – Coutinho

CM – Casemiro

CAM – Neymar

LM – Vinicius

 

ST – Jesus

 

Jadi, begitulah. Lima cara agar Brasil dapat melakukan strategi dengan baik di Piala Dunia 2022. Tidak diragukan lagi mereka dapat mencapai kesuksesan besar dengan persenjataan yang mereka miliki.

Seperti biasa, para penggemar menuntut negara yang telah mengklaim rekor lima Piala Dunia akan mengharapkan tidak kurang dari sekadar mencicipi kemenangan di Qatar.

Jadi, tidak ada tekanan dan jangan ragu untuk kembali ke lembar contekan ini jika Anda tidak dapat memutuskan strategi tim.

Infografis Grup E Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Grup E Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya