Sukses

Sejarah Penalti yang Menimbulkan Ketegangan di Piala Dunia

Penalti bagai drama yang menegangkan, di mana satu pihak bisa menjadi pahlawan atau sebaliknya. Ini sering terjadi di Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta Dalam sepak bola, tidak ada hal menegangkan selain menonton adu penalti penuh aksi, di mana pemain selaku eksekutor penendang melawan penjaga gawang. Momen itu seolah menghasilkan ‘pahlawan atau penjahat’ usai melakukannya.

Namun, bicara di Piala Dunia mana pun, pengambil penalti yang berhasil berarti dirinya bakal dikenang selama bertahun-tahun. Bahkan, namanya akan dipuja selama puluhan tahun.

Tendangan penalti seperti yang kita kenal sekarang diperkenalkan oleh Undang-Undang 14 Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada 1891. Sesuai dengan aturan, seorang pemain yang dengan sengaja menjegal, menahan, atau menangani bola dalam jarak 12 yard dari garis gawangnya sendiri bertanggung jawab alias mendapat hukuman.

Bagaimana rasanya mengambil penalti di Piala Dunia?

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa AS, Landon Donovan, melakukan 57 gol dalam 157 pertandingan. Dia merupakan pencetak gol terbanyak Amerika dalam sejarah Piala Dunia.

Donovan mengatakan kepada Football Now bahwa mengambil penalti di turnamen terbesar sepak bola adalah pengalaman yang "menegangkan".

“Anda sangat sadar bahwa ini adalah momen besar, tidak hanya untuk Anda dan tim Anda, tetapi juga negara Anda,” kata Donovan kepada Football Now.

"Kelegaan tercipta setelah Anda mencetak gol di Piala Dunia, terutama melalui penalti. Di Piala Dunia, ada lebih banyak yang dipertaruhkan. Ketika Anda mengambil penalti bersama klub, jika Anda melewatkannya, Anda mungkin bisa mendapatkannya lagi dalam dua minggu ke depan. Di Piala Dunia, tidak ada penalti kedua yang datang. Anda tahu bahwa ini adalah satu-satunya kesempatan Anda."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penalti yang bakal Tercipta di Piala Dunia 2022

Mengetahui bahwa Anda bertanggung jawab atas impian jutaan orang di kampung halaman bisa menjadi lebih dari sedikit menakutkan - dan sulit untuk menciptakan kembali tekanan yang datang dengan penalti dalam pelatihan.

VAR diperkenalkan untuk membantu wasit di lapangan dalam menangkap pelanggaran yang dilakukan di dalam kotak yang mungkin terlewatkan.

Wasit Video Assistance Referee (VAR) menonton pertandingan melalui beberapa layar dan dapat melihat tayangan ulang lewat gerakan lambat, memungkinkan mereka untuk memberi tahu wasit di lapangan.

Karena itu, mantan wasit FIFA, Keith Hackett, memprediksi Piala Dunia 2022 di Qatar akan memecahkan rekor itu.

“Saya dapat melihat lebih banyak penalti diberikan, karena saya pikir operator VAR yang dipilih untuk Piala Dunia akan dilatih dengan sangat efisien oleh FIFA. Mungkin ada tendangan penalti di masa lalu yang tidak diberikan karena kami belum melihatnya. Tinjauan proses dengan VAR yang masuk akan memastikan bahwa itu terdeteksi, dan itu dihukum (penalti)."

Tidak heran jika Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Colina, akan memimpin ofisial pertandingan di Piala Dunia di Qatar. Dia secara luas dianggap sebagai wasit sepak bola terbaik sepanjang masa. Setelah dinobatkan sebagai "Wasit Terbaik Tahun Ini" FIFA enam kali berturut-turut.

3 dari 4 halaman

Raja Penalti

 

Jerman adalah Raja adu penalti yang tak terbantahkan. Der Panzer mencetak 17 dari 18 penalti yang luar biasa. Prancis, Meksiko, Inggris, dan Argentina telah mencoba - dan gagal - untuk mengalahkan mereka.

Football Now berbicara dengan jurnalis olahraga Jerman, Jonas Gerdes, dan bertanya tentang rahasia kesuksesan Jerman.

“Yang terpenting adalah pengalaman,” jelas Gerdes. “Mereka selalu memikirkan masa lalu, dan mari kita ingat Jens Lehmann, sangat terkenal dengan kertas di sepatunya. Dia memeriksa di mana para pemain akan menempatkan penalti mereka. Dan, saya pikir pengalaman ini membuat Anda kuat. Kami melakukannya, dan kami akan melakukannya itu lagi. Dan, tentu saja, mereka berlatih penalti. Dan, tentu saja, ada sedikit keberuntungan seperti biasanya."

Karena itu, timnas Jerman masih diunggulkan jika pertandingan harus ditentukan lewat drama penalti di Piala Dunia 2022. Thomas Mueller dkk tentunya memiliki pengalaman melakukan tantangan tersebut.  

4 dari 4 halaman

Mewujudkan Impian Melalui Penalti

Penalti selama pertandingan penting, tetapi untuk tontonan dan ketegangan, adu penalti akan membuat semua orang mengalami ketegangan di kursi mereka saat menonton langsung di Qatar maupun penggemar yang menonton televisi.

Mengetahui bahwa Anda bertanggung jawab atas impian jutaan orang di rumah bisa menjadi lebih dari sedikit menakutkan. Menciptakan kembali tekanan penalti dalam latihan bisa jadi menantang. Untuk memenangkan Piala Dunia, Anda mungkin perlu mencetak satu atau dua penalti di sepanjang jalan.

“Saya pikir itu hanya tekanan,” kata mantan pemain internasional Inggris, Stephen Warnock. “Untuk meniru situasi tekanan, Anda melakukannya dalam pelatihan walau sangat sulit melakukannya langsung di depan penggemar. Ketika Anda berpikir tentang final Euro, ada tekanan pada tim untuk membawa pulang, seperti yang terus mereka katakan di Inggris. Saya pikir itu adalah tekanan besar pada para pemain dan sesuatu yang Anda tidak bisa lakukan dalam pelatihan."

Penalti akan terus menjadi ujian saraf dan teknik. Bagi penggemar, ini bisa menjadi momen yang hampir tidak bisa mereka tonton. Hasilnya akan melihat harapan hancur dan momen ekstasi yang hampir tak tertandingi di dunia sepak bola untuk beberapa orang yang beruntung. Untuk yang netral, tidak ada yang seperti itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.