Sukses

Lemparan Setinggi Dada pada Permainan Bola Basket Disebut Sebagai?

Bola basket adalah permainan bola besar yang dimainkan secara beregu dengan anggota masing 5 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Bola basket menjadi salah satu olahraga yang digemari di Indonesia, khususnya bagi kalangan muda. Di Indonesia, permainan bola basket dinaungi oleh Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) sebagai induk organisasi bola basket.

Saat duduk di bangku sekolah mungkin kamu pernah memainkan permainan ini bukan? Perlu kamu ketahui bola basket termasuk ke dalam permainan bola besar.

Bola basket, bola voli dan sepak bola termasuk kedalam permainan bola besar. Apakah kamu tahu diantara ketiganya siapa yang memiliki massa paling berat? Ya, bola basket adalah bola yang memiliki massa paling berat diantara bola voli dan sepak bola pada permainan bola besar.

Meskipun memiliki massa yang berat, kamu tidak perlu khawatir karena permainan ini dapat kamu asah dengan keterampilan dan kemampuan yang kamu miliki.

Sebelumnya kamu perlu tahu gerakan yang ada dalam permainan bola bakset, diantaranya memegang bola, melempar bola, menggiring, menangkap, menembak dan rebound.

Memegang bola menjadi langkah pertama yang harus dikuasai oleh pebasket. Selanjutnya, gerakan yang penting bagi pebasket adalah melempar bola.

Dalam permainan bola basket, melempar bola dibagi menjadi tiga cara, yaitu melempar bola dari atas kepala, melempar bola dari depan dada, dan melempar bola memantul ke tanah.

Melempar bola dari atas kepala dinamakan over head pass. Sedangkan, melempar bola dari depan dada adalah chest pass dan melempar bola memantul ke tanah disebut sebagai bounce pass.

Lantas apakah kamu tahu, cara melempar pada permainan bola basket yang dilakukan setinggi dada sebut sebagai?

Lemparan setinggi dada dalam permainan bola basket dinamakan chest pass. Lemparan ini dilakukan dengan cara memberikan bola ke teman dengan cara melempar tepat ke arah depan dada.

Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, kelebihan chest pass adalah lebih cepat dan lebih kuat untuk mencapai teman. Lemparan ini sangat bermanfaat untuk operan jarak pendek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknik Dribble Dalam Permainan Bola Basket

Dari enam gerakan yang ada, menggiring bola atau dribbling adalah teknik yang paling terkenal dalam permainan basket. Dribbling merupakan suatu cara membawa bola ke depan dengan cara memantulkan bola ke lantai dengan satu tangan atau secara bergantian sembari berjalan ataupun berlari. Simak penjelasannya di bawah ini.

Crossover Dribble

Gerakan ini merupakan gerakan memindahkan bola dengan cara menggiring dari tangan satu ke tangan yang lain. Teknik ini berguna untuk menjaga bola agar tidak bisa diambil lawan.

Behind The Back

Gerakan ini adalah gerakan yang dilakukan untuk memindahkan bola dari tangan satu ke tangan yang lain. Gerakan behind the back dilakukan dengan cara mengganti posisi bola melalui belakang punggung. Gerakan ini dilakukan guna menjaga bola dari lawan yang berada di depan.

Hesitation

Hesitation merupakan teknik dribble yang dilakukan dengan sangat cepat. Untuk melakukan teknik ini pemain harus bisa menggiring bola dengan kecepatan tinggi. Teknik ini bertujuan untuk menghilangkan konsentrasi lawan dan memudahkan pemain saat hendak melakukan shoot. 

3 dari 4 halaman

Teknik Dribble Lainnya

Spin

Spin dalam teknik dribble adalah salah satu teknik tersulit. Teknik ini dilakukan dengan cara memutarkan badan bersamaan ketika pemain melakukan dribbling. Adapun tujuan memutar badan pada teknik ini adalah untuk menghindar dari lawan.

Through The Legs

Teknik through the legs merupakan gerakan yang dilakukan untuk memindahkan bola dari tangan sat uke yang lain melalui celah yang berada di antara kedua kaki. Teknik ini dapat berguna untuk mengelabui lawan dan menjauhkan bola dari lawan.

Change of Pace

Change of pace merupakan teknik dasar dribble dalam permainan bola basket yang paling sering dilakukan. Teknik ini dilakukan dengan cara memainkan tempo atau durasi saat dribble yang berguna untuk mengecoh dan membuat lawan berpikir tempo apakah yang nantinya akan digunakan oleh pemain.

4 dari 4 halaman

Gerak Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif

Setelah memahami gerak spesifik dan teknik dribble pada permainan bola basket, kamu perlu mengetahui setiap gerakan memiliki jenisnya, diantaranya gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif.

Gerak Lokomotor

Gerak lokomotor pada permainan bola basket adalah gerakan dari seluruh tubuh melalui ruang atau jarak tertentu. Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV, berikut adalah gerakan lokomotor pada permainan bola basket:

-Berjalan dan berlari

-Berlari dan melompat

-Berjalan dan meloncat

Gerak Non Lokomotor

Gerak non lokomotor adalah gerak dasar yang dilakukan tanpa menghasilkan perpindahan tempat. Gerak non lokomotor dilakukan dengan cara menggerakan badan dan melibatkan sendi, serta otot.

Berikut adalah macam-macam gerakan non lokomotor dalam permainan bola basket:

-Menekuk kaki dan membungkuk

-Berdiri dan mengayunkan lengan

-Menarik dan mengayunkan lengan

Gerak Manipulatif

Gerak manipulatif adalah suatu gerakan yang melibatkan sebuah objek dalam penguasaannya. Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV, berikut ini merupakan gerak manipulatif permainan bola basket:

-Menggiring dan mengoper bola

-Menangkap dan melempar bola

-Menggiring dan menembak bola

-Mengoper dan menembak bola

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.