Sukses

Klasemen Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Bekuk Vietnam, Indonesia Juara Grup F

Timnas Indonesia membungkam Vietnam 3-2 pada partai pamungkas Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Gelora Bung Tomo, Minggu (18/9/2022). Kemenangan ini memastikan posisi Indonesia sebagai juara grup.

Liputan6.com, Surabaya - Timnas Indonesia membungkam Vietnam 3-2 pada partai pamungkas Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Gelora Bung Tomo, Minggu (18/9/2022). Kemenangan ini memastikan posisi Indonesia sebagai juara grup.

Indonesia mengoleksi sembilan angka dari tiga pertandingan untuk lolos ke turnamen utama di Uzbekistan tahun depan. Sementara Vietnam menjadi runner-up dengan torehan enam angka.

Mereka menunggu berakhirnya seluruh putaran kualifikasi untuk mengetahui apakah ikut lolos atau tidak. Tersedia lima tempat bagi runner-up terbaik di turnamen utama. 

Ini adalah partisipasi ke-19 Indonesia di Piala Asia U-20. Capaian terbaik dicatat pada 1961 dengan menjadi juara. Sedangkan partisipasi terakhir tahun 2018, Timnas U-20 menembus perempat final.

Pada pertandingan lain, Timor Leste membuat kejutan dengan membekuk Hong Kong 2-1. Alhasil, mereka mengakhiri kompetisi di urutan ketiga. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Lengkap dan Klasemen Grup F

Peringkat-Tim-Main-Menang-Imbang-Kalah-Gol-Poin

1 Indonesia 3 2 0 0 12-3 9

2 Vietnam 3 2 0 1 11-4 6

3 Timor Leste 3 1 0 2 2-9 3 

4 Hong Kong 3 0 0 3 3-12 0

 

Rabu, 14 September 2022

Vietnam vs Hong Kong: 5-1

Indonesia vs Timor Leste: 4-0

Jumat, 16 September 2022

Timor Leste vs Vietnam: 0-4

Hong Kong vs Indonesia: 1-5

Minggu, 18 September 2022

Hong Kong vs Timor Leste: 1-2

Indonesia vs Vietnam: 3-2

3 dari 3 halaman

Bungkam Vietnam

Sama-sama butuh kemenangan untuk lolos, Indonesia dan Vietnam bermain semangat menjurus keras. Pelanggaran-pelanggaran yang berjumlah total 18 ini memaksa wasit bekerja keras agar pemain kedua tim menjaga emosi.

Peluang bersih pun jarang terjadi. Timnas U-20 memiliki kesempatan melalui Hokky Caraka dan Frengky Missa. Sayang usaha mereka masih melebar. 

Pelatih Shin Tae-yong memasukkan Marselino Ferdinan untuk menggantikan Ronaldo Kwateh di awal babak kedua. Keputusan ini terbukti jitu. Merebut bola dari lawan, Marselino kemudian mengakhiri serangan dengan sepakan keras jarak jauh yang merobek gawang Vietnam di menit ke-60.

Gol ini memaksa Vietnam menyerang. Mereka mendapat peluang lewat Nguyen Quoc Viet, tapi bisa dimentahkan kiper Aditya Nugraha. Timnas U-20 sempat mengancam melalui serangan balik. Namun, Vietnam bisa menyamakan kedudukan di menit ke-66 akibat gol bunuh diri Muhammad Ferrari.

Vietnam mendapat angin segar. Mereka berkali-kali mengancam gawang timnas U-20, sebelum akhirnya memimpin di menit ke-79. Dinh Xuan Tien mencatatkan nama di papan skor usai memaksimalkan serangan balik.

Namun Indonesia pantang menyerah. Ferrari membayar kesalahan untuk menyamakan kedudukan dua menit berselang.

Kali ini giliran Garuda Nusantara yang bersemangat. Sesama pemain pengganti Alfriyanto Nico dan Rabbani Tasnim berkolaborasi untuk membawa timnas balik unggul di menit ke-85,

Timnas kali ini mampu mempertahankan keunggulan di sisa waktu laga demi mengamankan kemenangan.

 

SUSUNAN PEMAIN

Indonesia: Aditya Arya Nugraha; Muhammad Ferrari, Robi Darwis, Dimas Pamungkas; Kakang Rudianto, Zanadin Fariz, Arkhan Fikri, Ginanjar Wahyu Ramadhani, Frengky Missa; Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh.

Vietnam: Cao Van Binh; Ho Van Cuong, Tran Ngoc Son, Nguyen Bao Long, Nguyen Duc Anh; Dinh Xuan Tien, Nguyen Duc Phu, Khuat Van Khang, Nguyen Thanh Nhan; Bui Vi Hao, Nguyen Quoc Viet

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.