Sukses

Erik ten Hag Puji Ronaldo Usai Sumbang Gol Perdana di MU Musim Ini

Pelatih Manchester United (MU) Erik ten Hag girang usai menyaksikan Cristiano Ronaldo mencetak gol perdananya musim ini. Juru taktik berkepala plontos itu menilai CR7 sudah nyetel dan mampu membangun koneksi dengan rekan-rekan di sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo akhirnya pecah telur. Megabintang asal Portugal itu resmi membukukan gol perdana di bawah namanya musim ini kala membantu MU menghadapi Sheriff Tiraspol di matchday kedua Grup E Liga Europa pada Kamis (15/9/2022).

Bertandang ke markas lawan, Setan Merah memimpin lebih dulu berkat aksi Jadon Sancho di menit ke-17. Ronaldo lantas menggandakan keunggulan pada menit 39 usai tendangan penaltinya gagal diselamatkan oleh kiper Maksym Koval.

Tak ada gol baru yang tercipta pasca turun minum. Pasukan tuan rumah kesulitan membongkar pertahanan MU. Alhasil, laga berakhir dengan 2–0 untuk keunggulan CR7 dan kolega.

Manajer Manchester United Erik ten Hag nampak puas dengan performa yang ditampilkan Ronaldo di laga tersebut. Ia menilai eks pemain Real Madrid sudah mulai bisa beradaptasi dan membangun koneksi dengan rekan-rekan di sekitarnya.

“Kami bisa membayangkan (kesulitan yang dihadapi Ronaldo) ketika melewatkan sesi pramusim. Ia harus bekerja keras untuk mengembalikan level kebugaran yang dibutuhkan agar bisa mencetak lebih banyak gol,” ujar Ten Hag, dilansir dari situs resmi MU.

“Anda bisa melihat bahwa (Ronaldo) saat ini sudah hampir fit. Saya rasa dia benar-benar berkomitmen pada proyek (yang kami kerjakan) serta pada tim ini. Dia betul-betul terlibat di dalamnya,” sambung eks pelatih Ajax Amsterdam.

“Anda juga bisa melihat koneksi yang terjalin di sekelilingnya. Dia sendiri juga mampu membangun koneksi tersebut, jadi saya sangat senang,” pungkas Ten Hag.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lama Dicadangkan

Seperti diketahui, Cristiano Ronaldo lebih sering turun dari bangku cadangan dalam pertandingan musim ini. Ia baru sekali tampil sebagai starter di Liga Inggris saat melakoni laga pembuka kontra Brighton & Hove Albion pada Minggu (7/8/2022).

Nasib Ronaldo sedikit lebih baik di Liga Europa. Pesepak bola berusia 37 tahun dipercaya tampil sejak menit pertama dalam pertandingan perdana melawan Real Sociedad. Sayangnya, CR7 gagal memeprsembahkan kemenangan untuk Setan Merah.

Ia dan rekan-rekannya ompong di depan gawang, sehingga kalah 0–1 dari klub yang menghuni peringkat 11 klasemen sementara La Liga 2022/2023.

CR7 baru menunjukkan taringnya di matchday kedua Liga Europa. Gol dari tendangan penalti yang dilesakkannya mempertegas kemenangan MU atas Sheriff Tiraspol.

“Ronaldo sangat membutuhkan gol tersebut. Ia berkali-kali nyaris (mencetak gol musim ini), dia sangat menginginkan itu. Kami senang untuknya,” ungkap Erik ten Hag pasca menyaksikan Ronaldo pecah telur.

3 dari 4 halaman

Gol Perdana

Tak hanya menjadi angka pertama yang disumbangkannya musim ini, capaian di laga kontra Sheriff Tiraspol juga menandai gol perdana Cristiano Ronaldo dalam kompetisi Liga Europa sepanjang kariernya.

Adapun CR7 sebelumnya terbiasa tampil di Liga Champions. Ia menjadi pemain yang paling banyak merumput di ajang sepak bola elite Eropa, usai mencatatkan 187 penampilan serta membukukan 140 gol untuk tim berbeda.

Sayangnya, Ronaldo kini harus absen dari perhelatan tersebut. Eks pemain Juventus hanya bisa mentas di Liga Europa usai Setan Merah gagal tembus ke peringkat empat besar klasemen akhir Premier League 2021/2022.

Terlepas dari hal itu, CR7 mengaku senang bisa membantu MU mengamankan tiga poin dari Sheriff. Perasaan ini disampaikan langsung oleh sang pemain melalui unggahan di media sosial pribadinya pada Jumat (16/9/2022).

“Senang bisa mencetak gol dan membantu tim meraih kemenangan! (Ini adalah) tiga poin yang penting! Kerja bagus, kawan-kawan,” tulis Ronaldo di Instagram, seperti dilansir dari Metro.

4 dari 4 halaman

Jeda Internasional

Setelah ini, Ronaldo dan rekan-rekan bakal libur panjang dari kewajiban membela MU lantaran adanya jeda internasional. Setan Merah baru akan kembali melakoni pertandingan pekan kesembilan Liga Inggris kontra Manchester City pada Minggu (2/10/2022).

Erik ten Hag menyambut positif jeda internasional kali ini. Menurutnya, waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki struktur tim serta meninjau hal-hal yang diperlukan MU jelang jendela transfer Januari mendatang.

“Ini (jeda internasional) sangat berguna. Kami perlu memperbaiki struktur di dalam dan di sekitar klub. Kami juga bakal meninjau jendela (transfer) Januari atau musim panas mendatang, demi meningkatkan permainan kami,” tutur manajer berkepala plontos itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Erik ten Hag

  • Sheriff Tiraspol