Sukses

Cetak Gol Akrobatik ke Gawang Dortmund, Erling Haaland Tak Selebrasi Heboh

Pemain tinggi berkebangsaan Norwegia, Erling Haaland lebih memilih diam dan hanya mengangkat tangan saat berhasil mencetak gol ke gawang mantan timnya Borussia Dortmund.

Liputan6.com, Jakarta Manchester City melanjutkan tren positif di pentas Liga Champions 2022/2023. Setelah menang telak 4-0 melawan Sevilla pada matchday pertama, tim asuhan Pep Guardiola berhasil mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor tipis 2-1 di Etihad Stadium pada Kamis (15/9) dini hari. 

Hasil tersebut membuat Manchester City kokoh di puncak klasemen grup G dengan perolehan enam poin yang didapatkan dari dua kemenangan. Sementara posisi Dortmund tak berubah tetap di peringkat kedua dengan raihan tiga poin.

Laga Manchester City melawan Borussia Dortmund meninggalkan cerita manis dan juga sedih, terutama bagi Erling Haaland yang mencetak gol akrobatik ke gawang mantan klubnya di menit ke-84. Gol tersebut membuat keunggulan Dortmund seakan tak berarti. Raihan poin yang sudah di depan mata harus lenyap di 10 menit terakhir pertandingan.

Jalannya Pertandingan Manchester City vs Borussia Dortmund

Pertandingan Manchester City vs Borussia Dortmund berjalan alot di babak pertama, meskipun tim tuan rumah mendominasi pertandingan tapi belum ada gol yang tercipta. 

Penampilan apik dari lini tengah Dortmund sukses menghadang laju gerak bola permainan kreatif dari gelandang City. Selain itu, centre back Matt Hummels juga tampil gemilang dengan beberapa kali menggagalkan usaha serangan tim tuan rumah. 

Percobaan pertama Manchester City hadir pada menit ke-4 saat Riyad Mahrez mencoba masuk ke area pertahanan Dortmund lewat sisi kanan lapangan, setelah menerima umpan lambung dari Gundogan. Namun sayang tendangan Mahrez terlalu pelan dan berhasil ditangkap penjaga gawang Dortmund.

Dortmund tak mau diam, meski terus diserang lawan. Mereka berhasil membangun serangan dari pertahanan dan membuat pemain Salih Ozcan mencoba melakukan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-15. Sayangnya bola masih ke arah kiper Ederson. 

Melawan pertahanan yang ketat dan rapi dari Dortmund membuat pemain City tampak frustasi. Pada menit ke-26, pemain bertahan mereka Joao Cancelo mencoba tendangan dari jarak jauh, namun bola masih melayang di atas mistar. Selain itu, hampir tidak ada peluang berarti bagi kedua tim. Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama dengan skor 0-0.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dortmund Kejutkan Tuan Rumah

Pada babak kedua Dortmund malah memberikan kejutan dengan berhasil membobol gawang tuan rumah pada menit ke-56. Berawal dari tendangan pojok yang sempat dimentahkan bek City, Reus yang mendapatkan bola kemudian mengirim umpan ke kotak penalti dan disundul oleh Jude Bellingham. Borussia Dortmund unggul 1-0.

Karena tertinggal, penggawa pelatih Pep Guardiola semakin panas. Mereka terus memberikan tekanan, dan akhirnya pada menit ke-80 bek tengah John Stones berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan kerasnya menggunakan kaki kanan. Penjaga gawang Dortmund tak bisa berbuat banyak untuk menghalaunya.

Gol Akrobatik dengan Kaki Kiri

Tak lama dari gol itu, menit ke-84, Manchester City malah berhasil membalikkan keadaan lewat tendangan 'akrobatik' kaki kiri Erling Haaland setelah memanfaatkan umpan ciamik dari Joao Cancelo. Skor menjadi 2-1 buat keunggulan The Citizens. 

Disisa waktu tujuh menit tambah perpanjangan waktu, Dortmund tak mampu membalas keunggulan City, akhirnya tim tuan rumah berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

3 dari 3 halaman

Haaland Tak Lakukan Selebrasi Heboh

Pemain tinggi berkebangsaan Norwegia itu lebih memilih diam dan hanya mengangkat tangan saat berhasil mencetak gol ke gawang mantan timnya Borussia Dortmund. Ini sesuatu hal yang tidak biasa, mengingat dia salah satu pemain dengan selebrasi gol yang heboh dan penuh antusias.

Sikap tersebut dilakukan Haaland sebagai bentuk penghormatan kepada klub yang membesarkan namanya. Setelah laga, Haaland bahkan langsung menyapa rekan-rekannya yang pernah bermain bersama di Bundesliga.

Sebelum pindah ke Manchester City, Haaland merupakan penyerang andalan tim berjuluk the borussian selama tiga musim dari tahun 2019 - 2022. Dia sudah berhasil mencetak 86 gol dan 23 assist dari 89 penampilannya. Kegemilangan Haaland di lapangan hijau lantas memikat Manchester City untuk membawanya pemain dengan jangkung 194cm ini. 

Haaland pindah ke The Citizens dengan nilai transfer sebesar 75 juta pounds atau sekitar Rp 1,3 triliun dan dikontrak selama 5 tahun. Manchester City disebut-sebut sebagai klub yang beruntung mendapatkan potensi besar Haaland. Terbukti, Haaland kini menjelma menjadi mesin gol The Citizens dan mencetak gol penting bagi klub.

Susunan pemain: 

MANCHESTER CITY (4-3-3): Ederson; John Stones, Manuel Akanji, Nathan Ake, Joao Cancelo; Kevin De Bruyne, Rodri, Ilkay Gundogan (58' Bernardo Silva); Riyad Mahrez (58' Julian Alvarez), Erling Haaland (90' Kalvin Phillips), Jack Grealish (58' Phil Foden). 

BORUSSIA DORTMUND (4-3-3): Alexander Meyer; Thomas Meunier, Niklas Sule, Mats Hummels, Raphael Guerreiro; Salih Ozcan (88' Youssoufa Moukoko), Emre Can, Jude Bellingham; Marco Reus (88' Karim Adeyemi), Anthony Modeste (78' Nico Schlotterbeck), Giovanni Reyna (62' Donyell Malen). 

Saksikan pertandingan Liga Champions musim 2022-2023 hanya di SCTV dan melalui live streaming di Vidio. Jangan lewatkan juga informasi seputar olahraga dan sepakbola eropa mulai dari Liga Champion, Liga Eropa, FIFA World Cup Qatar 2022, Premier League, La liga, Serie A dan masih banyak lagi, dengan hanya berlangganan Vidio Premium!

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini