Bintang Atletico: Skuad Portugal Lebih Bagus Dibandingkan Brasil di Piala Dunia Qatar 2022

Oleh Jefry Hutabarat pada 16 Sep 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 16 Sep 2022, 15:00 WIB
Foto: 5 Pemain Aktif yang Pernah Mencetak Hattrick di Putaran Final Piala Dunia, Thomas Mueller Satu-satunya yang Menyabet Juara
Perbesar
Cristiano Ronaldo. Striker Timnas Portugal berusia 36 tahun yang kini menjalani musim pertama di periode kedua bersama Manchester United mencetak hattrick untuk Portugal di Piala Dunia 2018. Dalam laga kontra Spanyol di matchday pertama Grup B (15/6/2018) laga berakhir imbang 3-3. (AFP/Odd Andersen)

Liputan6.com, Jakarta Pemain tim nasional Portugal dan juga bintang muda Atletico Madrid, Joao Felix menilai skuad mereka pada ajang Piala Dunia 2022 Qatar akhir tahun ini jauh lebih oke dibanding timnas Brasil.

Piala Dunia Qatar 2022 akan berlangsung 20 November nanti dan berakhir 18 Desember. Brasil dan Portugal akan datang dengan skuad yang mumpuni.

Felix menilai kedalaman skuad Portugal tidak kalah dengan Brasil yang termasuk favorit juara. Ia pun berharap Selecção das Quinas bisa bentrok dengan tim Samba.

"Brasil memiliki pemain hebat tetapi mereka tidak lebih baik dari tim nasional Portugal," ujar mantan pemain asal Benfica tersebut seperti yang dikutip dari Express, Kamis (15/9/2022).

Brasil sudah pasti hadir dengan beberapa superstar mereka yang saat ini banyak bermain di Eropa. Mereka tercatat memiliki kemewahan di posisi penjaga gawang karena ada Ederson dan Alisson Becker. 

Kemudian di lini pertahanan tim Samba punya Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro, Alex Telles, Eder Militao, dan Danilo. Berlanjut ke lini tengah mereka akan diperkuat Fred, Casemiro, Fabinho, Lucas Paqueta, dan Bruno Guimaraes. 

Sementara itu di ujung tombak ada Neymar Jr., Vinicius Jr., Rodrygo Goes, Raphinha Dias, Richarlison, Roberto Firmino, dan Antony.

Di sisi lain, Portugal juga punya bekal skuad yang tidak kalah mentereng. Mereka puna Rui Patricio, Pepe, Ruben Dias, Joao Cancelo, Diogo Dalot, Raphael Gureiro, dan Cristiano Ronaldo dari Manchester United.

 Di Qatar nanti Brasil akan menempati Grup G bersama Swedia, Swiss, dan Kamerun. Sementara itu, Portugal mengisi Grup H bersama Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cristiano Ronaldo Jadi Tumpuan Timnas Portugal

Foto: Deretan Pemain Top yang Mungkin Akan Bermain untuk Terakhir Kalinya di Piala Dunia 2022, Termasuk Ronaldo dan Messi
Perbesar
Nama pertama ada Cristiano Ronaldo. Piala Dunia 2022 akan menjadi edisi kelimanya bersama Timnas Portugal. CR7 sendiri telah mengoleksi 188 caps dan 177 gol untuk Seleccao. Pada tahun ini, Ronaldo telah berumur 37 tahun dan empat tahun lagi usianya akan menginjak 41 tahun. Hal tersebut membuat edisi kali ini mungkin akan menjadi ajang terakhir bagi sang bintang. Di Qatar, Ronaldo dkk tergabung dalam Grup H bersama Uruguay, Ghana, dan Korea Selatan. (AFP/Pedja Milosavljevic)

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Portugal tergabung di Grup H. Tim berjuluk Seleccao das Quinas itu bakal bersaing dengan Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan.

Meski tidak pernah menjadi juara, Potugal merupakan salah satu tim yang disegani dan diperhitungkan di Piala Dunia. Apalagi ada sosok sang megabintang, Cristiano Ronaldo.

Ronaldo telah mencapai kesuksesan di level klub. Tim-tim raksasa Eropa seperti Real Madrid, Juventus dan Manchester United pernah dibawanya berprestasi.

Di Real Madrid, Ronaldo berhasil membantu meraih 15 trofi. Di antaranya empat Liga Champions, dua gelar LaLiga, 3 Piala Super Eropa dan lainnya.

Sementara MU berhasil dibawanya meraih 10 gelar. Rinciannya adalah tiga titel juara Premier League, dua titel juara Piala Liga Inggris, dua kali Community Shield, sekali Piala FA, sekali juara Liga Champions, dan sekali Piala Dunia Antarklub.

Di Juventus, Ronaldo berhasil meraih dua gelar juara Liga Italia dan juga dua trofi Piala Super Italia, ditambah satu Coppa Italia.

Segudang penghargaan individu juga telah ia raih. Dan yang paling fantastis adalah pemain berusia 37 tahun itu menorehkan lima gelar Ballon d'Or.


Piala Dunia Kelima dan Terakhir Ronaldo

Foto: Catat, Ya! Cristiano Ronaldo Juga Manusia Biasa, Pernah Alami 6 Kekalahan Terbesar dalam Karier Sepak Bolanya
Perbesar
Portugal kalah 0-4 dari Jerman. Kekalahan dalam fase grup Piala Dunia 2014 yang digelar di Fonte Nova Arena, 16 Juni 2014 menjadi penyebab tersingkirnya Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal di fase grup akibat kalah selisih gol dari Amerika Serikat. (AFP/Odd Andersen)

Lolosnya Portugal ke Qatar, akan membuat Ronaldo tampil di Piala Dunia untuk kelima kalinya secara beruntun sejak edisi 2006 silam.

Sebelumnya, Ronaldo sudah tampil dalam empat Piala Dunia beruntun, yakni 2006, 2010, 2014 dan 2018.

Dalam sepanjang mengikuti Piala Dunia, Ronaldo sudah memainkan 17 pertandingan. Dia berhasil mencetak tujuh gol dari penampilannya tersebut.

Secara total, Portugal menang enam kali, kalah lima kali dan seri enam kali di Piala Dunia dengan Ronaldo ada di tim.

Mungkin ini akan menjadi Piala Dunia terakhir bagi Ronaldo, mengingat usianya saat ini sudah menginjak 37 tahun.


Bukan Cuma Ronaldo

Portugal Lanjutkan Puasa Kemenangan
Perbesar
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo dilanggar pada laga kedua kualifikasi Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Da Luz, Lisbon, Senin (27/3). Portugal raih hasil imbang 1-1 kontra Serbia. (AFP/Patricia de Melo)

Ronaldo memang menjadi sosok sentral di mana pun ia bermain. Namun, pemain bintang Portugal bukan hanya Ronaldo saja.

Pelatih Fernando Santos masih memiliki pemain-pemain seperti Bruno Fernandez, Bernardo Silva, Joao Felix, Diogo Jota.

Para pemain tersebut merupakan sosok penting di klubnya masing-masing. Bruno Fernandez bahu membahu dengan Ronaldo di MU.

Musim lalu dia menjadi andalan di lini tengah MU. Fernandes mencatatkan 46 penampilan di semua kompetisi dengan mencatatkan 10 gol dan 14 assist.

Di lini pertahanan ada bek veteran Pepe. Selain tangguh, dia juga dikenal ganas pada sama jayanya. Pepe beberapa sering melakukan pelanggaran-pelanggaran keras yang membuatnya disegani oleh lawan.

Pepe bakal berduet dengan tembok Manchester City, Ruben Dias. Bek 25 tahun ini menjadi jawaban kebutuhan Pep Guardiola akan bek tangguh sepeninggal Vincent Kompany.

Total dia telah mencatatkan 40 penampilan untuk City dengan sumbangan dua gol da empat assist.


Jadwal Portugal di Piala Dunia

Latihan Jelang UEFA Nations League Portugal Vs Swiss
Perbesar
Pelatih timnas Swiss Murat Yakin (kiri) memimpin sesi latihan di Stadion Jose Alvalade di Lisbon, Sabtu (4/6/2022). Portugal akan menjamu Swiss pada matchday 2 Grup 2 UEFA Nations League A 2022/2023, Senin 6 Juni 2022 dini hari WIB di Estadio Jose Alvalade. (CARLOS COSTA / AFP)

Kamis, 24 November 2022

Portugal vs GhanaUruguay vs Korea Selatan

Senin, 28 November 2022

Portugal vs UruguayKorea Selatan vs Ghana

Jumat, 2 Desember 2022

Korea Selatan vs PortugalGhana vs Uruguay

Infografis Grup H Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Grup H Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya