Robek Gawang Maccabi Haifa di Liga Champions, Lionel Messi Salip Rekor Cristiano Ronaldo

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 15 Sep 2022, 16:05 WIB
Diperbarui 15 Sep 2022, 16:05 WIB
Lionel Messi, Kylian Mbappe
Perbesar
Pemain PSG, Lionel Messi (kanan), berselebrasi dengan rekan setimnya, Kylian Mbappe, pada laga matchday kedua Liga Champions 2022/2023, Kamis (15/9/2022) dini hari WIB. (AFP/Jack Guez)

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi lagi-lagi tampil sebagai sosok penting bagi Paris Saint-Germain (PSG) pada musim ini. Pemain asal Argentina itu sukses mengantar timnya menang 3–1 atas Maccabi Haifa dalam matchday kedua Grup H Liga Champions 2022/2023 di Stadion Sammy Ofer, Kamis (15/9/2022).

Sebagai informasi, tim tuan rumah sejatinya memimpin lebih dulu lewat gol Tjaronn Chery di menit ke-24. Les Parisiens baru berhasil menyamakan kedudukan usai Lionel Messi mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-37.

La Pulga menjebol gawang Maccabi Haifa dengan menyambar bola tembakan Kylian Mbappe yang membentur bek lawan. PSG lantas memastikan kemenangan di babak kedua berkat aksi Mbappe dan Neymar.

Kedua pesepak bola kompak menyumbang angka di menit ke-69 dan 88, yang mengantar Les Parisiens berbalik unggul dengan 3–1 atas klub Israel.

Hasil tersebut membuat PSG kini menghuni puncak klasemen sementara Grup H dengan torehan enam poin. Benfica menempel tepat di bawahnya setelah mengoleksi kemenangan di dua laga perdana Liga Champions.

Tak hanya menandai comeback PSG, Lionel Messi juga berhasil memecahkan rekor berkat golnya di matchday kedua. Eks penggawa Barcelona menjadi pemain pertama yang mampu membobol gawang lawan 18 musim berturut-turut di kompetisi sepak bola elite Eropa.

Dilansir dari Metro, Messi sebelumnya memegang rekor mencetak gol 17 musim beruntun bersama Karim Benzema. Namun, penyerang berusia 35 tahun sanggup lebih dulu melampaui catatan tersebut lantaran Benzema masih ompong.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Salip Cristiano Ronaldo

Hasil pertandingan Maccabi Haifa vs PSG
Perbesar
Penyerang Paris Saint Germain (PSG) Lionel Messi mengontrol bola pada pertandingan kedua Grup H Liga Champions 2022/2023 kontra klub Israel Maccabi Haifa di Sammy Ofer Stadium, Kamis (15/9/2022) dini hari WIB. Dijamu Maccabi Haifa, PSG menang 3-1 setelah trio Lionel Messi, Kylian Mbappe dan Neymar sama-sama menyumbang gol. (AP Photo/Ariel Schalit)

La Pulga juga sukses menyalip raihan rival lamanya, Cristiano Ronaldo. Gol di laga kontra Maccabi Haifa membuat Messi menyandang predikat sebagai pemain yang sanggup melesakkan bola ke gawang 39 tim berbeda di Liga Champions.

Rekor ini sempat dimiliki bersama oleh Messi dan Ronaldo setelah keduanya membobol jaring 38 lawan. Namun, pemain Paris Saint-Germain (PSG) kini resmi melewati rekor CR7, yang hanya mentas di Liga Europa sebab timnya gagal tembus empat besar Liga Inggris musim lalu.

Adapun Karim Benzema menjadi pesaing terdekat Messi dalam kompetisi Liga Champions 2022/2023. Bintang Real Madrid itu tercatat telah mengoyak jaring 34 klub. Sayang, kondisi cedera yang dialaminya membuat sang pemain belum bisa menyeimbangkan torehan La Pulga.


Rekor Lain

Foto: 5 Rekor Gol Terbanyak dalam Satu Musim Kompetisi Liga Champions, Karim Benzema Berpeluang Lewati 2 Rekor Cristiano Ronaldo
Perbesar
Pada musim 2015/2016, Cristiano Ronaldo mencetak 16 gol dari 12 laga hingga babak final dan mengantarkan Real Madrid menjadi juara usai mengalahkan Atletico Madrid melalui adu penalti (28/5/2016). Ketajamannya dibuktikan dengan torehan 2 kali hattrick ke gawang Shakhtar Donetsk (15/5/2015) dan Vfl Wolfsburg (12/4/2016), serta 1 kali quattrick ke gawang Malmo (8/12/2015). (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Walau begitu, ada sejumlah rekor lain yang saat ini masih berada dalam dekapan Cristiano Ronaldo. Megabintang asal Portugal itu unggul dalam hal catatan gol dan jumlah pertandingan Liga Champions ketimbang Lionel Messi.

Ronaldo tercatat telah mengoleksi 140 gol sepanjang penampilannya dalam kompetisi sepak bola elite Eropa. Sementara itu, Lionel Messi saat ini masih tertinggal dengan 126 gol.

CR7 juga menjadi pesepak bola yang paling banyak merumput di Liga Champions. Eks pemain Juventus sudah memainkan 187 pertandingan di ajang tersebut. Adapun Lionel Messi baru mengoleksi 158 laga. La Pulga bahkan tercecer dari Iker Casillas yang telah tampil 181 kali.


Jalannya Pertandingan

Hasil pertandingan Maccabi Haifa vs PSG
Perbesar
Para pemain Paris Saint Germain (PSG) melakukan selebrasi setelah Lionel Messi mencetak gol pembuka ke gawang klub Israel Maccabi Haifa, pada pertandingan kedua Grup H Liga Champions 2022/2023 di Sammy Ofer Stadium, Kamis (15/9/2022) dini hari WIB. Dijamu Maccabi Haifa, PSG menang 3-1 setelah trio Lionel Messi, Kylian Mbappe dan Neymar sama-sama menyumbang gol. (AP Photo/Ariel Schalit)

PSG tampil menakan sejak awal ketika bertandang ke markas Maccabi Haifa pad Kamis (15/9/2022). Namun, Les Parisiens kesulitan mencetak gol ke gawang tim tuan rumah.

Maccabi secara mengejutkan justru unggul lebih dulu ketika pertandingan baru memasuki menit 24. Klub Israel merebut penguasaan bola PSG dan melakukan serangan balik cepat yang dituntaskan Tjaronn Chery menjadi gol lewat tendangan voli.

Keunggulan Maccabi tak bertahan lama. Di menit 37 papan skor sudah imbang 1-1. Lionel Messi menjebol gawang Maccabi usai menyambar bola tembakan Kylian Mbappe yang membentur bek lawan.

Di babak kedua PSG makin bernafsu menekan Maccabi. Gol kedua akhirnya tercipta pada menit 69. Mbappe yang mencetak gol usai meneruskan umpan Messi.

PSG mengakhiri perlawanan Maccabi berkat gol Neymar di menit 88. Pemuda Brasil itu menuntaskan umpan manja dari gelandang Marco Verratti. Skor 3-1 bertahan hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

Lionel Messi
Perbesar
Infografis Lionel Messi resmi gabung ke PSG (Abdillah/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya