Rumput Extremadura Bikin Real Madrid Kesulitan Hadapi Leipzig di Liga Champions: Untung Menang!

Oleh Marco Tampubolon pada 15 Sep 2022, 14:22 WIB
Diperbarui 15 Sep 2022, 14:23 WIB
Sesi Latihan Real Madrid Jelang Kontra RB Leipzig di Champions
Perbesar
Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois tersenyum saat berlatih bersama rekan setimnya di kompleks latihan Ciudad Real Madrid di Valdebebas, pinggiran Madrid (13/9/2022). Real Madrid akan bertanding melawan RB Leipzig pada Grup F Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Kamis (15/9/2022) dini hari nanti pukul 02.00 WIB. (AFP/Thomas Coex)

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid susah payah memetik tiga poin saat bertemu RB Leipzig pada matchday kedua Liga Champions 2022/2023, Kamis (15/9/2022). Tampil di depan publik sendiri, skuad Los Blancos harus menunggu hingga menit terakhir untuk menjebol gawang tim tamu dan menutup laga dengan skor 2-0.

Bertanding di Santiago Bernabeu, Real Madrid sempat mendapat perlawanan ketat dari Leipzig. Tim asal Jerman tersebut bahkan memaksa tuan rumah untuk bermain tanpa gol hingga jeda turun minum. 

Di babak kedua, Real Madrid juga masih kesulitan membongkar pertahanan lawan. Kebuntuan baru pecah pada menit ke-80 lewat gol yang dicetak oleh Federico Valverde. Real Madrid kemudian berhasil menggandakan keunggulan lewat Marco Asensio saat pertandingan sudah memasuki masa injury time

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, akhirnya bisa bernapas lega. Dia senang, pasukannya berhasil memetik tiga poin dari laga tersebut. Menurut Ancelotti, itu adalah pertandingan yang berat.

Perasaan lega juga diperlihatkan oleh penjaga gawang Real Madrid, Thibaut Courtois. Sama halnya dengan Ancelotti, penjaga gawang asal Belgia itu juga menganggap duel melawan Leipzig sangat berat. 

Namun di luar itu, Courtois juga punya catatan lain. Dia menyoroti kondisi lapangan di Bernabeu. Menurutnya, buruknya lapangan yang mereka gunakan membuat perjuangan Los Blancos semakin berat. 

"Leipzig adalah tim yang bagus dan kami banyak berjuang hari ini. Babak pertama tidak bagus, keadaan lapangan tidak membantu kami memainkan sepak bola kami," ujar Courtois kepada Movistar+.

"Bos mengubah banyak hal saat jeda, kami tidak menciptakan banyak bahaya tetapi kami menyingkirkan [peluang] yang kami miliki. Pertandingan-pertandingan ini penting untuk dimenangkan dan sekarang memenangkan duel ganda melawan Shakhtar [Donetsk] bakal membuat Anda lolos," bebernya. 

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Belum Beradaptasi

Markas Real Madrid, Santiago Bernabeu tengah direnovasi
Perbesar
Markas Real Madrid, Santiago Bernabeu tengah direnovasi. Biaya perbaikan stadion ini diperkirakan mencapai Rp8 Triliun. Santiago Bernabeu berada di pusat kota dan dikelilingi gedung apartemen dan pertokoan (Liputan6.com/Marco Tampubolon)

Keluhan Courtois dibenarkan oleh juru bicara klub, Emilio Butragueno. Dalam perbincangan dengan Movistar+ seperti dilansir dari Mundo Deportivo, Butragueno menilai lapangan tidak sesuai standar. 

 

"Rerumputan berasal dari Extremadura dan di sana suhunya sangat tinggi. Itu [rumput] telah berjuang untuk menyesuaikan diri, tetapi dalam beberapa minggu mendatang akan membaik," katanya.

Extremadura merupakan salah satu wilayah otonomi Spanyol. Daerah ini mencakup provinsi Cáceres dan Badajoz. Beberapa kota yang penting adalah Cáceres, Badajoz, Plasencia dan Mérida, ibu kota wilayah ini.

 


Punya Banyak Waktu

Liga Champions Real Madrid vs RB Leipzig
Perbesar
Gelandang Real Madrid Federico Valverde menembak bola untuk mencetak gol pembuka ke gawang Red Bull Leipzig pada matchday 2 Liga Champions berlangsung di Santiago Bernabeu, Kamis (15/9/2022) dini hari WIB. Real Madrid menang susah payah 2-0 kala menjamu RB Leipzig. (AP Photo/Manu Fernandez)

Setelah pertandingan melawan Leipzig, Real Madrid bakal kembali mempersiapkan diri menghadapi La Liga. Pada laga berikutnya, Los Blancos akan bertemu rival sekota Atletico Madrid, Senin (19/9/2022). 

Setelah itu, lapangan Santiago Bernabeu bisa istirahat. Sebab klub akan libur sementara menyusul jeda internasional yang berlangsung pada pertangahan bulan ini. Staf di Bernabeu memiliki waktu sekitar tiga minggu untuk menyelesaikan masalah dengan rumput sebelum pertandingan berlangsung lagi di sana.


Butuh 2 Kemenangan Lagi

Sementara itu, Real Madrid saat ini masih memimpin Grup F Liga Champions 2022/2023 dengan koleksi 6 poin dari 2 pertandingan. Sementara di posisi kedua bercokol Sakhtar Donetsk dengan torehan 4 poin.

Secara matematikan, Real Madrid hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk menyegel tempat di fase knock out. Dan secara kebetulan, dua kemenangan ini bisa diraih saat Real Madrid bertemu Sakhtar pada dua pertandingan berikutnya yakni, pada 6 Oktober dan 12 Oktober mendatang. 

Infografis Barcelona Vs Munchen
Perbesar
Infografis jelang duel seru Barcelona Vs Munchen di perempat final Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya