Sukses

PON 2028 Dipastikan Digelar di NTB dan NTT

NTB dan NTT terpilih secara aklamasi. Pasalnya tidak ada provinsi lain yang mengajukan diri sebagai tuan rumah PON 2028.

Liputan6.com, Jakarta- Pekan Olahraga Nasional atau PON 2028 dipastikan akan berlangsung di dua provinsi lagi. Kali ini PON ke-22 akan dihelat di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Kepastian didapat dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat 2022 pada Selasa (13/9/2022).

NTB dan NTT terpilih secara aklamasi. Pasalnya tidak ada provinsi lain yang mengajukan diri sebagai tuan rumah PON 2028. Cuma ada calon tunggal NTB dan NTT. Seluruh perwakilan KONI Provinsi sepakat PON 2028 diadakan di NTB dan NTT.

"Alhamdullilah, kami baru saja melaksanakan musyawarah olahraga nasional luar biasa untuk menentukan tuan rumah PON ke-22 tahun 2028, yang terpilih adalah NTT dan NTB sebagai tuan rumah," kata Ketum KONI Pusat, Marciano Norman seusai Musornaslub di Hotel Sultan, Jakarta.

Sesuai prosedur memang penunjukkan tuan rumah PON dilakukan enam tahun sebelumnya. Tujuannya agar daerah yang terpilih memiliki banyak waktu menyiapkan fasilitas olahraga untuk PON.

"Proses ini harus dilakukan 6 tahun sebelum pelaksanaan dan melalui proses cukup panjang. Semua telah dilalui dan alhamdullilah terpilih NTT dan NTB. Saya yakin 2 provinsi itu akan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Terima kasih atas kesungguhan Gubernur NTT dan NTB serta jajarannya sehingga proses pemilihan ini lancar dan 2 daerah itu terpilih dengan baik," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagi

Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PON 2028 masih akan ditentukan di kemudian hari. Namun NTT dan NTB memastikan akan membagi jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan di wilayahnya masing-masing secara adil dengan pertimbangan matang.

"Kami sudah bagi sekitar 54 atau 60 cabor. Nanti kita lihat. Kita akan bagi dua antara NTT dan NTB karena kami kakak-adik tidak ada masalah. Di NTB stadion lebih baik ya kita kasih di NTB. Di NTT lebih bagus ya di NTT. Tidak ada masalah," ujar Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi.

3 dari 3 halaman

Alat Pemersatu Bangsa

PON 2028 akan mengikuti jejak PON 2024 yang berlangsung di dua provinsi. PON 2024 akan dilangsungkan di Aceh dan Sumatera Utara. Sebelumnya tak pernah ada tuan rumah bersama dalam sejarah PON.

Sementara itu Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, berharap PON 2028 akan tetap bisa menjadi alat pemersatu bangsa Indonesia.

"Kita kemarin sudah lihat PON sukses di Papua, lalu 2024 nanti akan ada di Aceh, sebelumnya di timur, lalu di barat, mungkin sekarang pertimbangannya NTT dan NTB itu kan di tengah. Jadi mudah-mudahan, kami bisa merefleksikan persatuan dan kesatuan RI dan tadi pesan ketua KONI, olahraga mempersatukan bangsa," kata Zulkieflimansyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.