Sukses

Kalahkan Indonesia, Arab Saudi Cs Semakin Terdepan untuk Piala Dunia 2030

Arab Saudi akan bersama-sama jadi tuan rumah bersama Mesir dan Yunani. FIFA sebagai otoritas tertinggi sepakbola sudah mengizinkan ketiga negara tersebut mendaftar,

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 berlangsung di Qatar pada akhir tahun ini. Selanjutnya Piala Dunia 2026 akan digelar di benua Amerika yang tersebar di AS, Kanada, dan Meksiko.

Beredar kabar, Piala Dunia 2030 akan digelar seperti di tahun 2022 yang digelar di musim dingin. Itu karena, musim panas di kawasan Timur Tengah akan menyulitkan para pemain. Maka, bisa jadi jadwal kompetisi sepak bola Eropa dan dunia lebih padat lagi.

Menurut The Times, Selasa (13/9/2022), Arab Saudi resmi mendaftarkan diri bersama-sama jadi tuan rumah bersama Mesir dan Yunani di Piala Dunia 2030.

FIFA sebagai otoritas tertinggi sepakbola sudah mengizinkan ketiga negara tersebut mendaftar, bahkan beberapa media menyebutkan Arab Saudi cs menjadi kandidat kuat sebagai tuan rumah di Piala Dunia 2030 mendatang dan bisa mengalahkan Indonesia.

Di sisi lain, Mesir telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mengembangkan fasilitas olahraga dan mendirikan stadion baru, termasuk kota olahraga di ibukota baru, dengan tujuan untuk memaksimalkan kemampuan organisasi negara itu untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia, sesuai arahan Presiden Abdel Fattah al-Sisi.

Ditambah lagi, Arab Saudi dinilai sudah sukses menggelar ajang olahraga kelas dunia. Sebut saja seperti pertarungan tinju hingga ajang F1.

Selama beberapa tahun terakhir, Mesir menjadi tuan rumah beberapa turnamen olahraga, termasuk Piala Afrika pada Juni 2019, Piala Afrika U-23 pada November 2019, dan Kejuaraan Bola Tangan Pria Dunia pada Januari 2021, serta Kejuaraan Bola Tangan Pria Afrika pada Juli 2022.

Persaingan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 akan sengit, karena Uruguay, Argentina, Chile, dan Paraguay juga mengajukan tawaran bersama pada awal Agustus untuk menjadi tuan rumah acara tersebut.

Spanyol dan Portugal juga bersatu untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030. Begitupula, Maroko dan Indonesia yang mengajukan tuan rumah sendiri berbeda dengan negara-negara di atas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Portugal dan Spanyol

Spanyol dan Portugal mengutarakan keinginan untuk menjadi tuan rumah bersama. Kedua petinggi federasi negara tersebut sudah bertemu di Lisbon untuk membahasa rencana sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030 nantinya.

"Kami sudah mengerjakan proposal yang menarik dan akan menang dalam penentuan Piala Dunia 2030 nantinya," ujar Sekjen Federasi Sepakbola Spanyol, Andreu Camps seperti yang dikutip dari laman resmi RFEF.

Pada Oktober 2020, Spanyol dan Portugal sudah mengumumkan mereka tertarik untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Kedua negara sebelumnya berhasil menggelar tuan rumah Piala Dunia Eropa pada tahun 1964 dan 2020 untuk Spanyol, serta 2004 bagi Portugal.

Kerja sama dua negara sebagai tuan rumah Piala Dunia bukanlah hal yang asing. Pada 2002, FIFA menunjuk dua negara sekaligus untuk menjadi tuan rumah, yakni Korea Selatan dan Jepang.

Hingga kini FIFA masih belum memutuskan siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Penentuan tuan rumah masih baru akan ditentukan pada Kongres di tahun 2024.

Qatar akan menggelar Piala Dunia 2022 akhir tahun ini, sementara Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah turnamen Piala Dunia 2026.

3 dari 4 halaman

Usaha Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Indonesia berencana mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Indonesia kemungkinan bakal bersaing dengan negara Asia lain yakni China dan Jepang.

Merah Putih mencoba untuk menggandeng Australia setelah Thailand mengundurkan diri karena belum siap. Seiring berjalannya waktu, Indonesia mendapat saingan kembali kali ini dari dua negara Eropa yakni Spanyol dan Portugal.

Hingga kini FIFA masih belum memutuskan siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Penentuan tuan rumah masih baru akan ditentukan pada Kongres di tahun 2024.

Qatar akan menggelar Piala Dunia 2022 akhir tahun ini, sementara Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah turnamen Piala Dunia 2026.

Piala Dunia Qatar 2022 sendiri menjadi Piala Dunia yang pertama kali digelar di akhir tahun, setelah sebelumnya semua diselenggarakan di pertengahan tahun.

Tak hanya bersama Australia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, Indonesia juga mendapatkan ajakan dari negara ASEAN untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. 

4 dari 4 halaman

Tuan Rumah Piala Dunia 2026

FIFA baru saja merilis daftar kota yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Turnamen yang diadakan setiap empat tahunan ini, akan diadakan di tiga negara. Siapa saja mereka?

Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, mereka akan menjadi tiga negara tuan rumah turnamen sepak bola terbesar ini. Tahun 2002 menjadi gelaran terakhir yang menerapkan lebih dari satu tuan rumah, ketika itu Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumah saat ini.

Selain mengumumkan negara penyelenggara, FIFA juga telah merilis kota yang akan menjadi tuan rumah. 

"Kami mengucapkan selamat terhadap 16 kota tuan rumah penyelenggara Piala Dunia atas komitmen serta semangat yang luar biasa," kata Presiden FIFA Gianni Infantino seperti yang dikutip dari laman resmi federasi, Sabtu (18/6/2022)

"Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah untuk semua orang di kota serta negara bagian yang terpilih menjadi tuan rumah khususnya bagi FIFA serta para tuan rumah mulai dari Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko yang akan segera menampilkan pertunjukan terhebat bagi seluruh dunia,” lanjutnya.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka untuk memberikan apa yang akan menjadi Piala Dunia FIFA yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saat kami berusaha membuat sepakbola benar-benar mendunia,” tutup pria berusia 52 tahun tersebut.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.