Sukses

Begini Cara Penggemar Messi Menunjukkan Penantiannya di Piala Dunia 2022

Qatar melakukan uji coba pertandingan di Stadion Lusail, mempertemukan dua klub jawara Liga Arab Saudi dan Mesir. Penggemar Messi menunjukkan rasa cintanya kepada sang mega bintang dengan mengenakan jersey Argentina dan nama di punggung.

Liputan6.com, Jakarta Ratusan penonton di Lusail Iconic Stadiun, Qatar datang mengenakan seragam Argentina yang berwarna putih-biru langit. Sebagian tampil lengkap menerakan nomer 10, dan nama Messi di bagian punggung.

Saat itu, 9 September 2022 di stadion mewah yang terletak di kota Lusail, yang berjarak sekitar 20 km dari Doha, diadakan Piala Super Lusail yang menghadirkan Liga Arab Saudi, Al Hilal dan juara Liga Mesir, Zamalek.

Pertandingan itu merupakan uji coba bagi Qatar sebagai tuan rumah untuk sistem pertandingan, sistem imigrasi perbatasan serta percobaan multi-miliar dolar yang akan mengangkut lebih dari satu juta penggemar di sekitar Doha selama acara Piala Dunia mendatang.

The New Arab melaporkan, puluhan ribu tiket terjual habis untuk pertandingan antar klub itu. Pertandingan juga dimeriahkan dengan pertunjukan musik serta kembang api.

Hadirnya ratusan penonton dengan jersey Argentina dan nama Messi di punggung menunjukkan rasa cinta mereka kepada La Puga Messi. Mereka, seperti dilaporkan media Spanyol, Marca seolah menonton pertandingan Argentina, bukannya laga antar dua klub Timur Tengah.

Setelah turnamen untuk uji coba selesai, belum ada lagi laporan akan adanya pertandingan lainnya.

Stadion Lusail yang berkapasitas 80.000 penonton, dibangun pada 2017 dan baru rampung pengerjaannya pada 2021 lalu akan menyelenggarakan 10 pertandingan selama Piala Dunia 2022, termasuk duel Argentina versus Arab Saudi, berlanjut menghadapi Meksiko.

Semenjak dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2010 lalu, Qatar mempercepat pembangunan infrastruktur Stadion Lusailnya yang dibangun dengan 675 juta dolar atau sekitar Rp 10 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Diburu

Selain jadwal laga Grup C, Lusail jadi lokasi laga putaran 16, perempatfinal, semifinal, bahkan hingga final.

Bentuk stadion ini mengusung desain dekoratif yang membentuk mangkuk atau bejana khas Arab. Atapnya bisa melindungi penonton dan pemain dari debu maupun angin.

Karena kecanggihannya, Lusail Iconic Stadium mendapat predikat stadion bintang lima dari Global Sustainability Assessment Sistem (GSAS).

Argentina bergabung di Grup B bersama Arab Saudi, Meksiko dan Polandia.

Tiket dua pertandingan yang menampilkan Lionel Messi menjadi yang paling menarik perhatian penggemar dalam Piala Dunia 2022 di Qatar.

CEO Komite Penyelenggara Piala Dunia Qatar 2022, Nasser Al-Khater, seperti dikutip dari AFP (26/8/2022), menyatakan 2 pertandingan yang menampilkan Lionel Messi menjadi yang paling banyak diburu.

Dua laga itu adalah pertandingan fase grup Timnas Argentina vs Meksiko pada 26 November dan menghadapi Arab Saudi pada 22 November.  

Pertandingan Lionel Messi dan kawan-kawan menjadi pertunjukan yang paling memikat penggemar sepakbola dunia, terutama warga lokal Qatar, khususnya penduduk di ibukota, Doha.

3 dari 5 halaman

Finalissima

Penampilan Lionel Messi juga makin moncer. Ia membawa Albicelete menjuarai Finalissima dengan mengalahkan Italia dengan skor telak 3-0. Kemenangan di Stadion Wembley, London, 2 Juni 2022 seolah menunjukkan Argentina siap bersaing dengan siapapun di Piala dunia 2022.

Dikutip dari football-espana,Messi mengatakan bahwa pertandingan menghadapi Italia menunjukkan bahwa Argentina bisa menghadapi tim mana pun di Piala Dunia nanti. "Hari ini satu lagi demonstrasi bahwa grup ini (timnas Argentina) telah bersiap untuk segalanya. Kami siap untuk menghadapi siapapun," kata Messi.

Messi yang terpilih sebagai Man of the Match dalam laga itu memberikan dua assist dan penampilan terbaiknya. 

Kebangkitan performa Messi menuai pujian Corriere dello Sport, salah satu Media ternama Italia.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Pujian

“Timnas Argentina memberinya kembali senyum dan cahaya yang hilang di PSG,” tulis mereka, yang mengakut tudingan bahwa La Pulga mengalami penurunan performa sepanjang musim lalu bersama PSG.

Salah satu media olahraga terkenal lainnya dari Italia, La Gazzetta dello Sport, juga tak ketinggalan memuji aksi kapten Timnas Argentina itu.

"Messi seperti Diego (Maradona), sama sulitnya dan briliannya dengan dia yang tak terbendung," tulis mereka.

Di Liga Prancis sendiri Messi juga menunjukkan peningkatan performanya. Sports Center ESPN mencatat sejak Messi melakukan debut di Liga Perancis pada 29 Agustus 2021, tak ada pemain dari klub Ligue 1 lain yang mampu menciptakan lebih banyak assist dari sang bintang beralias La Pulga.

Sepanjang Liga Perancis 2021-2022 silam, Lionel Messi tercatat mengemas 6 gol plus 15 assist buat PSG. 

 

5 dari 5 halaman

Tertancap Kuat

Citra Messi telah tertancap kuat di masyarakat Qatar. Apalagi ia juga kapten Argentina, serta bintang Paris Saint-Germain yang dimiliki oleh Qatar Sports Investments (QSI), sebuah konsorsium dari Qatar yang membeli klub itu  pada 2011.

Selain itu, Piala Dunia 2022 diperkirakan akan menjadi penampilan terakhir Messi sebelum ia pensiun. Legenda Argentina, Gabriel Batistuta menilai Messi akan tampil bersinar di Qatar.

Lionel Messi sendiri bertekad mengakhiri penantian Timnas Argentina selama 36 tahun untuk merasakan titel Piala Dunia.

“Begini kami menunggu Messi di Qatar,” ujar para penggemar Lionel Messi dan tim nasional Argentina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini