Sihir Erik Ten Hag Buat Rashford dan Sancho Bisa Main di Piala Dunia 2022

Oleh Muhammad Yanto pada 13 Sep 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 13 Sep 2022, 07:00 WIB
Foto Piala Eropa: Termasuk Kane, 5 Pemain Bintang Andalan The Three Lions pada Gelaran Euro 2020
Perbesar
Marcus Rashford - Penampilannya yang cukup produktif dengan Setan Merah musim ini, membuat Rashford dipercaya mengisi lini serang Timnas asuhan Southgate. Musim ini ia berhasil membukukan 21 gol dan 15 assit dari 57 pertandingan di semua kompetisi. (Foto: AFP/Adrian Dennis)

Liputan6.com, Jakarta Dua pemain Manchester United, Marcus Rashford dan Jadon Sancho masih punya peluang untuk membela Timnas Inggris di Piala Dunia 2022 Qatar.

Kedua pemain tersebut mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan di bawah komando manajer baru, Erik Ten Hag.

Karena itu, manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate dikabarkan ingin mencoba keduanya di beberapa laga jelang Piala Dunia.

Menjelang Piala Dunia 2022 yang berlangsung pada 20 Novembr hingga 18 Desember, Timnas Inggris akan menghadapi Italia dan Jerman di Nations League akhir bulan ini. Daftar pemain bakal diumumkan pada Kamis (15/9/2022).

Laga ini bisa dibilang menjadi uji kelayakan dan ajang menaikan mental bagi para pemain The Three Lions jelang Piala Dunia 2022. Pasalnya, Inggris dalam kondisi tidak baik-baik saja akibat rentetan hasil mengecewakan.

Duel melawan Italia dan Jerman juga bisa menjadi kabar baik bagi Rashford dan Sancho. Menurut Daily Mail, duo Manchester United ini akan dipanggil kembali ke skuad Southgate.

Rashford belum tampil untuk tim nasional sejak gagal mengeksekusi penalti dalam final Euro 2020 melawan Italia. Dia terakhir dipanggil pada November tahun lalu, namun dicoret jelang laga uji coba internasional Maret 2022.

Sementara Sancho hanya bermain sekali sejak final Euro 2020, di mana ia juga gagal mengeksekusi penalti. Sancho bermain melawan Andorra dalam kemenangan 5-0 di kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat itu, Sancho membuat dua gol.

Selain Sancho dan Rashford,  Eric Dier juga bisa mendapatkan kesempatan masuk skuat Inggris di Piala Dunia 2022.

Bek tengah itu adalah bagian dari skuad Piala Dunia terakhir pada 2018, namun dipinggirkan dari Euro 2020.

Pemain berusia 28 tahun telah bermain 45 kali untuk tim nasional tetapi belum bermain sejak pertandingan melawan Islandia pada tahun 2020

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Karena Erik Ten Hag

Marcus Rashford - Manchester United - MU - Liga Inggris - 4 September 2022
Perbesar
Manajer Manchester United Erik ten Hag (kiri) berbicara dengan Marcus Rashford (kanan) saat meninggalkan dalam pertandingan Liga Inggris melawan Arsenal di Old Trafford, Minggu, 4 September 2022. MU menang 3-1 atas Arsenal. (Oli SCARFF / AFP)

Marcus Rashford tercatat sudah menyumbangkan tiga gol dan dua assist pada awal musim ini. Capaian ini sudah menunjukkan lonjakan luar biasa dibandingkan musim lalu.

Di bawah kendali Ralf Rangnick, Rashford hanya mengoleksi lima gol dan dua assist sepanjang musim lalu. Rashford benar-benar terpuruk dan kehilangan sentuhannya.

Musim ini, Rashford bangkit. Bahkan dia menjadi pilihan utama Ten Hag, dan membuat Crisitiano Ronaldo menjadi cadangannya.

Sang manajer pun sangat antusias membuat Rashford bangkit dan menjadi mesin gol pada musim ini. Ten Hag disebut yakin Rashford punya kemampuan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

"Ten Hag selalu bilang ke Marcus untuk menggunakan kecepatan dan skill saat memperoleh kesempata," kata seorang sumber MU, dilansir The Sun.

"Dia bilang ke Marcus akan mudah mencetak 20 gol. Mereka punya relasi yang luar biasa dan Marcus sangat bahagia," sambung sumber tersebut.


Sinar Sancho Mulai Terlihat

Foto: Aksi Jadon Sancho Gocek Milner Hingga Terjatuh, Manchester United Benamkan Liverpool di Liga Inggris
Perbesar
Jadon Sancho mencetak gol brilian saat MU berhadapan dengan Liverpool pada pekan ketiga Liga Inggris 2022/2023, Selasa (23/8/2022). Bomber asal Inggris itu dengan tenang menggocek pemain senior Liverpool, James Milner, lalu tanpa ampun merobek gawang Alisson Becker.

Jadon Sancho perlahan telah meningkatkan performanya secara signifikan, setelah menjalani musim pertama yang sangat mengecewakan di Old Trafford dalam musim terakhir setelah kepindahannya senilai 73 juta poundsterling dari Dortmund.

Dia mencetak gol dalam kemenangan atas Liverpool dan Leicester. Dengan melakukan itu, Sancho hampir menyamai penghitungan golnya pada musim sebelumnya di Liga Inggris.

Ten Hag mengaku tidak kaget melihat sang winger yang tampil gacor. "Saya benar-benar gembira melihat permainan Jadon Sancho," ujar Ten Hag yang dikutip Sportsbible.

Menurut Ten Hag, Sancho bisa bagus ini bukan sebuah kebetulan. Ia menyebut anak asunya bekerja keras di pra musim dan ia kini menuai hasilnya.

"Jadon mencetak banyak gol di pra musim. Ia bekerja keras dan ia kini mendapatkan hasilnya. Dia menjalani pra musim yang bagus. Ia menginvestasikan waktunya untuk memperkuat fisiknya di pra musim dan ia kini mendapatkan hasilnya," ucapnya.


Rekor Buruk Timnas Inggris

Timnas Inggris
Perbesar
Bukayo Saka, Jadon Sancho, dan Marcus Rashford menjadi korban rasialisme online setelah gagal mengeksekusi tendangan penalti untuk Timnas Inggris di final Euro 2020. (AFP/Laurence Griffiths)

Timnas Inggris dalam kondisi terpuruk. Mereka menderita kekalahan kandang terburuk selama 94 tahun. Itu diderita kalah dibantai Hungaria 0-4 di UEFA Nations League (15/6/2022) lalu.

Pada 1928, Inggris menderita kekalahan kandang terparah dengan catatan empat gol atau lebih. Saat itu The Three Lions kalah 1-5 dari Skotlandia.

Kekalahan itu membuat Inggris berada di posisi juru kunci Grup A3, bahkan mereka menjadi satu-satunya tim di grup tersebut tanpa kemenangan setelah melakoni empat pertandingan.

Runner up Piala Eropa 2020 itu hanya mampu mencetak satu gol dalam rentang waktu tersebut, yakni melalui penalti Kane saat bermain imbang 1-1 melawan Jerman.


Nasib Gareth Southgate

Foto: Melempem di Liga Inggris Kane dan Maguire Trengginas di Timnas Inggris
Perbesar
Pasukan Gareth Southgate lolos ke Piala Dunia 2022 dengan rekor tak terkalahkan dalam 10 pertandingan Grup I Kualifikasi Zona Eropa dengan delapan kemenangan dan dua hasil imbang. (AP/Antonio Calanni)

Situasi ini menimbulkan keraguan dari suporter Inggris terhadap Southgate. Apalagi, yang tak bisa diterima pendukung.

Posisi Southgate pun digoyang. Daripada terlambat, Inggris dinilai lebih baik mencari manajer baru untuk tampil di Piala Dunia 2022.

Namun, Ketua FA Debbie Hewitt pasang badan. Dia mengatakan, FA masih mempercayakan posisi manajer Inggris di Piala Dunia 2022 Qatar kepada Southgate.

"Berdasarkan fakta apa pun di lapangan, dia adalah pelatih Inggris paling sukses yang kami miliki selama 55 tahun. Sedikit yang tidak dilihat orang adalah budaya yang dia ciptakan. Sebelum Gareth menjadi manajer, tidak ada kebanggaan mengenakan seragam Inggris," kata Debbie Hewitt, dilansir Marca, Kamis (23/6/2022).

"Dia mengubahnya tanpa bisa dilihat oleh banyak orang dan saya telah menyaksikannya sendiri. Saya telah bekerja di dunia bisnis dan keterampilan Gareth, IQ-nya yang tinggi, akan membuatnya menjadi kepala eksekutif di bidang apapun," jelasnya.

Infografis Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya