Alasan MU Gagal Datangkan Frenkie de Jong dari Barcelona Akhirnya Terkuak

Oleh Marco Tampubolon pada 12 Sep 2022, 18:39 WIB
Diperbarui 12 Sep 2022, 19:01 WIB
Frenkie de Jong
Perbesar
Frenkie de Jong masih menggantung nasibnya di Barcelona, tak jadi dijual ke MU? (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Fernkie De Jong sempat menjadi target utama perburuan Manchester United atau MU. Namun hingga bursa transfer musim panas berakhir pada 1 September lalu, De Jong tak kunjung hadir di Old Trafford. 

De Jong hingga saat ini masih bermain untuk Barcelona. Pemain asal Belanda itu bahkan ikut menyumbang gol saat Barca menghancurkan Cadiz CF 4-0 pada lanjutan La Liga, Sabtu (10/9/2022).

Banyak faktor yang  membuat De Jong batal berlabuh di MU. Salah satunya adalah terkait tunggakan gaji Barcelona yang tak kunjung dibayar. De Jong kabarnya menolak pindah sebelum haknya terpenuhi.

De Jong dalam berbagai kesempatan juga telah menyampaikan keinginannya bertahan di Camp Nou. Perwakilan de Jong juga sudah memberitahukan hal yang sama kepada MU. Hanya saja, Setan Merah masih terus berusaha membujuk Barcelona agar melepas pemain berusia 25 tahun itu kepada mereka.

Bukan tanpa alasan MU ngotot mendatangkan De Jong. Pemain yang pernah memperkuat Ajax Amsterdam itu merupakan rekomendasi pelatih Erik Ten Hag. Seperti diketahui, Ten Hag yang kini menangani Setan Merah sangat mengenal permainan De Jong dan menganggapnya cocok untuk melengkapi skuad MU. 

Sayang, harapan ini gagal terwujud. Belakangan MU memilih untuk mundur teratur. 

Menurut laporan Daily Express, Setan Merah terpaksa melupakan De Jong karena Barcelona mengajukan harga yang tidak masuk akal. Tim asal Cataloinia itu meminta 72 juta pound sterling untuk De Jong.

Meski sangat menginginkan jasa De Jong, manajemen akhirnya berhitung. Mereka tidak ingin terlalu boros karena Ten Hag juga masih mengincar sejumlah nama lain untuk memperkuat pasukannya. Apalagi, Cristiano Ronaldo yang seharusnya bisa menambah pemasukan tidak mendapatkan pembeli yang cocok.  

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Rekrut Casemiro

Cristiano Ronaldo dan Casemiro
Perbesar
Tampak perbincangan antara Cristiano Ronaldo dengan Casemiro saat MU kalahkan Southampton di Liga Inggris 2022/2023. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Gagal mendapatkan De Jong, MU kemudian berubah pikiran. Setan Merah mengalihkan targetnya ke pemain Real Madrid, Casemiro. Pemain asal Brasil itu berhasil diboyong ke Old Trafford. Selain itu, MU juga akhirnya berhasil mendatangkan Antony dari Ajax Amsterdam di menit-menit terakhir bursa transfer. 

Kehadiran Antony dan Casemiro semakin melengkapi pembelian MU di bursa transfer musim panas. Sebelumnya, Setan Merah sudah mendatangkan Christian Eriksen, Lisandro Martinez, dan Tyrell Malacia.  


Terkait Ronaldo

Cristiano Ronaldo - Manchester United - MU - Liga Europa
Perbesar
Manajer Manchester United Erik ten Hag (kiri) akan memainkan Cristiano Ronaldo sejak awal laga saat menjamu Real Sociedad di laga pembuka Grup E Liga Europa. MU akan menjamu Sociedad di Old Trafford, Jumat (9/9/2022) pukul 02:00 WIB. (Adrian DENNIS / AFP)

Sementara itu, rasa frustrasi ternyata bukan hanya milik MU semata. Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi, Yasser Al-Misehal, juga merasakan hal yang sama. Yasser juga merasa 'dongkol' karena tidak bisa mendatangkan penyerang MU, Cristiano Ronaldo untuk bermain di negaranya.

Menurut Yasser, kehadiran Ronaldo bakal memberi semakin membangkitkan persepakbolaan di negaranya. Apalagi selama ini, sejumlah pemain besar juga sudah lebih dulu bersedia untuk tampil di sana.  

Dari sisi finansial, Yasser juga mengaku tidak ada masalah. Klub-klub yang bermain di Arab Saudi cukup kuat untuk memenuhi tuntutan yang diajukan oleh Manchester United terhadap pemain asal Portugal itu. 

 


Tidak Punya Alasannya

Yasser sendiri tidak tahu alasan kenapa Ronaldo gagal mendarat di negaranya. Dia tidak habis pikir kenapa para pemilik klub tidak berusaha keras untuk membujuk kekasih Georgina Rodriguez tersebut. 

"Jujur saya tidak tahu jawabannya," kata Yasser saat ditanya kenapa gagal memboyong CR7.

"Saya bukan pemilik klub. Kalau saya pemilik klub, saya pasti tahu jawabannya. Teman-temanku di klub juga tidak mau memberi tahu alasannya kenapa," beber Yasser menambahkan. 

"Itu tidak akan menjadi transaksi yang mudah untuk klub Saudi atau bahkan untuknya, tetapi kami akan senang melihatnya atau bahkan beberapa pemain top lainnya dengan level yang sama.”  

Pergerakan Bursa Transfer Liga Inggris
Perbesar
Pergerakan Bursa Transfer Liga Inggris (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya