Sukses

Alasan MU Gagal Datangkan Frenkie de Jong dari Barcelona Akhirnya Terkuak

Manchester United atau MU gagal mendatangkan Frenkie De Jong pada bursa transfer musim panas.

Liputan6.com, Jakarta Fernkie De Jong sempat menjadi target utama perburuan Manchester United atau MU. Namun hingga bursa transfer musim panas berakhir pada 1 September lalu, De Jong tak kunjung hadir di Old Trafford. 

De Jong hingga saat ini masih bermain untuk Barcelona. Pemain asal Belanda itu bahkan ikut menyumbang gol saat Barca menghancurkan Cadiz CF 4-0 pada lanjutan La Liga, Sabtu (10/9/2022).

Banyak faktor yang  membuat De Jong batal berlabuh di MU. Salah satunya adalah terkait tunggakan gaji Barcelona yang tak kunjung dibayar. De Jong kabarnya menolak pindah sebelum haknya terpenuhi.

De Jong dalam berbagai kesempatan juga telah menyampaikan keinginannya bertahan di Camp Nou. Perwakilan de Jong juga sudah memberitahukan hal yang sama kepada MU. Hanya saja, Setan Merah masih terus berusaha membujuk Barcelona agar melepas pemain berusia 25 tahun itu kepada mereka.

Bukan tanpa alasan MU ngotot mendatangkan De Jong. Pemain yang pernah memperkuat Ajax Amsterdam itu merupakan rekomendasi pelatih Erik Ten Hag. Seperti diketahui, Ten Hag yang kini menangani Setan Merah sangat mengenal permainan De Jong dan menganggapnya cocok untuk melengkapi skuad MU. 

Sayang, harapan ini gagal terwujud. Belakangan MU memilih untuk mundur teratur. 

Menurut laporan Daily Express, Setan Merah terpaksa melupakan De Jong karena Barcelona mengajukan harga yang tidak masuk akal. Tim asal Cataloinia itu meminta 72 juta pound sterling untuk De Jong.

Meski sangat menginginkan jasa De Jong, manajemen akhirnya berhitung. Mereka tidak ingin terlalu boros karena Ten Hag juga masih mengincar sejumlah nama lain untuk memperkuat pasukannya. Apalagi, Cristiano Ronaldo yang seharusnya bisa menambah pemasukan tidak mendapatkan pembeli yang cocok.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekrut Casemiro

Gagal mendapatkan De Jong, MU kemudian berubah pikiran. Setan Merah mengalihkan targetnya ke pemain Real Madrid, Casemiro. Pemain asal Brasil itu berhasil diboyong ke Old Trafford. Selain itu, MU juga akhirnya berhasil mendatangkan Antony dari Ajax Amsterdam di menit-menit terakhir bursa transfer. 

Kehadiran Antony dan Casemiro semakin melengkapi pembelian MU di bursa transfer musim panas. Sebelumnya, Setan Merah sudah mendatangkan Christian Eriksen, Lisandro Martinez, dan Tyrell Malacia.  

3 dari 4 halaman

Terkait Ronaldo

Sementara itu, rasa frustrasi ternyata bukan hanya milik MU semata. Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi, Yasser Al-Misehal, juga merasakan hal yang sama. Yasser juga merasa 'dongkol' karena tidak bisa mendatangkan penyerang MU, Cristiano Ronaldo untuk bermain di negaranya.

Menurut Yasser, kehadiran Ronaldo bakal memberi semakin membangkitkan persepakbolaan di negaranya. Apalagi selama ini, sejumlah pemain besar juga sudah lebih dulu bersedia untuk tampil di sana.  

Dari sisi finansial, Yasser juga mengaku tidak ada masalah. Klub-klub yang bermain di Arab Saudi cukup kuat untuk memenuhi tuntutan yang diajukan oleh Manchester United terhadap pemain asal Portugal itu. 

 

4 dari 4 halaman

Tidak Punya Alasannya

Yasser sendiri tidak tahu alasan kenapa Ronaldo gagal mendarat di negaranya. Dia tidak habis pikir kenapa para pemilik klub tidak berusaha keras untuk membujuk kekasih Georgina Rodriguez tersebut. 

"Jujur saya tidak tahu jawabannya," kata Yasser saat ditanya kenapa gagal memboyong CR7.

"Saya bukan pemilik klub. Kalau saya pemilik klub, saya pasti tahu jawabannya. Teman-temanku di klub juga tidak mau memberi tahu alasannya kenapa," beber Yasser menambahkan. 

"Itu tidak akan menjadi transaksi yang mudah untuk klub Saudi atau bahkan untuknya, tetapi kami akan senang melihatnya atau bahkan beberapa pemain top lainnya dengan level yang sama.”  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Frenkie de Jong