Sukses

Jadwal Lengkap Timnas Kamerun di Piala Dunia Qatar 2022

Jadwal lengkap timnas Kamerun di Piala Dunia 2022, usai tampil apik selama babak kualifikasi hingga menjadi juara grup D zona Afrika. Edisi Piala Dunia 2022 kali ini, mereka bergabung di grup G bersama Brasil, Swiss, dan Serbia.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Kamerun kembali lolos ke Piala Dunia 2022 usai tampil apik di babak kualifikasi zona Afrika. Singa Indomitable datang dengan ambisi besar dan motivasi kuat untuk melangkah lebih jauh di Qatar nanti. 

Kamerun dikenal sebagai salah satu tim benua Afrika yang paling sukses, dan beberapa kali memenangkan Piala Afrika. Tidak heran, Kamerun pasti menjadi unggulan di benua Afrika untuk tampil di Piala Dunia.

Ini akan menjadi penampilan kedelapan Kamerun di Piala Dunia. Mereka melakukan debut pada tahun 1982 tetapi kalah dalam tiga pertandingan saat Spanyol menjadi tuan rumah ketika itu.

Delapan tahun kemudian, mereka tampil mengejutkan saat Piala Dunia Italia, mereka mengalahkan Argentina di pertandingan pembukaan dan melaju ke perempat final.

Akan tetapi, Kamerun harus meratapi nasib karena sempat absen di Piala Dunia 2018. Pada dua edisi Piala Dunia sebelumnya, Kamerun juga tidak dapat berbuat banyak karena harus tersingkir di fase grup.

Tim besutan Rigobert Song memastikan tiket lolos ke Piala Dunia 2022, dengan menang dramatis atas Aljazair dengan skor 2-1 di Mustapha Tchaker Stadium pada leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika, Rabu (30/03/2022). 

Meski bermain di depan puluhan ribu publik Aljazair, Kamerun mampu mencuri gol lewat Eric Maxim Choupo-Moting di menit ke-22. Lalu tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan Ahmed Touba menit ke-118, dengan ini Aljazair bisa saja lolos ke Qatar dengan memimpin agrerat 2-1.  

Namun, mimpi tuan rumah harus kandas, setelah Kamerun cetak gol melalui Karl Toko Ekambi dengan menyambar bola umpan silang pada menit ke-120+4 di injury time.

Kamerun berhak meraih tiket ke Piala Dunia 2022 setelah menang agresivitas gol tandang dalam agregat 2-2. Keberhasilan ini sekaligus membayar kegagalan Kamerun ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Di akhir kualifikasi zona Afrika, Kamerun berhasil memuncaki juara grup D dengan torehan 15 poin dari enam laga. Masing-masing mencatatkan lima kemenangan dan satu hasil seri tanpa kekalahan.

Pada Piala Dunia 2022, Kamerun berada di Grup G bersama Brasil, Serbia dan Swiss. Di atas kertas, mereka mungkin diremehkan, tapi Vincent Aboubakar dan kolega pasti akan membuat kejutan.

Brasil menjadi salah satu lawan terkuat yang harus dihadapi Kamerun, di samping Swiss yang tampil mengejutkan setelah menyingkirkan juara Eropa tahun 2020, Italia.

Rigobert Song mengatakan bahwa anak asuhnya memiliki motivasi tinggi untuk dapat bersaing dengan tim-tim top dan meyakini bahwa bisa melangkah lebih jauh di Piala Dunia 2022 mendatang.

"Ini adalah kesempatan yang bagus untuk melawan pemain-pemain yang memiliki reputasi tinggi. Hal ini akan selalu menjadi motivasi," kata pelatih Kamerun, Rigobert Song, soal hasil undian Piala Dunia 2022, dilansir dari situs resmi FIFA.

"Saya pikir satu-satunya cara bagi kami adalah kami akan mencoba melangkah lebih jauh, karena inilah sepak bola Kamerun. Para pemain menonjolkan karena punya dorangan dan tekat. Saya pikir kami bisa mewujudkannya dan membuat perbedaan," ujar Song menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain Andalan

Andre-Frank Zambo Anguissa kini menjadi pilar penting lini tengah timnas Kamerun. Di level klub, Anguissa menunjukkan performa cukup apik di Napoli. Musim lalu, gelandang bertahan berusia 26 tahun itu mengemas 25 penampilan di kompetisi teratas Liga Italia, Serie A.

Meski baru berusia 26 tahun, Anguissa termasuk pemain berpengalaman di skuad Kamerun saat ini. Pemain kelahiran Younde itu melakoni debut bersama The Indomitable Lions pada 2017 silam. Saat ini Anguissa telah mengemas 42 penampilan bersama timnas Kamerun.

Selanjutnya, ada nama Vincent Aboubakar yang akan menjadi ujung tombak timnas Kamerun. 

Pria berusia 30 tahun itu berada di puncak top skor Piala Afrika 2022 dengan torehan 6 gol dari 5 pertandingan. Dengan torehan 6 golnya tersebut, ia mampu mencatat rekor sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak di satu edisi kompetisi.

Melewati rekor sebelumnya yang dipegang seniornya dulu di Timnas Kamerun, Samuel Eto'o dengan catatan 5 gol. Bukan tidak mungkin Aboubakar akan kembali menjadi mesin gol bagi Kamerun di Piala Dunia 2022.

3 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales

Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Grup D: Prancis, Australia, Denmark, Tunisia

Grup E: Spanyol, Kosta Rika, Jerman, Jepang

Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia

Grup G: Brazil, Serbia, Swiss, Kamerun

Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Kamis, 24 November 2022

17.00 WIB: Kamerun vs Swiss di Al Wakrah Stadium

Senin, 28 November 2022

17.00 WIB: Kamerun vs Serbia di Al Wakrah Stadium

Sabtu, 3 Desember 2022

02.00 WIB: Kamerun vs Brasil di Lusail Iconic Stadium

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini