PSSI Diserang Warganet Usai JIS Dinilai Tidak Layak untuk Timnas Indonesia

Oleh Thomas pada 11 Sep 2022, 17:16 WIB
Diperbarui 12 Sep 2022, 14:43 WIB
Stadion JIS.
Perbesar
Jakarta International Stadium. (Dok. Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta- Batalnya Jakarta International Stadium atau JIS menggelar pertandingan uji coba internasional antara Timnas Indonesia melawan Curacao berbuntut panjang. Terutama komentar PSSI soal JIS yang dianggap masih belum layak menjadi venue ajang internasional di bawah kalender FIFA.

Seperti diketahui Timnas Indonesia akan dua kali melawan Curacao pada laga uji coba akhir September nanti. Salah satu duel yakni pada 27 September 2022 sempat dikabarkan akan berlangsung di JIS. Namun PSSI kemudian menegaskan lokasi pertandingan di Stadion Pakansari dan Gelora Bandung Lautan Api.

JIS tak terpilih jadi tuan rumah laga uji coba Timnas Indonesia karena dianggap belum layak menggelar laga internasional di bawah kalender FIFA setelah PSSI melakukan uji kelayakan.

Hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100% infrastruktur. Ada beberapa penyebab JIS dianggap belum memenuhi syarat di antaranya area penurunan tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter yang menumpuk di barat-utara.

Tim inspeksi juga mencatat, concourse timur belum dapat digunakan, perimeter tribune perlu pengkajian ulang, pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh. Sarana prasarana pendukung seperti lokasi parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar.

"Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25%, 50%, 75%, dan 100% dari perhitungan maximum safety capacity," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Netizen

Grand Launching JIS Stadium: Persija Jakarta vs Chonburi FC
Perbesar
Suasana pertandingan dari atas tribun penonton saat laga persahabatan antara Persija Jakarta menghadapi Chonburi FC dalam rangka Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (24/7/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Di samping itu terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur. Nah kalau kita paksakan pasti akan menjadi catatan FIFA," lajut Yunus.

Pernyataan PSSI soal JIS belum layak menggelar laga internasional viral di media sosial. PSSI malah diolok-olok warganet. Netizen menyebut jika PSSI telah kehilangan akal sehat dan diduga berpolitik lantaran menyebut jika JIS tak layak menggelar pertandingan internasional.

Hal itu dilihat dari sebuah unggahan gambar di sosial media yang berisi nyir-nyiran netizen. Gambar tersebut berisi capture stadion yang disebut berstandar FIFA dan stadion JIS.

Dalam colase foto tersebut juga berisi pemberitaan laman media terkait sikap PSSI yang menyebut Stadion JIS batal gelar laga timnas lantaran belum memenuhi kelayakan.

“Ketika stadion JIS yang sudah berstandar FIFA dibilang belum penuhi kelayakan oleh PSSI,” ucap tulisan dalam colase foto yang viral di sosial media, dikutip, Minggu,(11/9/2022).

Dalam gambar tersebut juga ditulis jika akal sehat publik telah dilecehkan dengan sikap PSSI. Bahkan, gambar tersebut dengan tegas menyebut PSSI diduga telah berpolitik dengan keputusanya tersebut.

“Makin yakin, jika asal bukan Anies itu nyata,” demikian bunyi tulisan dari gambar tersebut.


Jakpro

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengelola JIS sudah angkat bicara terkait sikap PSSI tersebut. Jakpro membeberkan bukti-bukti bahwa stadion anyar di ibu kota itu memenuhi kualitas standar FIFA.

Jakpro menegaskan jika JIS telah berstandar FIFA. Dilihat berdasarkan kelengkapan fasilitas, infrastruktur, serta memenuhi rekomendasi, teknis dan persyaratan hingga penyediaan fasilitas hospitality.

Jakpro menyatakan JIS dirancang oleh Buro Happold, konsultan perencana dari Inggris, yang memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion-stadion sepak bola modern seperti Tottenham Hotspur Stadium di London serta perancangan beberapa stadion Piala Dunia Qatar 2022.

"JIS merupakan salah satu stadion yang mirip dengan stadion di Eropa baik secara desain maupun fasilitas. Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan," ujar Plt Direktur Proyek JIS, Arry Wibowo.


Klasemen

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya