Sukses

Top Skor BRI Liga 1: Matheus Pato Tinggalkan Rival, Pemain Brasil Kuasai 4 Besar

Meski Borneo FC gagal mengalahkan Persita Tangerang, bomber andalan Matheus Pato mantap di puncak top skor BRI Liga 1.

Liputan6.com, Jakarta - Borneo FC gagal mendekati pimpinan klasemen BRI Liga 1 2022/2023 Madura United. Pasalnya, mereka hanya bermain 2-2 melawan Persita Tangerang di Stadion Segiri, Jumat (9/9/2022).

Dengan perolehan 19 poin, Pesut Etam cuma bisa memangkas defisit sebesar satu angka, sehingga kini tertinggal tiga nilai dari pemuncak tabel.

Madura United sebelumnya sukses menggeser Borneo FC usai memenangkan tiga laga terakhir di BRI Liga 1. Teranyar mereka membekuk Bhayangkara FC 1-0, Kamis (8/9/2022).

Alih-alih mendekati Madura United, Borneo FC kini terancam digusur. Pasukan Milomir Seslija bakal disalip Bali United, PSM Makassar, hingga Persija Jakarta jika mereka sukses memenangkan partai masing-masing dalam beberapa hari ke depan.

Setidaknya bintang mereka Matheus Pato mantap berkuasa pada kategori lain. Pemain asal Brasil itu memantapkan diri di puncak top skor Liga 1 setelah merobek gawang Persita pada menit ketiga. 

Pato unggul dua nilai atas pesaing terdekat yakni kompatriotnya David da Silva yang membela Persib Bandung. Menyusul kemudian duo Negeri Samba lainnya, Lulinha dan Gustavo Tocantins.

 

Melesatnya Pato di posisi teratas terbilang mengejutkan. Pasalnya, dia baru melakoni musim debut di Indonesia. Klub terakhir yang diperkuat pemain berusia 27 tahun tersebut adalah wakil Korea Selatan Daejeon Citizen pada 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langsung Produktif

Tanda-tanda ketajaman Pato sebenarnya sudah terlihat sebelum kompetisi dimulai. Dia mampu merebut gelar sepatu emas turnamen pramusim Piala Presiden 2022. 

Catatan enam golnya mengungguli torehan bomber PSIS Semarang Carlos Fortes. Kontribusi Pato pun membantu Borneo FC melangkah ke final. Sayang ambisi merebut gelar digagalkan Arema FC. 

Pato lalu melanjutkan produktivitas di BRI Liga 1. Dari sembilan laga yang dijalani, dia urung mencatatkan nama di papan skor saat menghadapi Arema FC, Barito Putera, dan Persis Solo. 

Namun, Pato membayar kegagalan tersebut dengan merobek gawang Persik Kediri, Persebaya Surabaya, dan Bali United masing-masing dua kali. 

 

Daftar Top Skor

9 Gol: Matheus Pato (Borneo FC)

7 Gol: David da Silva (Persib Bandung)

6 Gol: Lulinha (Madura United)

5 Gol: Gustavo Tocantins (Persikabo 1973)

3 dari 3 halaman

Hasil dan Jadwal Pekan 9

Kamis, 8 September 2022

Madura United vs Bhayangkara FC: 1-0

Jumat, 9 September 2022

PSIS Semarang vs Persikabo 1973: 3-2

Borneo FC vs Persita Tangerang: 2-2

Sabtu, 10 September 2022

15.30 WIB - Dewa United vs Bali United FC

18.15 WIB - PSS Sleman vs Persis Solo

18.15 WIB - Rans Nusantara vs Persik Kediri

20.00 WIB - Persebaya Surabaya vs PSM Makassar

Minggu, 11 September 2022

15.30 WIB - Arema FC vs Persib Bandung 

20.00 WIB - Persija Jakarta vs PS Barito Putera

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.