Sukses

Ratu Elizabeth II Meninggal, Liga Inggris Boleh Jalan Terus

Pemerintah Inggris secara resmi memperbolehkan Liga Inggris dan kegiatan olahraga lain jalan terus akhir pekan ini.

Liputan6.com, London- Pemerintah Inggris akhirnya mengeluarkan keputusan soal nasib pertandingan Liga Inggris pekan ketujuh musim 2022/2023 pada Jumat (9/9/2022) sore WIB. Kompetisi diizinkan tetap berjalan sesuai jadwal meski Inggris Raya sedang berkabung menyusul wafatnya Ratu Elizabeth II.

Seperti diketahui Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) malam waktu Inggris di usia 96 tahun. Ratu Elizabeth II menghembuskan nafas terakhir di Kastil Balmoral, Skotlandia. Kondisi kesehatannya memang terus memburuk selama beberapa waktu terakhir.

Usai kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II, pertandingan sepak bola Championship yang berlangsung hari Jumat antara Burnley melawan Norwich City langsung ditunda. Begitu juga dengan duel di kasta ketiga atau League Two yang mempertemukan Tranmere Rovers dengan Stockport County.

Setelah itu berhembus kabar seluruh pertandingan sepak bola dan kegiatan olahraga di Inggris Raya sepanjang akhir pekan ini juga terancam tak bisa digelar. Pasalnya Inggris Raya secara resmi masuk dalam masa berkabung nasional. Diperkirakan masa berkabung nasional akan berlangsung setidaknya 10 hari.

Namun sedikit kejelasan akhirnya muncul pada Jumat sore. Pemerintah Inggris menyatakan kegiatan olahraga dapat tetap berlangsung sesuai jadwal termasuk Liga Premier Inggris. Pemerintah hanya meminta para pemain memakai ban hitam dan diadakan mengheningkan cipta sebelum pertandingan dimulai.

Pemerintah Inggris intinya menyerahkan sepenuhnya nasib pertandingan olahraga kepada pengelola pertandingan. Kini Federasi Sepak Bola Inggris atau FA yang harus membuat keputusan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rapat Darurat

Pengelola Liga Inggris dan FA kabarnya akan mengadakan pertemuan darurat membahas masalah ini pada Jumat pagi waktu setempat. Mereka kemudian akan mengumumkan secara resmi apakah Liga Inggris dan liga sepak bola lain pada akhir pekan ini akan tetap berlangsung sesuai jadwal atau ditunda.

"Keputusan apakah pertandingan olahraga terus berlanjut adalah pada kebijaksanaan penyelenggara. Penyelenggara mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan ban lengan hitam dan mengheningkan cipta sebelum pertandingan dimainkan," demikian pernyataan resmi pemerintah Inggris.

Tadi malam sendiri pertandingan Liga Europa antara Manchester United melawan Real Sociedad tetap berlangsung sesuai jadwal di Stadion Old Trafford. Para pemain mengheningkan cipta satu menit sebelum laga dimulai.

3 dari 4 halaman

London

Klub-klub Liga Inggris yang bermarkas di London kemungkinan akan terkena dampak prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Pasalnya prosesi pemakaman diperkirakan akan berlangsung di beberapa tempat di kota London, meski masih belum ada pengumuman resmi.

Beberapa klub Liga Premier Inggris yang berasal dari London antara lain Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, Fulham hingga West Ham United.

4 dari 4 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.