Sukses

BRI Liga 1: Kurang Maksimal, Persikabo 1973 Akui Keunggulan PSIS Semarang

PSIS Semarang sukses meraup poin penuh dalam laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2022/2023 kontra Tira Persikabo yang berlangsung di Stadion Jatidiri pada Jumat (9/9/2022). Laskar Mahesa Jenar menang tipis 3–2 berkat hattrick dari Riyan Ardiansyah di menit ke-15, 18, dan 53.

Liputan6.com, Jakarta - PSIS Semarang sukses meraup poin penuh dalam laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2022/2023 yang berlangsung pada Jumat (9/9/2022). Berhadapan dengan Tira Persikabo di kandang sendiri, PSIS menang 3–2 berkat hattrick dari Riyan Ardiansyah.

 

PSIS dan Persikabo sama-sama mengincar poin penuh dalam matchday kesembilan. Kedua tim perlu memperbaiki posisi mereka di klasemen sementara BRI Liga 1 setelah tampil kurang meyakinkan dalam sejumlah pertandingan teranyar.

Laskar Mahesa Jenar sempat menuai kekalahan beruntun dari Persebaya Surabaya dan Dewa United, sebelum mencatatkan hasil imbang dalam laga kontra Persis Solo di pekan kedelapan.

Kondisi serupa juga dialami oleh Persikabo. Laskar Padjadjaran takluk dua kali berturut-turut dari Bhayangkara FC dan Madura United di pekan keenam dan ketujuh. Mereka baru menuai hasil positif usai unggul tipis dengan 3–2 atas Borneo FC pekan lalu.

Meski berambisi menang, kedua kesebelasan bermain dalam tempo yang cukup lambat di awal pertandingan. PSIS Semarang sempat mendapat peluang untuk membuka keunggulan pada menit ke-4, tetapi sanggup dihalau oleh penggawa Tira Persikabo.

Laskah Mahesa Jenar baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-15. Berawal dari pergerakan yang apik di sisi kiri area pertahanan Persikabo, Riyan Ardiansyah mampu melesakkan bola ke gawang yang dikawal oleh Syahrul Fadil.

Tak butuh waktu lama bagi PSIS untuk menggandakan keunggulan. Riyan Ardiansyah lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-18, usai bergerak tanpa penjagaan di bagian kanan lapangan permainan anak-anak asuh Djajang Nurdjaman.

Memimpin sementara dengan 2–0, Laskar Mahesa Jenar lebih percaya diri menebar ancaman. Peluang emas kembali didapat pada menit ke-25 lewat Fredyan Wahyu. Namun sayang, tembakannya yang mengincar sudut kanan jaring Persikabo masih melebar.

Memasuki menit ke-33, giliran Laskar Padjadjaran yang membahayakan PSIS Semarang. Akan tetapi, kesempatan ini juga gagal dikonversi menjadi angka.

Persikabo akhirnya berhasil memberi perlawanan berarti pada menit ke-42. Yandi Sofyan Munawar mencetak gol pertama bagi kubu Laskar Padjadjaran, sekaligus membuat kedudukan berubah menjadi 2–1 hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Laga sengit kembali berlanjut di babak kedua. PSIS Semarang mencoba memanfaatkan celah di lini pertahanan Persikabo pada menit ke-50. Namun, upaya pasukan tuan rumah belum mampu menambah torehan angka bagi Laskar Mahesa Jenar.

PSIS tak jemu membuat pergerakan membahayakan di sekitar gawang Persikabo. Kegigihan tersebut akhirnya berbuah hasil di menit ke-53. Riyan Ardiansyah kembali tampil sebagai pahlawan dengan melesakkan gol ketiga ke gawang Syahrul Fadil.

Sejumlah peluang emas sempat tercipta setelahnya. Akan tetapi, tidak ada yang mampu dikonversi menjadi gol. Taisei Marukawa nyaris mempertegas keunggulan PSIS atas Persikabo pada menit ke-70. Malang, tembakannya masih melebar.

Laskar Padjadjaran mencoba bangkit saat injury time. Agung Mulyadi sanggup memperkecil ketertinggalan dengan melesakkan gol pada menit ke-90+2. Namun, hal ini belum cukup untuk mematahkan dominasi PSIS. Tim tuan rumah tetap berjaya dengan skor akhir 3–2.

"Selamat untuk tuan rumah. Kami akui penampilan kami tidak seperti biasa, di bawah performa. Kami akan coba bangkit di pertandingan berikutnya," kata pelatih Persikabo Djadjang Nurjaman.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Aldhila Ray Redondo; Alfeandra Dewangga, Alie Sesay, Riyan Ardiansyah, Frendi Saputra; Aqsha Saniskara, Wawan Febrianto, Fredyan Wahyu; Guntur Triaji, Jonathan Cantillana, Taisei Marukawa

Persikabo: Syahrul Fadil; Lucas Gama Moreira, Yandi Munawar, Ryan Kurnia; Gustavo Tocantins, Didik Wahyu, Tomoki Wada, Gilang Ginarsa; Lucky Oktavianto, Tegar Infantrie Sukamto, Bruno de Araújo Dybal

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.