Ditekuk Dynamo Zagreb di Liga Champions, Chelsea Merana Tanpa Thiago Silva

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 07 Sep 2022, 11:20 WIB
Diperbarui 07 Sep 2022, 11:20 WIB
Foto: 6 Pemain yang Akan Melawan Mantan Klubnya di Fase Grup Liga Champions Musim 2022/2023
Perbesar
Thiago Silva saat ini menjadi bagian dari lini belakang Chelsea. Namun, ia tak diturunkan kala Chelsea menghadapi Dinamo Zagreb di Liga Champions. Thomas Tuchel memilih mengutus Wesley Fofana untuk memperkuat barisan pertahanan The Blues (AFP/Justin Tallis)

Liputan6.com, Jakarta Chelsea gagal memetik kemenangan dalam mathcday perdana Liga Champions 2022/2023. Berhadapan dengan Dinamo Zagreb di Stadion Maksimir pada Selasa (6/9/2022) pukul 23.45 WIB, skuad asuhan Thomas Tuchel takluk 0–1 dari tuan rumah.

The Blues memang tampil tanpa salah satu bek andalannya di laga tersebut. Thiago Silva, yang kerap menjadi opsi utama bagi lini belakang Chelsea, diistirahatkan setelah bermain penuh dalam enam pertandingan The Blues di Liga Inggris.

Sebagai gantinya, Tuchel mempercayakan rekrutan anyar Wesley Fofana untuk menjaga barisan pertahanan raksasa Premier League. Adapun Fofana didatangkan dari Leicester City melalui kesepakatan senilai 75 juta poundsterling atau sekitar Rp1,2 triliun.

Pesepak bola berusia 21 tahun sejatinya sudah pernah diturunkan kala Chelsea menghadapi West Ham di pekan keenam Liga Inggris. Fofana kala itu tampil sejak menit pertama mendampingi Thiago Silva dan Kalidou Koulibaly.

Di pertandingan kontra Dinamo Zagreb, Fofana kembali mengawal lini pertahanan dengan diapit Koulibaly dan Cesar Azpilicueta. Namun sayang, penampilannya justru menuai kritik dari sejumlah pengamat usai gawang Chelsea dibobol Mislav Orsic pada menit ke-13.

Dilansir dari Metro, pakar seperti Owen Hargreaves, Joleon Lescott, dan Rio Ferdinand kompak menyebut Fofana bersalah atas jebolnya jaring The Blues di babak pertama.

Lescott bahkan membandingkan sang pemain dengan Thiago Silva. Eks pesepak bola asal Inggris itu menganggap peristiwa serupa tak bakal terjadi kalau saja Silva yang turun menghadapi Dinamo Zagreb.

“Mereka (Chelsea) membeli Fofana untuk alasan ini: menekan lapangan. Dia dapat berlari di belakang dengan cepat. Akan tetapi, dia justru terlihat tidak terlalu eksplosif dalam hal itu,” ujar Hargreaves, seperti dikutip dari Metro.

“Thiago Silva tidak akan membiarkan hal seperti ini terjadi,” kata Lescott, menimpali.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Terlalu Lambat

PSG vs Juventus
Perbesar
Pemain Chelsea Kalidou Koulibaly melakukan pelanggaran terhadap pemain Dinamo Mislav Orsic selama pertandingan sepak bola grup E Liga Champions antara Dinamo Zagreb dan Chelsea di stadion Maksimir di Zagreb, Kroasia, Selasa, 9 September. 6, 2022. (Foto AP/Darko Bandic)

Rio Ferdinand juga turut mengomentari performa Fofana kala bertandang ke markas Dinamo Zagreb. Menurutnya, eks pemain Leicester City terlalu lambat memberikan reaksi. Ia juga kurang cepat mengidentifikasi bagian lapangan yang perlu penjagaan.

“Fofana bisa menyaksikan rekannya mengejar bola. Begitu dia melihat hal ini, dia harusnya mengidentifikasi, di mana ruangnya, di mana dia akan menutup (lapangan). Coba perhatikan reaksinya, (Fofana) sangat lambat,” tutur Ferdinand.

“Dia bisa melanggar (pemain Dinamo Zagreb), menabraknya, atau melakukan apapun (untuk menghambat pergerakannya) karena dia penjaga terakhir (sebelum kiper),” sambung mantan pemain yang kini berkarier sebagai pundit.


Penampilan Pertama

Foto: 6 Pemain Top yang Mengalami Cedera Jelang Bergulirnya Liga
Perbesar
Wesley Fofana - bek Chelsea ini dinilai sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab atas kekalahan timnya dari Dinamo Zagreb di matchday perdana Liga Champions 2022/2023. (Foto: AP/Antonio Calanni)

Kendati demikian, Ferdinand tetap mengingatkan agar pihak lain tak terlalu keras dalam mengkritisi Fofana. Pasalnya, laga kali ini merupakan penampilan perdana sang pemain di kompetisi sekelas Liga Champions.

“Itu adalah pertandingan pertamanya di level ini, di Liga Champions. Jadi Anda tidak bisa terlalu keras padanya,” kata eks pemain Manchester United (MU), dilansir dari Metro.

“(Pengalaman) ini adalah sesuatu yang bakal membuka matanya dan menyadarkan Fofana bahwa dia masih belum berada di level siap,” sambung mantan pesepak bola berusia 43 tahun tersebut.


Tanggapan Tuchel

Foto: Peringkat 5 Manajer Terbaik di Liga Inggris hingga Paruh Musim 2021 / 2022
Perbesar
Thomas Tuchel didatangkan menuju Stamford Bridge pada awal tahun 2021. Ia langsung berhasil mempersembahkan gelar Liga Champions 2020/21 untuk The Blues. Pada akhir musim lalu, Chelsea juga berhasil masuk di tiga besar klasemen meski pemainnya sedang banyak dilanda cedera. (AFP/Paul Ellis)

Di sisi lain, Thomas Tuchel enggan menunjuk satu nama spesifik yang bertanggung jawab atas kekalahan Chelsea. Pelatih asal Jerman itu menganggap hasil negatif yang diraih timnya merupakan kesalahan bersama.

“Itu (kekalahan dari Dinamo Zagreb) adalah tanggung jawab saya, tanggung jawab kami semua. Kami perlu menemukan solusi. Saat ini, segala hal sedang tidak tepat,” ujar Tuchel pasca pertandingan, dikutip dari EuroSport.

Adapun Chelsea akan kembali melakoni matchday kedua penyisihan grup E Liga Champions 2022/2023 kontra RB Salzburg. Laga tersebut dijadwalkan berlangsung di Stamford Bridge pada Kamis (15/9/2022) pukul 02.00 WIB.

Setelahnya, The Blues akan menghadapi lawan berat AC Milan di matchday ketiga pada 6 Oktober 2022 mendatang.

Berita Infografis - Final Liga Champions Manchester City Vs Chelsea Man Of The Match N'Golo Kante
Perbesar
Berita Infografis - Final Liga Champions Manchester City Vs Chelsea Man Of The Match N'Golo Kante (Bola.com/Adreanus TItus)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya