Sukses

BRI Liga 1: Hadapi PSS Sleman, Suporter Persis Solo Tidak Dapat Kuota Tiket

PSS Sleman menghadapi Persis Solo pada pekan ke-9 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (10/9/2022). Namun, laga tersebut tertutup bagi pendukung tim tamu.

Liputan6.com, Sleman - PSS Sleman menghadapi Persis Solo pada pekan ke-9 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (10/9/2022). Namun, laga tersebut tertutup bagi pendukung tim tamu.

Pihak keamanan dalam hal ini Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengirimkan permohonan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi, agar suporter Persis tidak diberi kuota tiket.

Permintaan bernomor B/2793/VIII/PAM.3.3/2022/ROOPS ini dikabulkan PT LIB melalui surat 437/LIB-KOM/IX/2022.

"Kami telah menerima surat dari LIB mengenai permohonan Polda DIY yang telah dikabulkan untuk tidak memberikan kuota penonton kepada suporter Persis Solo. Hal ini demi mengantisipasi dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban masyarakat wilayah DIY," kata Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) PSS Rangga Rudwino dilansir situs resmi Liga 1.

Menurutnya, PSS juga sudah bersurat kepada tim Persis untuk berkoordinasi mengenai hal ini. "Kami sangat berharap kepada seluruh pendukung Persis untuk menerima hal ini dan tidak memaksakan untuk datang ke stadion dan menonton dari rumah," lanjut Rangga.

Hubungan pendukung kedua tim sedang memanas menyusul tewasnya suporter PSS Tri Fajar Firmansyah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kepentingan Semua

Pendukung Persis menyampaikan belasungkawa kepada suporter PSS ketika laga melawan PSIS Semarang pekan lalu.

"Saya juga sangat mengapresiasi suporter Persis yang memasang banner belasungkawa kepada salah satu keluarga kami ketika laga melawan PSIS pekan lalu," kata Rangga.

Dia berharap dengan tidak diberikannya kuota kepada suporter tim tamu tetap dapat merekatkan tali persaudaraan antara suporter PSS dan Persis. Karena, lanjutnya, ini bukan untuk keuntungan siapapun namun untuk kepentingan dan keselamatan banyak orang.

"Saya berharap semoga hal ini dapat diterima oleh seluruh suporter Persis. Kami juga meminta maaf karena belum bisa menerima suporter Persis karena kondisi yang ada saat ini. Semoga kita semua bisa bersua dalam kondisi yang lebih baik dari sekarang," pungkasnya.

 

3 dari 4 halaman

Pendukung PSS Juga Absen

PSS juga tidak akan mendapat dukungan langsung suporter fanatiknya di tiga laga yang akan dimainkan bulan September 2022 ini. Kelompok pendukung ini memutuskan untuk tidak hadir memberikan dukungan langsung ke stadion.

“Dengan suporter, kita selalu komunikasi. Saat ini mereka memilih untuk cooling down. Ada beberapa alasan dan kita pahami itu. Harapannya tetap saling sinergi, Pengaruh pasti ada tanpa suporter. Yang utama adalah dukungan dan doanya untuk tim,” ucap pelatih PSS Seto Nurdiyantoro.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.