Sukses

Pep Guardiola Tak Mau Bergantung kepada Erling Haaland di Liga Champions

Manajer Manchester City Pep Guardiola tak ingin skuadnya hanya bergantung pada Erling Haaland di Liga Champions. Juru taktik kelahiran Spanyol itu menilai kehadiran Haaland bukanlah jaminan The Citizens bakal mengangkat trofi SI Kuping Besar musim ini.

Liputan6.com, Manchester- Pep Guardiola tak ingin Manchester City cuma bergantung pada Erling Haaland di Liga Champions 2022/2023. Manajer kelahiran Spanyol itu menilai kehadiran Haaland tak serta-merta membuat The Citizens mampu memenangkan trofi Si Kuping Besar.

Seperti diketahui, striker asal Norwegia resmi didatangkan ke Manchester City pada awal Juli lalu. Pemain yang dulunya merupakan mesin pencetak gol Borussia Dortmund hijrah ke Etihad melalui kesepakatan senilai 60 juta euro atau sekitar Rp888 miliar.

Haaland sukses membuat dampak signifikan bagi skuad racikan Guardiola sesaat setelah kedatangannya. Pesepak bola berusia 22 tahun itu sanggup membukukan 10 gol dari total enam pertandingan Liga Inggris bersama City sepanjang awal musim ini.

Eks pemain RB Salzburg diharapkan mampu memberi efek serupa di Liga Champions. Haaland digadang-gadang berpotensi menjadi sosok yang dapat membongkar nasib buruk The Citizens dalam kompetisi sepak bola elite Eropa.

Kendati demikian, Guardiola tak ingin menaruh beban berat di pundak rekrutan anyarnya. Juru taktik berkepala plontos itu menegaskan bahwa Haaland bukanlah jaminan Manchester City bakal meraih kejayaan di Liga Champions 2022/2023.

“Jika semua hal diletakkan di pundaknya dan kami hanya mengandalkan dia (Erling Haaland), kami tidak akan menang (di Liga Champions),” ujar pelatih Manchester City, seperti dilansir dari The Guardian.

“Saya tahu, ini Liga Champions. Setiap tahun, orang-orang mengatakan bahwa kami adalah tim yang difavoritkan (untuk menang), tetapi kami tidak pernah membuktikannya. Apakah kami akan menang atau tidak (musim ini), saya tidak tahu,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain Berbakat

Guardiola tak menampik bahwa Erling Haaland merupakan pemain berbakat. Statistik memang membuktikan penggawa internasional Norwegia itu bisa menjadi momok bagi klub-klub pesaing Manchester City.

Walau begitu, juru taktik The Citizens tak ingin mendiskreditkan rekrutan lain yang juga baru didatangkan lewat bursa transfer musim panas. Guardiola menganggap seluruh pemainnya setara. Ia berharap mereka bisa segera beradaptasi di Etihad.

“Saya paham betul bahwa semua orang saat ini berbicara soal Erling. Akan tetapi, saya punya tiga, empat, sampai lima pemain baru, dan saya menganggap mereka sama, (saya ingin mereka) bisa menyesuaikan diri secepat mungkin,” tutur Guardiola.

“Mudah-mudahan dia (Haaland) bisa membantu kami, tetapi kami tidak akan menang hanya karena Erling, ini menurut saya,” katanya lagi.

“Dia memiliki bakat khusus dan mungkin bisa memecahkan masalah yang kami hadapi dalam pertandingan. Namun, jika kami tidak bermain dengan bagus, tetap saja kami tidak akan memenangkan laga di Liga Champions atau Liga Premier,” pungkas Guardiola.

3 dari 4 halaman

Liga Champions Sebelumnya

Sekadar informasi, Manchester City tersandung di babak semifinal Liga Champions edisi sebelumnya. Langkah anak-anak asuh Pep Guardiola terhenti usai kalah agregat 5–6 dari Real Madrid di fase empat besar.

Kevin De Bruyne dan kawan-kawan sejatinya unggul 4–3 dalam pertarungan leg perdana yang berlangsung pada 27 April 2022. The Citizens juga lebih dulu memimpin lewat gol Riyad Mahrez di menit ke-73 pada leg kedua.

Akan tetapi, comeback sensasional Los Blancos di menit-menit akhir membuat City mau tak mau harus mengubur mimpinya untuk memenangkan trofi Si Kuping Besar.

Tim besutan Carlo Ancelotti melesakkan tiga gol hanya dalam durasi waktu lima menit berkat aksi Rodrygo (’90, ‘90+1) dan Karim Benzema (’95). Capaian tersebut mengantar Madrid berbalik unggul dengan 3–1.

4 dari 4 halaman

Catatan Haaland

Di sisi lain, Erling Haaland memiliki catatan mengesankan dalam Liga Champions terdahulu. Laporan Sky Sports menyebut pemain berusia 22 tahun itu telah mengoleksi 23 gol hanya dalam 19 penampilan di kompetisi sepak bola elite Eropa.

Tak heran jika Haaland diyakini sebagai sosok yang mampu memperbaiki supremasi The Citizens di pentas Liga Champions. Walau begitu, Guardiola berharap agar tuntutan meraih trofi Si Kuping Besar bisa ditanggung oleh seluruh anggota skuad.

Adapun Manchester City bakal melakoni laga perdana penyisihan Grup G Liga Champions 2022/2023 melawan Sevilla. Pertarungan kedua tim dijadwalkan berlangsung di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan pada Rabu (7/9/2022) pukul 02.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.