Sukses

Legenda Arsenal: The Gunners Butuh Pemain seperti Christian Eriksen Jika Ingin Kalahkan MU

Legenda Arsenal Paul Merson menilai The Gunners perlu pemain sekelas Christian Eriksen jika ingin memenangkan laga kontra MU. Penggawa internasional Denmark itu dipandang memiliki visi dan jangkauan oper yang mampu membongkar lini pertahanan Setan Merah.

Liputan6.com, Jakarta - Arsenal baru saja menelan kekalahan perdananya di Liga Inggris 2022/2023. Klub yang berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara itu takluk dari Manchester United (MU) dalam laga pekan keenam, Minggu (4/9/2022).

Bertandang ke Old Trafford, The Gunners lebih dulu kebobolan lewat aksi Antony di babak pertama. Bukayo Saka sempat mencetak gol penyeimbang pada menit ke-60. Namun, upayanya belum cukup untuk menyelamatkan skuad racikan Mikel Arteta dari kekalahan.

Marcus Rashford tampil sebagai salah satu pahlawan Setan Merah pasca turun minum. Pemain berusia 24 tahun tersebut melesakkan brace pada menit ke-66 dan 75, yang mengantar The Red Devils berjaya atas Meriam London.

Legenda Arsenal Paul Merson turut mengomentari hasil minor mantan klubnya di matchday keenam. Eks pesepak bola yang aktif berkarier sebagai pundit itu menilai lini tengah The Gunners butuh sosok seperti Christian Eriksen.

Menurutnya, penggawa internasional Denmark memiliki visi dan jangkauan operan yang mampu membongkar lini pertahanan MU. Tanpa kehadiran gelandang sekelas Eriksen, akan sulit bagi Arsenal untuk mengalahkan Setan Merah di Old Trafford.

“Dia adalah pembedanya, (Christian) Eriksen. Hal yang ada pada Eriksen dan tidak dimiliki Arsenal adalah kemampuan (membawa) bola melewati garis (terobosan),” ujar Merson, seperti dikutip dari Metro.

“Arsenal tidak punya (pemain dengan) kemampuan itu. Itulah hal yang membedakan kedua tim menurut saya, umpan Eriksen,” sambung mantan pemain asal Inggris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengubah Pandangan

Pengamat lain, Rio Ferdinand, juga ikut memberi pujian buat Eriksen. Eks pemain Manchester United itu sebelumnya meragukan keputusan Erik ten Hag yang berani memboyong Eriksen ke Old Trafford, meski ia pernah mengalami masalah jantung.

Penilaian Ferdinand seolah didukung oleh performa Eriksen yang kurang moncer kala meladeni perlawanan Brighton dan Brentford. Ia sempat kesulitan mengembalikan pola permainan terbaiknya lantaran ditempatkan di posisi tak biasa.

Beruntung, Eriksen mampu beradaptasi. Penampilan mantan penggawa Brentford dalam laga kontra Arsenal telah mengubah pandangan Ferdinand. Ia kini menganggap Eriksen merupakan salah satu sosok dengan umpan terobosan terbaik di Liga Inggris.

“Bolehkah saya memberikan sorakan spesial untuk man of the match saya, Christian Eriksen? Saya harus angkat tangan, saya adalah seseorang yang pernah meragukan penandatanganannya,” ujar Ferdinand kepada Vibe, seperti dilansir dari Metro.

3 dari 5 halaman

Tampil Menonjol

Menurut Ferdinand, Eriksen memang tampil amat menonjol saat menjamu The Gunners. Pergerakan dan umpan-umpannya dianggap brilian. Contohnya tersaji dalam proses penciptaan gol Marcus Rashford.

Eriksen kala itu mampu menerobos pertahanan The Gunners. Meski berpeluang mencatatkan namanya di papan skor, ia tidak egois dan memilih memberi bola ke kaki Rashford yang berada di situasi lebih kosong.

“Pada momen ini, Anda tidak bisa berdebat dengan keputusan itu. Umpan terobosannya adalah yang terbaik di liga saat ini. Eriksen, saya salut dengan Anda,” tutur Ferdinand soal performa pemain internasional Denmark.

4 dari 5 halaman

Antony

Selain Eriksen, rekrutan anyar Manchester United Antony juga banjir pujian usai membela timnya di laga melawan Arsenal. Ia sukses mencatatkan debut gemilang dengan melesakkan gol pembuka pada menit ke-35.

Penampilan impresif Antony memang layak menjadi buah bibir. Pasalnya, pemain asal Brasil itu baru dua kali berlatih bersama skuad MU sejak didatangkan dari Johan Cruyff Arena melalui kesepakatan senilai 84 juta poundsterling (Rp1,4 triliun).

Dalam pernyataan pasca kemenangan Setan Merah atas Meriam London, Ten Hag melontarkan pujian setinggi langit buat Antony. Ia menyebut eks pemain Ajax bisa menjadi ancaman bagi klub-klub lain di Liga Inggris.

“Saya pikir kita semua sudah melihat berapa berbahayanya Antony. (Dengan) kecepatan dan kreativitasnya, saya rasa (dia) bisa menjadi ancaman nyata di Liga Inggris,” ujar Ten Hag seperti dilansir dari Metro.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Christian Eriksen adalah pemain sepak bola Profesional asal Denmark yang saat ini membela Brentford
    Christian Eriksen adalah pemain sepak bola Profesional asal Denmark yang saat ini membela Brentford

    Christian Eriksen

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • English Premier League

  • Premier League

  • EPL