Sukses

Imbas Piala Dunia 2022 yang Dinanti Tetangga Qatar

Piala Dunia 2022 tak hanya memberikan pemasukan besar bagi Qatar sebagai tuan rumah, tapi juga dinantikan tetangga seperti Uni Emirat Arab, Oman, Bahrain.

Liputan6.com, Jakarta- Lebih dari satu juta penggemar akan berdatangan menyaksikan langsung Piala Dunia 2022 Qatar. Pada satu sisi jelas merupakan keuntungan bagi tuan rumah Qatar, selain aspek keamanan yang harus diantisipasi.

Namun kedatangan mereka juga menimbulkan satu masalah besar, terutama soal penginapan. Meski sudah berupaya semaksimal mungkindiperkirakan belum mampu menampung supporter.

Terdapat 130.000 kamar yang disediakan oleh hotel, kapal pesiar yang berlabuh di Doha dan lokasi perkemahan. Jumlah yang tidak cukup bagi 1,5 juta penggemar yang diperkirakan akan menyaksikan laga Piala Dunia 2022.

Selain itu, banyak supporter yang tidak mau tinggal di sana. Alasan utamanya adalah akomodasi dan toleransi yang rendah untuk alkohol di Qatar.

UEA, Oman, Bahrain, Kuwait, dan Arab Saudi akan menjadi tujuan alternatif yang menarik bagi para penggemar, meskipun harga tiket penerbangan sudah melonjak.

Pagelaran Piala Dunia di negara Teluk untuk pertama kalinya juga akan menjadi peluang emas bagi operator tur dan agen perjalanan di seluruh kawasan untuk memaksimalkan pendapatan.

Dari negara-negara tersebut, Dubai yang merupakan ibukota Uni Emirat Arab sudah popular di seluruh dunia. Kota ini akan menjadi yang paling menguntungkan dalam gelaran Piala Dunia nanti.

UEA memiliki lebih dari 180.000 kamar hotel untuk pengunjung, menurut angka terbaru dari laporan pariwisata Statista yang diterbitkan pada bulan November.

Lebih dari 90 penerbangan baru yang akan mendarat setiap hari di Doha, sekitar 40 pernerbangan akan berangkat dari Dubai dengan prosedur imigrasi yang lebih mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gerbang Utama

Dubai akan menjadi "pintu gerbang utama" ke Piala Dunia dengan kemungkinan lebih banyak orang datang melalui kota daripada Qatar, kata Paul Griffiths, kepala eksekutif Bandara Dubai.

“Jumlah kapasitas hotel di Qatar cukup terbatas dan kami memiliki banyak hal untuk ditawarkan di sini,” tambah Griffiths kepada Bloomberg.

Harga hotel untuk UEA tetap kompetitif, tetapi karena permintaan meningkat mendekati Piala Dunia, kemungkinan akan naik.

Perwakilan dari Qatar Airways, Dnata Travel, Etihad, Hilton dan otoritas pariwisata Bahrain mengatakan kepada The National bahwa mereka telah menyaksikan lonjakan minat sejak tiket tahap pertama mulai dijual.

Arab Saudi dan Oman sama-sama mengadakan festival untuk memikat penggemar dan berencana untuk merampingkan prosedur perjalanan.

Otoritas Pariwisata Saudi mengatakan pihaknya mengharapkan untuk menyambut 30.000 pengunjung karena Piala Dunia, dan mereka yang terdaftar untuk kartu penggemar Hayya Qatar dapat mengajukan permohonan visa masuk ganda ke kerajaan.

Bahrain memiliki lebih dari 18.000 kamar hotel untuk ditawarkan, sementara Arab Saudi memiliki sekitar 600.000, menurut laporan tersebut.

3 dari 4 halaman

Basis

Sembilan resor dan 11 hotel bintang lima di dekat Kuwait, juga bisa menjadi basis bagi pendukung yang tidak bisa tinggal di Qatar.

Meskipun sedikit lebih jauh, negara Oman yang gila sepak bola juga kemungkinan akan menarik banyak minat dari para penggemar yang berharap untuk bergabung dalam aksi di Qatar.

Sementara itu, Kementerian Warisan dan Pariwisata Oman mengatakan turnamen itu akan “meningkatkan profil banyak destinasi regional” dan memiliki dampak ekonomi yang jauh melampaui acara tersebut.

Penerbangan dari Muscat yang merupakan ibukota Oman hanya 90 menit ke Doha. Tiket yang ditawarkan dari Muscat saat ini dengan harga sekitar Dh2.300 dengan Oman Air.

“Setiap kali acara olahraga besar datang ke Timur Tengah, itu menciptakan gebrakan besar. Kan kami melihat lonjakan minat untuk properti kami di Qatar dan di seluruh Timur Tengah ketika penggemar sepak bola di seluruh dunia mulai merencanakan perjalanan mereka,” kata Stijn Bastiaens, wakil presiden dan direktur komersial Hilton di Timur Tengah, Afrika dan Turki.

4 dari 4 halaman

Penerbangan

Karena banyak maskapai penerbangan merencanakan penawaran khusus untuk penggemar dengan penerbangan lanjutan, persaingan untuk bisnis kemungkinan akan menyamai intensitas di lapangan karena 32 tim bersaing untuk memperebutkan hadiah terbesar dalam olahraga.

Etihad Airways adalah salah satu maskapai yang bersiap untuk meningkatkan layanan ke Qatar untuk festival sepak bola selama sebulan.

“Memiliki Piala Dunia FIFA di depan pintu kami adalah dorongan besar bagi kawasan ini,” kata Martin Drew, wakil presiden senior penjualan dan kargo global Etihad.

Untuk mendukung permintaan tambahan untuk perjalanan ke dalam dan di sekitar kawasan, Etihad Airways akan meningkatkan layanan penumpang antara Abu Dhabi dan Doha menjadi enam penerbangan harian mulai 21 November hingga 18 Desember.

Sementara itu, Qatar Airways telah meluncurkan paket perjalanan lengkap, termasuk tiket pertandingan, penerbangan pulang dan pilihan akomodasi.

Untuk menjamin pengalaman mereka, penggemar dapat memilih dari paket perjalanan tujuh tingkat, tetapi dengan harga $3.800 — mereka datang dengan harga premium.

Qatar Airways mengatakan permintaan di banyak rute, termasuk Abu Dhabi, Dubai dan Sharjah, telah meningkat drastis untuk tanggal turnamen.

"Sudah ada permintaan yang signifikan pada rute-rute ini karena saat ini kami mengoperasikan penerbangan dua kali sehari dari Abu Dhabi dan Sharjah, dan penerbangan tiga kali sehari dari Dubai, dengan faktor beban tinggi," kata seorang juru bicara.

“Kami terus meninjau persyaratan operasional kami secara teratur, seiring dengan berkembangnya permintaan pasar, dan menjajaki opsi untuk lebih meningkatkan jadwal penerbangan kami yang terus bertambah dengan peningkatan frekuensi pada rute tertentu.”

Etihad saat ini menawarkan penerbangan kembali ke Doha pada akhir pekan penuh pertama pada Sabtu, 26 November dan kembali keesokan harinya untuk Dh4.765.

Pada akhir pekan yang sama, penerbangan kembali Qatar Airways dari Dubai ke Doha akan menelan biaya sekitar Dh5100.

Dr Nasser Al Qaedi, kepala eksekutif Otoritas Pariwisata dan Pameran Bahrain, mengatakan wilayah itu akan berada di etalase toko yang belum pernah ada sebelumnya, dan berharap untuk memanfaatkannya.

"Resor hotel semuanya bersiap untuk menyambut pengunjung ke Bahrain selama Piala Dunia. Ini adalah cara untuk menarik orang ke daerah ini untuk pertama kalinya, dan memanfaatkan jendela peluang ini.”

Tujuh hotel bintang lima baru akan dibuka di Bahrain tahun ini, untuk melengkapi atraksi pariwisata yang lebih baik di tempat lain, seperti fasilitas tepi laut Teluk Bahrain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini