Sukses

Jadwal Lengkap Timnas Wales di Piala Dunia 2022

Timnas Wales tergabung di Grup B Piala Dunia 2022 bersama Amerika Serikat, Inggris, dan Iran.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Wales resmi berpartisipasi ke Piala Dunia 2022 usai lolos babak kualifikasi serta menjadikan tim yang terakhir yang berangkat ke Qatar nanti.

FIFA selaku penyelenggara Piala Dunia 2022 telah resmi menunjuk Qatar sebagai tuan rumah yang akan diberlangsungkan pada 21 November hingga 18 Desember nanti. 32 tim dinyatakan lolos usai melewati babak kualifikasi ke babak utama Piala Dunia, termasuk timnas Wales

Timnas Wales tergabung di Grup B Piala Dunia 2022 bersama Amerika Serikat, Inggris, dan Iran.

Piala Dunia 2022 akan berarti spesial bagi timnas Wales. Pasalnya, Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar ini menandai kembalinya The Dragons, julukan Wales, ke pesta akbar sepak bola dunia empat tahunan ini.

Capaian tersebut juga menjadi catatan tersendiri bagi Wales. Ini adalah kali pertama The Dragons lolos ke Piala Dunia sejak 64 tahun lalu.

Wales terakhir kali tampil di Piala Dunia pada tahun 1958. Ketika itu, mereka mampu melaju hingga babak perempat final. Di babak delapan besar, Wales kalah dari Brasil dengan skor 0-1. Gol kemenangan Tim Samba kala itu dicetak oleh sang legenda Pele pada menit ke-66..

Tiket ke Qatar dipastikan Wales meraih kemenangan dramatis atas Ukraina di Cardiff City Stadium, Minggu (5/6/2022) malam WIB. Pertandingan tersebut dimenangkan tuan rumah dengan skor 1-0

Kemenangan Wales ditentukan oleh gol bunuh diri Andriy Yarmolenko di menit ke-34. Kapten Ukraina tersebut berusaha menghalau umpan tendangan bebas dari Gareth Bale, namun justru membuat bola bersarang di gawang sendiri. Meski hanya menang tipis, hasil tersebut sudah cukup untuk membawa Wales ke Piala Dunia 2022.

Kapten timnas Wales, Gareth Bale sangat senang karena bisa membawa negaranya kembali tampil di Piala Dunia.

"Ini adalah hasil terbesar dalam sejarah untuk sepak bola Wales. Hal ini berarti segalanya. Sebuah impian yang dibuat. Saya tidak bisa berkata-kata karena saya sangat bahagia," ungkap Gareth Bale seperti dikutip dari situs resmi FIFA

"Saya tidak bisa berkata-kata. Kami sangat senang. Kami melakukannya untuk semua penggemar kami yang luar biasa dan kata-kata tidak dapat menggambarkan bagaimana perasaan saya saat ini,” ujarnya lagi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain Kunci

Diketahui Wales tergabung di Grup B Piala Dunia 2022 bersama Inggris, Amerika Selatan, dan Iran serta harus bersaing demi lolos ke babak 16 besar ajang empat tahunan tersebut.

Walaupun Wales bukan tim yang diunggulkan, namun pada gelaran Piala Dunia 2022 ini, The Dragons memiliki pemain-pemain yang bisa merepotkan kontestan lain sehingga pelatih Wales, Robert Page telah mempersiapkan pemain pilarnya agar anak asuhnya bisa melangkah lebih jauh di ajang terakbar empat tahunan.

1. Gareth Bale, merupakan sosok tak tergantikan di timnas Wales sebab ia merupakan penyerang andalan telah menorehkan 39 gol dan 14 assist dari 106 pertandingan selama membela timnas sekaligus menjadikan kapten Wales.

2. Ben Davies, Bersama Timnas Wales, Ben Davies adalah sosok pilar utama yang sudah mencatatkan 73 pertandingan serta satu gol di semua ajang internasional. 

3. Aaron Ramsey, Moncer bersama Arsenal, Aaron Ramsey juga sempat menjadi pilar utama raksasa Italia, Juventus, dalam beberapa musim, sebelum memutuskan hengkang ke OGC Nice pada musim 2022/2023 ini. Dilansir dari Transfermarkt, Aaron Ramsey sudah mencatatkan 74 penampilan dan melesatkan 20 gol dari semua ajang internasional sehingga kehadirannnya di lini tengah tim Wales tentunya mampu menjadi metronom pengatur serangan The Dragons di Piala Dunia 2022 nanti.

 

3 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales

Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Grup D: Prancis, Australia, Denmark, Tunisia

Grup E: Spanyol, Kosta Rika, Jerman, Jepang

Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia

Grup G: Brazil, Serbia, Swiss, Kamerun

Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan

4 dari 4 halaman

Jadwal Wales

Selasa, 22 November 2022

02.00 WIB: Wales vs Amerika Serikat di Al Rayyan Stadium

Jumat, 25 November 2022

17.00 WIB: Wales vs Iran di Al Rayyan Stadium

Rabu, 30 November 2022

02.00 WIB: Wales vs Inggris di Al Rayyan Stadium

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.