Sukses

IBl 3x3 Digelar Lagi, Pemenang Dikirim ke World Tour di Hong Kong

Basket 3x3 akan kembali digelar IBL pada awal September ini. Pemenang kelas elite akan dikirim ke World Tour di Hong Kong.

Liputan6.com, Jakarta- Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi virus corona Covid-19, IBL kembali menggelar kompetisi bola 3x3. Kali ini pertandingan akan dilangsungkan di lima kota dan pemenang kategori kategori elite mendapat hadiah istimewa.

IBL Gojek 3x3 Tournament 2022 akan dimulai 3 September 2022. Seri pertama berlansung di Bali, tepatnya di Discovery Ball, Kuta. Seri pertama berlangsung dua hari Sabtu dan Minggu.

"Alhamdulillah setelah vakum dua tahun kami bisa menyelenggarakan IBL 3x3 lagi," ujar Direktur IBL Junas Miradiarsyah dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (2/9/2022).

Turnamen IBL 3x3 ini menggelar beberapa kategori. Di kelompok elite, pesertanya merupakan klub-klub IBL. Kemudian juga ada kategori KU-18 Putra untuk pemain maksimal berusia 18 tahun atau kelahiran 2004, serta Open Men dan Open Women yang dilangsungkan terbuka dengan pemain berusia sekurang-kurangnya 18 tahun atau kelahiran 2004.

Setelah selesai di Bali, turnamen basket 3x3 IBL 2022 akan pindah ke empat kota di Pualau Jawa. Pertandingan akan berlangsung beruntun setiap akhir pekan.

Seri kedua berlangsung di Sleman City, Yogyakarta pada 10-11 September. Berlanjut ke seri tiga Surabaya di Supermall Pakuwon City pada 17-18 September. Setelahnya ada Seri Bogor pada 24-25 September dengan lokasi yang masih belum ditentukan. IBL 3x3 2022 akan ditutup dengan babak play-off di Bintaro Xchange Mall, Tangerang Selatan, pada 1-2 Oktober.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hong Kong

IBL langsung gaspol menggelar turnamen 3x3 hanya berselang seminggu setelah kompetsi basket konvesional selesai dimana Satria Muda Pertamina menjadi juara usai mengalahkan Pelita Jaya di final yang berlangsung di Bandung.

"Kami ingin setiap selesai musim IBL ini enggak boleh berhenti kegiatan, entah kompetisi seperti ini, atau ada rookie combine juga. Supaya secara kalender tetap panjang dan padat bagi semua tim," tutur Junas.

Setelah vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19, IBL 3x3 diharapkan menghadirkan persaingan sengit dan seru. Pasalnya hadiah utama di kelompok elite begitu istimewa. Pemenang akan ikut 3x3 World Tour di Hong Kong pada November mendatang.

3 dari 3 halaman

Pemain

"Pemenang berhak mengikuti 3x3 World Tour di Hong Kong. Semua biaya untuk bertanding disana akan ditanggung oleh IBL," imbuh Junas.

Sebelum terhenti karena Covid-19, turnamen IBL 3x3 terakhir kali dijuarai oleh Satria Muda. Pemain SM Anthony Erga bertekad membawa timnya mempertahankan gelar sekaligus mengawinkan dengan trofi IBL 2022.

"Kami sangat menghargai adanya turnamen 3x3 ini. Jadi IBL tetap menjaga hype dari setelah kompetisi basket konvesional kemarin, langsung ke 3x3. Ini juga bukan event sembarangan karena yang menang nanti bisa main di 3x3 Hong Kong," kata Erga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.