Sukses

Hasil Japan Open 2022: Kalah Dramatis dari Unggulan Tiongkok, Apri/Fadia Gagal ke Semifinal

Ganda putri bulu tangkis Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti gagal melaju ke semifinal Japan Open 2022 usai takluk dari unggulan Tiongkok Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan rubber game 26–24, 16–21, dan 14–21 dalam pertarungan fase delapan besar di Maruzen Intec Arena, Osaka, pada Jumat (2/9/2022).

Liputan6.com, Jakarta Ganda putri bulu tangkis Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti gagal melaju ke semifinal Japan Open 2022. Mereka takluk dari unggulan Tiongkok Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan rubber game 26–24, 16–21, dan 14–21 dalam pertarungan fase delapan besar di Maruzen Intec Arena, Osaka, pada Jumat (2/9/2022).

Laga sengit tersaji sejak awal game pertama. Kedua pasangan saling jual beli serangan. Chen/Jia mampu membuat wakil Tanah Air tertinggal lebih dulu dengan 1–4 lewat kesalahan-kesalahan sendiri yang dilakukan Apri/Fadia.

Ganda putri Tanah Air mencoba bangkit. Mereka memanfaatkan sambaran-sambaran keras yang menjadi senjata andalan Fadia di depan net. Pasangan Indonesia sukses menyamakan kedudukan dan berbalik unggul 8–7.

Apri/Fadia dan Chen/Jia terlibat drama kejaran-kejaran skor jelang interval. Flick serve dari kubu Tiongkok mampu mengecoh penggawa Merah Putih sekaligus membuat kedudukan menjadi imbang 10–10.

Duo peraih emas SEA Games 2021 balas mengambil satu angka tambahan. Apri/Fadia pun unggul tipis 11–10 saat jeda. Ganda putri Indonesia berupaya menjauhkan selisih jarak pasca interval lewat raihan dua poin beruntun.

Namun, Chen/Jia yang tak ingin tinggal diam terus menempel perolehan skor pasangan Tanah Air. Smash-smash keras pun kerap dilancarkan demi mutus tren positif yang tengah berada di pihak Apri/Fadia.

Memasuki poin-poin kritis, wakil Indonesia unggul tiga angka dengan 19–16. Sayangnya, selisih tersebut belum cukup untuk mematikan langkah duo Negeri Tirai Bambu. Chen/Jia sanggup mengoleksi empat angka beruntun, sehingga balik memimpin 19–20.

Apri/Fadia segera memaksa terjadinya deuce dan merebut game point opportunity di kedudukan 21–20. Defense apik diperlihatkan Apriyani kala mengantisipasi serangan Chen/Jia. Akan tetapi, wakil Tiongkok kembali menyamakan skor 21–21.

Setting masih terjadi hingga 24–24. Kedua pasangan sama-sama kekeh mencuri kemenangan di game pertama. Apri/Fadia lagi-lagi mendapat peluang untuk menuntskan perlawanan setelah keduanya unggul 25–24. Game pertama akhirnya berhasil dimenangkan pasangan Indonesia dengan skor akhir 26–24.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Game Kedua

Apri/Fadia tertinggal 1–3 di awal game kedua. Unforced errors banyak mewarnai langkah wakil Tanah Air di permulaan set. Kondisi itu tak pelak memberi keuntungan bagi Chen/Jia.

Perolehan poin juara Singapore Open 2022 terpaut makin jauh jelang interval. Apri/Fadia berada di posisi minor enam angka dengan 3–9. Sebaliknya, kubu Tiongkok makin nyaman melancarkan serangan.

Pasangan Indonesia mencoba memangkas selisih jarak dengan meraih tambahan tiga poin beruntun. Namun, dropshot menyilang Fadia yang melebar membuat pasangan dari Negeri Tirai Bambu masih memimpin 11–7 saat jeda.

Dominasi Chen/Jia kian sulit dipatahkan pasca interval. Wakil Merah Putih dibuat tertinggal lima angka dalam kedudukan 9–14. Duo Tiongkok pandai bermain dalam rally-rally panjang. Jia Yi Fan lantas menutupnya dengan melakukan placing yang mengecoh Apri/Fadia.

Indonesia masih terpaut lima angka mendekati poin-poin kritis. Ganda putri Tanah Air mencoba mengikis ketertinggalan dengan meraih empat angka beruntun, sehingga kedua pasangan hanya berselisih tipis 16–17 untuk keunggulan Chen/Jia.

Sayang, tren tersebut mampu segera diputus oleh wakil dari Negeri Tirai Bambu. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan sanggup mengakhiri perlawanan Apri/Fadia di game kedua lewat keunggulan solid 21–16.

3 dari 5 halaman

Game Penentu

Pertarungan ketat masih berlanjut di game penentu. Apri/Fadia sempat memimpin tiga angka di kedudukan 6–3. Namun, serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Chen/Jia mengantar wakil Indonesia balik tertinggal dengan 6–7.

Apri/Fadia mencoba menyamakan perolehan angka. Sayangnya, wakil Tiongkok tampil lebih solid pasca kedudukan 8–8. Mereka mampu memaksa wakil Indonesia tertinggal dua poin dengan 9–11 di interval set ketiga.

Chen/Jia tampil makin agresif selepas jeda. Pasangan Tiongkok unggul kian jauh setelah berhasil memanfaatkan celah dan bola-bola tanggung yang dikirimkan wakil Indonesia.

Ganda putri Tanah Air berada di posisi tertekan. Apri/Fadia kesulitan mengejar raihan poin duo asal Negeri Tirai Bambu. Alhasil, game ketiga kembali gagal diamankan oleh wakil Indonesia. Apri/Fadia takluk dengan 14–21.

4 dari 5 halaman

Wakil Lain

Selain Apri/Fadia, Indonesia masih memiliki satu wakil dari nomor ganda putri yang akan berlaga memperebutkan tiket menuju semifinal. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi bakal ditantang wakil Korea Selatan Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong.

Sekadar informasi, tempat di babak perempat final sebelumnya diraih Ana/Tiwi usai mengalahkan pasangan Denmark Maiken Fruergaard/Sara Thygesen. Sempat tertinggal di game kedua, wakil Indonesia mampu menuntaskan laga dengan straight game 21–9, 22–20.

Skenario berbeda dilalui oleh Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong. Keduanya harus melakoni drama sengit rubber game, 21–13, 19–21, 21–7, dengan duo Thailand Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul sebelum melangkah ke fase delapan besar.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Jumat, 2 September 2022

Lapangan 1

Pertandingan 2: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)

Lapangan 2

Pertandingan 4: Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Jeong Na-eun/Kim Hye-Jeong (Korea Selatan)

Pertandingan 6: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Kenta Nishimoto (Jepang)

Lapangan 3

Pertandingan 3: Gregoria Mariska Tunjung vs Chen Yu Fei (China)

Pertandingan 6: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Liang Wei Keng/Wang Chan (China)

Ket: Pertandingan pertama dimulai pukul 08.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.