Sukses

Sempat Bingung dengan Drawing Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Bertekad Bawa Timnas Indonesia Juara

Hasil drawing Piala AFF 2022 menempatkan timnas Indonesia di grup A bersama juara bertahan Thailand.

Liputan6.com, Jakarta Hasil drawing Piala AFF 2022 menempatkan timnas Indonesia di grup A bersama juara bertahan Thailand. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan optimistis Tim Merah Putih mampu melewat rintangan ini dan meraih hasil terbaik. 

Selain Thailand, grup A juga dihuni oleh Filipina, Kamboja, dan pemenang kualifikasi Piala AFF 2022 antara Brunei Darussalam dan Timor Leste. Sementara grup B terdiri dari Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos. 

Piala AFF untuk kali pertama menjalin kerja sama dengan Mitsubishi Electric sebagai sponsor setelah sebelumnya berkolaborasi dengan Suzuki. Untuk itu nama resmi ajang ini adalah AFF Mitsubishi Electric 2022.

"Kekuatan semua negara-negara di Asia Tenggara saat ini hampir mengalami perkembangan. Kita satu grup dengan juara bertahan Thailand, tentu harus membalas kekalahan saat final AFF 2020 lalu dan jangan meremehkan kekuatan negara-negara lain yang di grup A," kata Iriawan seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

"Saya berharap pelatih Shin Tae-yong sudah mulai memantau pemain-pemain terbaik yang ada dikompetisi Liga 1 dan kompetisi yang ada di luar negeri. Ajang Piala AFF 2022 bisa dijadikan persiapan untuk menghadapi Piala Asia 2023 mendatang," tambahnya.

Pelatih Shin Tae-yong sendiri menyambut baik hasil drawing Piala AFF 2022. Ia juga tak masalah sistem kompetisi saat ini yang berubah menjadi dua  home dan dua away di babak penyisihan serta semifinal dan final home away.

"Awalnya saya bingung kenapa Indonesia berada di POT ketiga pada drawing ini, namun setelah dijelaskan bahwa penilaiannya dari dua event AFF sebelumnya jadi baru paham," kata Shin Tae Yong. 

"Saya akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik serta maksimal agar meraih juara Piala AFF 2022."   

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lawan Terberat

Shin menambahkan bahwa Thailand adalah lawan terberat di grup A. Apalagi mereka menyandang status juara bertahan Piala AFF. "Thailand tentu menjadi lawan paling kuat di grup," kata pelatih asal Korea Selatan itu. 

"Meski begitu kami juga tetap waspadai semua lawan kita. Untuk pemilihan pemain saya akan memilih pemain terbaik kondisinya dan tentu ada pemain naturalisasi," beber Shin Tae Yong menambahkan. 

Para pemain naturalisasi yang dimaksud adalah  Sandy Wals, Jordy Amat, dan Shayne Pattiname. Dua nama pertama baru saja mendapat lampu hijau dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Kami berharap ketiganya dapat segera bergabung bersama Timnas Indonesia," kata pria berusia 52 tahun tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Pembagian Grup

Piala AFF 2022 rencananya akan dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023. Pada edisi Piala 2020 sebelumnya, Indonesia tampil sebagai runner up setelah kalah agregat 2-6 atas Thailand di babak final

Grup A

Thailand

Filipina

Indonesia

KambojaBrunei/Timor Leste

 

Grup B

Vietnam

Malaysia

Singapura

Myanmar

Laos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.