Sukses

Hasil Japan Open 2022: Bungkam Wakil Kanada, Apri/Fadia Melenggang ke 16 Besar

Ganda putri bulu tangkis Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sukses melenggang ke babak 16 besar Japan Open 2022 usai menekuk wakil Kanada Catherine Choi/Josephine Wu dengan straight game 21–15, 21–15 pada Selasa (30/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta Ganda putri bulu tangkis Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sukses melenggang ke babak 16 besar Japan Open 2022.

Kepastian ini diraih usai Apri/Fadia menekuk wakil Kanada Catherine Choi/Josephine Wu dengan straight game 21–15, 21–15 dalam pertandingan ronde pertama yang berlangsung di Maruzen Intec Arena, Osaka, pada Selasa (30/8/2022) pukul 08.00 WIB.

Ganda putri peraih medali emas SEA Games 2021 ini sejatinya tak turun sebagai pasangan di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Fadia kala itu tampil bersama rekan lamanya Ribka Sugiarto dan terhenti di babak 32 besar.

Kendati sempat terpisah, Apri/Fadia tetap mampu menunjukkan permainan solid sejak awal game pertama. Pasangan ini melesat dengan 9–4, sebelum menutup interval set pembuka lewat keunggulan 11–7.

Wakil Tanah Air makin gemilang pasca jeda. Apri/Fadia sukses meraih tambahan tiga poin beruntun yang mengantar keduanya memimpin tujuh angka di kedudukan 16–9.

Tak butuh waktu lama bagi pasangan Indonesia untuk menuntaskan perlawanan di game pembuka. Apri/Fadia akhirnya mencuri kemenangan setelah unggul 21–15.

Dominasi penggawa Merah Putih masih sulit dipatahkan di game kedua. Mereka memimpin perolehan angka dengan 4–0 di permulaan set. Ganda putri Kanada berupaya mengejar ketertinggalan. Keduanya sanggup menyamakan skor di kedudukan 7–7.

Apri/Fadia segera bangkit dan memberi perlawanan. Srikandi Tanah Air melaju dengan 11–8 di interval game kedua. Choi/Wu tak mampu berbuat banyak selepas jeda. Kemenangan pun kembali berpihak pada wakil Indonesia lewat keunggulan 21–15.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan

Apriyani Rahayu mengeklaim tak ada persiapan khusus yang ia lakukan jelang menghadapi turnamen Japan Open 2022. Walau begitu, pemain ganda putri yang pernah meraih emas Olimpiade Tokyo 2020 itu mengaku masih perlu beradaptasi dengan lapangan.

“Persiapan sama saja dengan turnamen-turnamen sebelumnya. Di sini walau tempatnya berbeda, tapi masih di Jepang jadi mungkin Fadia sudah lebih tahu kondisi lapangan dan bolanya,” papar Apri usai menjajal lapangan pertandingan Japan Open 2022, Senin (29/8) sore, seperti dikutip dari rilis PBSI.

“Saya masih harus adaptasi. Jadi saya nanti akan banyak tanya ke Fadia. Saya sebelum ke sini juga latihan di Jakarta, jadi tadi latihan pertama dan terakhir sebelum bertanding besok. Harus sudah harus siap dan fokus,” tambah Apri, yang bersama Fadia menjadi juara Malaysia Open dan Singapore Open 2022.

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan

Lapangan 1

Pertandingan 1: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Catherine Choi/Josephine Wu (Kanada)

Lapangan 2

Pertandingan 5: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Man Wei Chong/Kai Wun Tee (Malaysia)

Pertandingan 8: Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia)

Lapangan 3

Pertandingan 9: Gregoria Mariska Tunjung vs Yvonne Li

Lapangan 4

Pertandingan 3: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (Malaysia)

 

Ket. Pertandingan pertama dimulai pukul 10:00 waktu setempat atau 08:00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.