Sukses

Hasil Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022: Kalah dari Wakil Malaysia, The Daddies Gagal Pertahankan Gelar

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan gagal menambah panjang daftar raihan medali emas mereka di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Pasangan berjuluk The Daddies itu takluk lewat dua game 19-21 dan 14-21 di babak final yang berlangsung pada Minggu (28/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra bulu tangkis Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan gagal mempertahankan gelarnya di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022.

Mereka takluk dari pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik lewat dua game langsung 19–21 dan 14–21 dalam laga final yang berlangsung di Tokyo Metropolitano Gymnasium pada Minggu (28/8/2022) pukul 13.00 WIB.

Ahsan/Hendra sejatinya tampil dominan sejak awal game pertama. Pasangan berjuluk The Daddies itu mampu unggul dengan 4–1 di permulaan set.

Aaron/Soh berupaya mengikis ketertinggalan. Unforced errors dari kubu Indonesia kian memberi keuntungan bagi pasangan dari Negeri Jiran. Aaron/Soh mampu menyamakan skor di kedudukan 6–6.

Tak ingin balik tertinggal, The Daddies bangkit dengan mengoleksi empat angkat beruntun. Ganda putra yang berstatus sebagai unggulan ketiga dalam turnamen masih solid memimpin dengan 11–7 di interval.

Dominasi pasangan Indonesia terus berlanjut selepas jeda. Meski sempat nyaris terkejar, Ahsan/Hendra melesat dengan 18–12 di poin-poin kritis.

Sayang Aaron/Soh mendadak moncer di pengujung game pertama. Keduanya mampu mengunci perolehan poin The Daddies di angka 19. Ahsan/Hendra pun dipaksa menyerah dengan skor tipis 19–21.

Ganda putra asal Negeri Jiran kian percaya diri memasuki awal game kedua. Berbekal kemenangan dramatis di set sebelumnya, Aaron/Soh mengajak pasangan senior Tanah Air terlibat dalam drama kejar-kejaran skor.

Ahsan/Hendra masih tertinggal jelang interval. Mereka berselisih dua poin dari wakil Malaysia di kedudukan 9–11. The Daddies berusaha memangkas selisih jarak pasca jeda. Namun, keduanya masih belum mampu mengimbangi perlawanan Aaron/Soh.

Kesalahan sendiri yang dilakukan Ahsan/Hendra membuat wakil Indonesia tertinggal makin jauh di kedudukan 14–19. Sebaliknya, duo Negeri Jiran makin aktif melancarkan serangan.

Game kedua pun kembali menjadi milik Aaron Chia/Soh Wooi Yik. The Daddies tumbang dengan 14–21 dari wakil Malaysia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekalahan Perdana

Hasil minor di laga kontra Aaron Chia/Soh Wooi Yik menjadi kekalahan perdana bagi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis.

Seperti diketahui, The Daddies sebelumnya tak pernah mengecap kekalahan sepanjang keikutsertaan mereka di BWF World Championships.

Ganda putra yang pernah menempati peringkat satu dunia itu selalu meraih emas dalam edisi 2013, 2015, dan 2019. Namun, dominasi mereka akhirnya dipatahkan oleh ganda putra Malaysia yang kini menghuni peringkat enam dunia.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Ahsan/Hendra di Kejuaraan Dunia 2022

Babak 64 besar: bye

Babak 32 besar: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Lucas Corvee/Ronal Labar (Prancis) 21-15, 21-16

Babak 16 besar: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Mark Lamsfuss/Marvin Seidel (Jerman) 21-18, 23-21

Perempat final: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs M.R. Arjun/Dhruv Kapila (India) 21-8, 21-14

Semifinal: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) 23-21, 12-21, 21-16

Final: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) 19–21, 14–21

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Pertandingan 1: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

Pertandingan 2: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) vs Kim So-yeong/Kong Hee-yong (Korea Selatan)

Pertandingan 3: Viktor Axelsen (Denmark) vs Kunlavut Vitidsarn (Thailand)

Pertandingan 4: Akane Yamaguchi (Jepang) vs Chen Yu Fei (China)

Pertandingan 5: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.