Chelsea Resmi Boyong Wesley Fofana dari Leicester City

Oleh Muhammad Farhan pada 28 Agu 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 28 Agu 2022, 11:30 WIB
Foto: Deretan Pemain yang Bisa Menggantikan Antonio Rudiger di Chelsea
Perbesar
Pemain muda Prancis, Wesley Fofana telah muncul sebagai salah satu bek muda terbaik di Liga Inggris sejak pindah ke Leicester City dari Saint-Etienne. Pemain berusia 21 tahun itu tampil mengesankan untuk The Foxes dan memainkan peran kunci dalam kemenangan Piala FA musim lalu. Bek muda itu dilaporkan telah masuk radar Chelsea untuk sementara waktu. Klub dilaporkan telah bersedia mengajukan tawaran untuknya bahkan saat dia absen karena cedera. (AFP/Lindsey Parnaby)

Liputan6.com, Jakarta Chelsea resmi mencapai kesepakatan dengan Leicester City dengan mahar transfer sekitar 75 pounds untuk Wesley Fofana.

Seperti diketahui, klub asal London tersebut membutuhkan bek baru untuk mengisi posisi kekosongan yang ditinggalkan Andreas Christensen dan Antonio Rudiger yang sudah hengkang ke Liga Spanyol. 

Bek Leicester City tersebut memang sudah menjadi target prioritas bagi The Blues untuk musim panas 2022/2023. Namun, transfer cukup sulit terelasikan karena The Foxes menolak tawaran ketiga dari Chelsea tersebut. Laporan ini dilansir dari The Telegraph, Selasa (23/08/2022), tawaran ketiga Chelsea yang ditolak Leicester City bernilai 70 juta pounds (Rp 1,2 Triliun). 

Dilansir dari ESPN, Chelsea mendekati penandatanganan Wesley Fofana setelah menyetujui biaya dengan Leicester sekitar 75 juta pounds.

Leicester sebenarnya telah menuntut harga pemain berusia 21 tahun itu biaya sebesar 80 juta pounds, sama dengan Harry Maguire ketika dia pindah ke Manchester United pada tahun 2019 dan memecahkan rekor bek termahal di dunia milik Virgil van Dijk ke Liverpool. 

Jika kesepakatan itu selesai maka Fofana akan menjadi rekrutan musim panas ketujuh Chelsea setelah Marc Cucurella, Raheem Sterling, Kalidou Koulibaly, Carney Chukwuemeka, Cesare Casadei dan Gabriel Slonina.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Sosok Fofana

Leicester Vs Fulham
Perbesar
Bek Leicester City, Wesley Fofana berebut bola dengan penyerang Fulham, Ademola Lookman pada pekan 10 Liga Inggris 2020-2021 di Stadion King Power, Selasa (1/12/2020) dini hari WIB. Leicester City takluk 1-2 dari tamunya Fulham. (Michael Regan/Pool Photo via AP)

Wesley Fofana (lahir 17 Desember 2000) adalah pemain sepak bola profesional Prancis yang bermain sebagai bek untuk klub Liga Premier Leicester City. Fofana lahir di Marseille, Bouches-du-Rhône. Ayahnya adalah orang Pantai Gading dan ibunya orang Prancis. Memulai karir di St. Etienne. Pemain berusia 21 tahun ini menjalankan debut profesional bersama Saint Etienne yang meraih kemenangan 3-0 atas OGC Nice pada 18 Mei 2019

Akhirnya Leicester City memboyong Fofana dari Klub Prancis tersebut dengan mahar tidak disebutkan, (2/10/2020) sehingga ia menandaangi kontrak panjang selama lima tahun (2025) dan menerima penghargaan pemain muda terbaik musim 2020/2021 melalui voting Fans.

Saat di datangkan dua tahun yang lalu, Fofana dipercaya oleh mantan pelatih Liverpool Brendan Rodger menjadi bek tengah utama The Foxes sebagai sosok pengganti Harry Maguire ke MU. 

Kebetulan, sang manager Thomas Tuchel sangat membutuhkan bek tengah baru guna mengatasi solusi di lini tengah The Blues. Si biru baru saja ditinggal oleh bek utama mereka Andreas Christensen dan Antonio rudiger yang hengkang ke Liga Spanyol dan baru saja merekrut Kalidou Koulibaly dari Napoli

Kehadiran bek tengah Prancis ini akan diproyeksikan oleh pelatih asal Jerman Thomas Tuchel sesuai skema tiga bek bersama Thiago Silva dan Kalidou Koulibaly. 


Bidikan Baru

Benzema Hattrick, Madrid Menang di Kandang Chelsea
Perbesar
Gelandang Chelsea, Christian Pulisic membawa bola dari kejaran gelandang Real Madrid, Casemiro pada pertandingan leg pertama perempat final leg Liga Champions di stadion Stamford Bridge di London, Kamis (7/4/2022). Madrid menang atas Chelsea 3-1. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Chelsea tak hanya ingin mendatangkan Raheem Sterling,Kalidou Koulibaly, dan Wasley Fofana. Kali ini, klub asal London tersebut ingin memboyong penyerang Barcelona Pierre Emerick Aubameyang.

Diketahui, The Blues juga sangat membutuhkan penyerang sentral untuk mempertajam lini serang, sebab mereka baru saja melepas Timo Werner secara permanen ke klub lamanya RB Leipzig dan meminjamkan Romelu Lukaku ke Inter Milan selama satu musim penuh tanpa opsi permanen.

Dilansir dari Skysports pada Rabu (24/08/2022), Barcelona setuju melepaskan Aubameyang ke Chelsea dengan nilai transfer sekitar 15 sampai 25 juta pounds (Rp 263-439 Milliar).

 


Bangkit

Chelsea Vs Leeds United
Perbesar
Chelsea babak belur di kandang Leeds United pada pekan ke-3 Liga Inggris 2022/2023. The Blues keok 0-3 di Elland Road, Minggu (21/8/2022). (AFP/Paul Ellis)

Chelsea harus menerima malu saat ditaklukan Leeds United dengan skor telak 3-0 pada pekan minggu lalu di Elland Road sehingga membuat Thomas Tuchel ngamuk karena kekalahan tersebut merupakan murni kesalahan yang dibuat oleh tim sendiri. 

"Saya pikir itu lebih baik merupakan kesalahan kita daripada harus memberikan pujian orang lain," Ujar Thomas Tuchel yang dilansir dari Football London

Pertandingan selanjutnya The Blues akan menjamu lawannya Leicester City di hadapan fans sendiri Stamford Brigde, Sabtu (27/08/2022). Match ini akan menjadi ajang kebangkitan The Blues untuk meraih kemenangan dan point penuh atas The Foxes sehingga dapat mendongkrak naik posisi mereka di klasemen sementara Liga Inggris. 

Namun Fofana absen dari pertandingan Sabtu malam ini saat bertandang ke markan Stamford Bridge. Hal ini sudah dikonfirmasikan melalui sang manajer Leicester Brendan Rodgers yang menyarankan bek tengah 21 tahun itu tidak dalam kondisi pikiran yang benar untuk bermain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya