Sukses

Hasil Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022: Diadang Unggulan Pertama, Langkah Anthony Ginting Terhenti di 8 Besar

Anthony Sinisuka Ginting harus mengakui keunggulan wakil Denmark Viktor Axelsen di babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Tunggal putra andalan Indonesia ini takluk dua game langsung dengan 10-21, 10-21 dalam laga yang berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, Jumat (26/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putra andalan Indonesia Anthony Sinisuka Ginting gagal merebut tiket ke babak semifinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022.

Kepastian ini diperoleh usai Ginting takluk dari unggulan pertama asal Denmark, Viktor Axelsen, dengan straight game 10–21, 10–21 dalam pertandingan fase delapan besar yang dihelat Jumat (26/8/2022).

Berlaga di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, Ginting mengawali pertarungan dengan unforced errors. Ia tertinggal empat angka dengan 0–4 pada permulaan set pertama.

Perolehan poin Viktor Axelsen makin jauh. Kesalahan sendiri yang dilakukan kubu Indonesia kian membuahkan keuntungan bagi wakil Denmark.

Ginting coba memberi perlawanan. Tunggal putra peringkat enam dunia mulai melancarkan pukulan bervariasi, mulai dari smash hingga dropshot yang mengecoh lawan. Sayang Axelsen terlampau tangguh. Ia masih unggul 11–5 di interval game pembuka.

Penggawa Indonesia kian berusaha mengikis ketertinggalan pasca jeda. Namun, serangan demi serangan yang dilepas Viktor Axelsen gagal diantisipasi dengan baik. Ginting terkunci di angka 5, sementara lawannya terus melaju dengan 15 poin.

Wakil Merah Putih sempat mengoleksi tiga angka beruntun. Akan tetapi, tren itu terputus usai pengembaliannya gagal melampaui net. Axelsen kian dominan. Ginting pun dipaksa takluk dengan 10–21 di game pertama.

Dominasi unggulan Denmark masih sulit dipatahkan di set kedua. Kenadati demikian, Ginting terus berupaya mengikis selisih jarak. Ia akhirnya mampu menyamakan skor dan berbalik unggul di kedudukan 7–6.

Sayang momen apik tersebut diputus oleh unforced errors. Serangan Ginting melebar ke sisi kiri bidang permainan Axelsen. Setelahnya, wakil Denmark balik memegang kendali. Ia membuat Ginting tertinggal dengan 7–11 di jeda set kedua.

Tunggal putra Indonesia lagi-lagi tak bergerak selepas interval. Viktor Axelsen dibiarkan mencuri tujuh poin beruntun sehingga kedudukan berubah menjadi 7–18.

Tak butuh waktu lama bagi Axelsen untuk menyudahi perlawanan penggawa Tanah Air. Ginting hanya diberi kesempatan menambah tiga angka lagi, sebelum laga berakhir dengan 10–21 untuk keunggulan wakil Denmark.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wakil Lain

Indonesia menempatkan total empat wakilnya di babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Dua berasal dari sektor ganda putra, sedangkan dua lainnya bermain di nomor tunggal putra.

Sebelumnya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses merebut tiket ke babak semifinal. Fajar/Rian melenggang ke empat besar usai menaklukkan Ben Lane/Sean Vendy asal Inggris dengan straight game 21-11 dan 21-16.

Hasil serupa juga diraih Ahsan/Hendra kala menghadapi wakil India M.R. Arjun/Dhruv Kapila. The Daddies tampil solid dan mengakhiri permainan lewat keunggulan 21–8 dan 21–14 hanya dalam durasi 29 menit.

Sayangnya, langkah Jonatan Christie harus terhenti di babak perempat final. Ia takluk dramatis dari unggulan keempat asal China Taipei Chou Tien Chen lewat pertarungan panjang rubber game, 21–14, 11–21, dan 20–22.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan Hari ke-5

Lapangan 1:

Pertandingan 2: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs M. R. Arjun/Dhruv Kapila (India); 21–8, 21–14

Pertandingan 7: Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen (Denmark); 10–21, 10–21

 

Lapangan 2:

Pertandingan 1: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ben Lane/Sean Vendy (Inggris); 21–11, 21–16

Pertandingan 5: Jonatan Christie vs Chou Tien Chen (China Taipei); 21–14, 11–21, 20–22

 

Ket: Pertandingan pertama dimulai pukul 08.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.