Kemenpora Gelar Pemilihan Pemuda Pelopor 2022

Oleh Thomas pada 24 Agu 2022, 05:25 WIB
Diperbarui 24 Agu 2022, 08:58 WIB
Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Ni’am Sholeh
Perbesar
Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Ni’am Sholeh

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemuda mengapresiasi peran kepeloporan pemuda dalam olahraga maupuna berbagai bidang lain. Kemenpora pun mengadakan ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2022.

Pemilihan ini merupakan bagian dari upaya Kemenpora mendorong munculnya pemuda yang memiliki jiwa kepeloporan. Pemuda yang terpilih merupakan pemuda yang menunjukkan semangat dalam mengembangkan potensi diri, merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan serta memberikan jalan keluar atas pelbagai masalah.

Pemuda pelopor dilandasi sikap dan jiwa kesukarelawanan, tanggung jawab dan kepedulian untuk menciptakan sesuatu dan/atau mengubah gagasan pemikiran, tindakan dan perilaku menjadi suatu karya nyata yang berkualitas dan dilaksanakan secara konsisten dan gigih yang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

“Bukti komitmen hadirnya Kemenpora membangun pemuda yang berkapasitas, berkarakter,dan berdaya saing diwujudkan dengan memberikan penghargaan terhadap pemuda yang telah menunjukkan kepeloporannya dalam bermacam ruang pengabdian,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Asrorun Nia’m Sholeh dalam keterangan tertulis, Selasa (23/8/2022).

Pemuda adalah salah satu modal utama kemajuan bangsa pada masa yang akan datang. Tantangan pemuda pun semakin kompleks seiring perkembangan era digital dan tantangan pasca pandemi Covid-19. Indonesia juga harus memanfaatkan bonus demografi yang salah satunya dengan meningkatkan kepeloporan pemuda berbasis isu-isu strategis dan sumber daya lokal.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Ajang Tahunan

Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional merupakan ajang tahunan yang digelar Kemenpora RI yang puncaknya akan dilakukan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022. Pemilihan ini menjaring pemuda dari seluruh Indonesia, yang tahapan penjurian dan seleksinya dilakukan secara berjenjang dimulai dari tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi hingga ke tingkat Nasional.

Pemilihan Pemuda Pelopor Tahun 2022 dilakukan dengan melibatkan sebanyak mungkin partisipan pemuda. Mengusung tema “Wujudkan kemandirian pemuda melalui Kepeloporan Pemuda”, kegiatan ini salah satunya bertujuan menggelorakan semangat kepeloporan di kalangan pemuda.

"Lingkup dan jenis kepeloporan pun diperluas dengan harapan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas kepada pemuda dan memberikan penghargaan bagi mereka yang layak menyandang predikat sebagai pemuda pelopor, “ jelas Mustadin Taggala Plt. Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda.


15 September 2022

Menurut Mustadin, finalisasi pemenang pemuda pelopor akan rampung sekitar 15 September 2022 dan akan diberikan penghargaan di puncak hari sumpah pemuda 2022.

Pemuda pelopor terpilih merupakan pemuda yang memiliki karya nyata berkualitas di bidang kepeloporannya didasarkan pada kecerdasan, kreatif, kepribadian, jiwa kegotongroyongan dan kemandirian.

Dalam gelaran tahun 2022, Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional mencakup 5 (lima) bidang kepeloporan pemuda yaitu: Pendidikan; Agama, Sosial, dan Budaya; Pengelolaan Sumber daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata; Pangan; Dan Inovasi Teknologi. Akan terpilih 15 pemuda pelopor yang terdiri dari masing-masing 3 pemenang dari 5 kategori yang ada.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya