Sukses

Indonesia Para Badminton International 2022: 69 Atlet dari 10 Negara Berburu Gelar Juara

Sebagai tuan rumah, Indonesia menargetkan menjadi juara umum pada FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 yang berlangsung di GOR Among Rogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 23-27 Agustus.

Liputan6.com, Yogyakarta - FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 resmi bergulir di GOR Among Rogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (23/8). Sebanyak 69 atlet dari 10 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, Selandia Baru, India, Ajerbaizan, Peru, dan Polandia unjuk kemampuan dalam turnamen yang diselenggarakan selama lima hari hingga hingga 27 Agustus.

Pertarungan sengit sudah tersaji pada laga pembuka yang mempertemukan dua tunggal putra India klasifikasi SL 3, Dinesh Rajaiah dan Prakash Stephen. Meski rekan senegara, dua atlet para bulu tangkis ini saling jual beli serangan dalam drama tiga gim yang dimenangkan Dinesh 21-16, 18-21, dan 21-15.

"Ini pertandingan perdana saya di Indonesia dan juga pertandingan pertama pada turnamen ini. Jadi, rasanya campur aduk antara bangga sekaligus grogi. Bangga karena nama saya dipanggil pertama kali saat turnamen ini dibuka. Namun, saya juga merasa grogi sebelum memasuki arena pertandingan," kata Dinesh usai pertandingan.

Kiprah India patut diwaspadai sebagai saingan terberat Indonesia dalam gelaran FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022. Ini mengingat India menerjunkan 21 atlet yang tersebar di berbagai klasifikasi. Sementara, tuan rumah Indonesia diperkuat 25 atlet atau sama jumlah pemain yang mengisi skuat Merah Putih pada ajang ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo, belum lama ini.

"Sama seperti di APG kemarin, target kami di FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 juga menjadi juara umum," ucap Ketua Panitia Pelaksana FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 yang juga Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia. Rima Ferdianto.

"Saya rasa India menjadi negara yang juga diperhitungkan menjadi juara, karena mereka menerjunkan atlet yang cukup banyak dalam kejuaraan ini. Lalu, dalam turnamen ini ada ranking points dan participation points yang diperebutkan oleh para atlet guna mendapatkan kesempatan kualifikasi di Paralimpiade Paris 2024 nanti," imbuhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atlet Indonesia

Demi mengamankan target juara umum, sejak hari pertama skuat Merah Putih bertanding dengan gigih. Di beberapa pertandingan, pemain Indonesia menuai kemenangan saat bertemu dengan atlet India.

Pada nomor tunggal putra SL 3, Dwiyoko, wakil tuan rumah menang dua gim langsung 21-6 dan 21-13 atas Anubhav Sagar Tewatia dari India.

Kemenangan telak juga diraih Agung Wibowo. Atlet Indonesia pada sektor tunggal putra klasifikasi WH 1 (kursi roda), yang menang atas wakil India Neeraj Kumar Sreenivasan dua gim langsung, 21-7 dan 21-6.

Agung mengatakan kemenangan di partai pembuka ini tak lepas dari kesuksesannya meraih medali perak pada ASEAN Para Games 2022. "Setelah perak di Solo (APG 2022), saya harus siap menghadapi siapa pun lawannya dengan target keluar sebagai juara di Yogya ini. Peluangnya ada dan Insya Allah bisa," kata Agung, yang masih berkutat dengan cedera pinggang setelah mengikuti ajang multi-event negara-negara Asia tenggara tersebut. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Turnamen berskala internasional

Associate Brand Manager FOX'S Irene Limantara menuturkan FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 merupakan upaya menghadirkan kembali turnamen para bulu tangkis berskala internasional yang telah lama vakum di Tanah Air. Bagi atlet tuan rumah, kejuaraan yang mengusung tema #SparkleYourEnergy ini diharapkan menjadi ajang menunjukkan kilau prestasi dan mengharumkan nama bangsa di gelanggang internasional.

"Kami sangat bangga dengan terselenggaranya FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 kali ini. Setelah sekian lama, akhirnya Indonesia kembali menjadi tuan rumah," kata Irene.

"Kami berharap dengan adanya turnamen ini bisa menjadi ajang bagi para atlet bulu tangkis untuk mengasah kemampuan dan potensi diri. Kami juga berharap nilai semangat juang dan pantang menyerah para atlet dapat memotivasi para generasi muda untuk memancarkan kilau semangat dalam menghadapi rintangan dan tantangan sehari-hari," lanjutnya.

Tak hanya mengusung semangat melahirkan prestasi di atas lapangan, FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 juga mengusung konsep sportainment yang ditunjukkan dalam opening ceremony. Sebanyak 13 penari dari komunitas seni Nalitari yang terdiri pelaku seni difabel dan non-difabel ini menampilkan suguhan tari-tarian yang bertajuk Love from Ugene.

Kepala Koreografi Nalitari Nurul Jamilah menuturkan pertunjukkan seni ini merupakan kesempatan berharga bagi para pelaku seni difabel untuk berekspresi di muka umum. "Melalui pertunjukan seni tari yang kami tampilkan pada sesi pembuka FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022, kami ingin menggugah khalayak agar dapat memberikan ruang lebih luas, agar teman-teman difabel ini bisa berekspresi, baik dalam olahraga maupun seni," jelas Nurul.

FOX'S Indonesia Para Badminton International 2022 mempertandingkan enam klasifikasi yang terdiri dari dua kelas kursi roda yakni WH 1 dan WH 2, dan empat kelas berdiri yaitu SL 3, SL 4, SU 5 serta SH 6. Kejuaraan diselenggarakan dengan skema round-robin sehingga para pemain dalam satu grup bertemu satu sama lain dan memperebutkan tiket ke semifinal yang beralih ke fase gugur hingga babak pamungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.