Sukses

Makin Bingung, Pemotongan Gaji Para Kapten Tak Bisa Bantu Daftarkan Pemain Barcelona

Barcelona harus cari cara lain untuk mendaftarkan pemain baru di La Liga. Sergio Busquets, Gerard Pique dan Jordi Alba belum jadi dipotong gajinya.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona masih kasak kusuk untuk mencari cara daftarkan pemain baru mereka di La Liga. Saat ini, ada Jules Kounde yang belum didaftarkan karena Barca belum memenuhi prinsip Financial Fair Play.

Barcelona awalnya ingin kembali memotong gaji 3 kapten mereka Sergio Busquets, Gerard Pique dan Jordi Alba. Ini pernah dilakukan musim lalu.

Namun upaya Barcelona berujung sia-sia. Ini karena La Liga menegaskan pemotongan gaji belum bisa bantu pendaftaran pemain.

Sebelumnya, Barcelona dan para kapten sudah bertemu untuk mencari formula terbaik. Pique sudah mengambil beberapa kali potongan gaji, bahkan rela gajinya ditunggak Barcelona.

Pada dua musim sebelumnya, Pique rela gajinya sebesar 30 juta euro ditunda pembayarannya. Ini dilakukannya dengan manajemen Barca musim lalu saat dia capai kesepakatan dengan direktur sport, Mateu Alemany.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lebih Besar

 

Musim lalu, dia tak hanya rela gajinya ditunggak. Dia juga bahkan rela gajinya dipotong menjadi hanya 15 juta euro saja.

Dia juga mencopot beberapa variabel di kontraknya agar bisa membantu klub longgarkan tekanan finansial. La Liga tak bisa mengizinkan ini terulang lagi.

Hal itu bisa terjadi kalau jumlahnya lebih besar dari musim lalu. Ini sesuatu yang tak mungkin disetujui kedua belah pihak.

Ini juga terjadi kepada Sergio Busquets dan Jordi Alba. Keduanya tak bisa bantu kalau nilainya tak lebih besar dari musim lalu.

 

3 dari 6 halaman

Lebih Rumit

 

Pemotongan gaji kepada Busquets bakal lebih rumit. Karena kontraknya bakal berakhir pada 30 Juni 2023.

Maka itu, solusi yang bisa bantu Barcelona yaitu memastikan kepergian beberapa pemain seperti Memphis Depay, Martin Braithwait atau Sergino Dest. Selain itu, Barca juga bisa usahakan pemotongan gaji untuk Marc-Andre Ter Stegen atau Miralem Pjanic.

4 dari 6 halaman

Harapan

Di luar itu, Barcelona mengakhiri musim lalu dengan buruk. Barca gagal memenangkan satu gelarpun, bahkan di beberapa kompetisi tunjukkan penurunan.

Barcelona gagal di 16 besar Copa del Rey dan juga tak lolos Liga Champions musim lalu. Striker baru Barca, Robert Lewandowski yakin ini momen yang tepat untuk akhiri paceklik gelar.

Dia meyakinkan fans Barcelona kalau klub akan memenangkan trofi lagi musim ini. Lewandowski gabung Barca setelah kenyang main di Bundesliga bersama Bayern Munchen.

"Saya pikir Barcelona sudah lama tak memenangkan gelar dan saya pikir ini momen yang tepat untuk memenangkan gelar. Saya yakin kami bakal melakukan itu," katanya seperti dikutip Marca.

"Tentu, ini bakal menjadi musim yang menyenangkan buat kami. Ini juga bakal menjadi musim dimana seluruh fans Barcelona bakal bergembira."

5 dari 6 halaman

Waktu yang Tepat

Lewandowski yakin ini waktu yang tepat untuk akhiri paceklik gelar. Bahkan, dia merasakan itu saat Barca pertama kali ajukan ketertarikan kepada dirinya.

"Saat saya pertama kali mendapatkan informasi pertama kalau Barcelona tertarik untuk membawa saya, sejak awal saya tahu ini waktu yang tepat buat saya dan klub," ujarnya.

"Saya tak mau mainkan seluruh karier saya di satu liga. Saya merasa enak di Bundesliga, tapi saya tahu ini momen yang tepat untuk pindah ke La Liga dan ambil langkah berikutnya di karier saya."

6 dari 6 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.