Marco van Basten Ungkap Cara MU 'Rusak' Program Persiapan Erik Ten Hag

Oleh Marco Tampubolon pada 18 Agu 2022, 19:15 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 19:15 WIB
Foto: 5 Pesepak Bola yang Pensiun Terlalu Cepat yang Didominasi Akibat Cedera Parah, termasuk Marco van Basten
Perbesar
Karier pesepak bola biasanya mulai meredup di usia memasuki kepala empat. Saat itulah kebanyakan pemain memilih untuk pensiun dari sepak bola. Namun, 5 pemain berikut mau tak mau harus pensiun terlalu cepat akbiat kondisi yang darurat, yaitu cedera yang parah. (AFP/John Thys)

Liputan6.com, Jakarta Awal karier Erik Ten Hag di Manchester United atau MU tidak berjalan sesuai harapan. Alih-alih memberi kejutan, dua partai perdana Setan Merah di ajang Liga Inggris 2022/23 justru berakhir dengan tragis.

Di laga perdana, Ten Hag yang digadang-gadang bakal mengembalikan kejayaan MU gagal membawa timnya memetik poin saat bertemu Brighton. Pada laga ini, Setan Merah bahkan dipaksa menyerah 1-2. 

Hasil yang lebih parah malah menghampiri MU di laga berikutnya. Berhadapan dengan Brentford, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan semakin dipermalukan lewat kekalahan empat gol tanpa balas. Dua kekalahan beruntun ini sekaligus membuat Manchester United untuk sementara terdampar di dasar klasemen.

Legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten, belakangan ikut mengomentari keterpurukan MU. Dia melihat, dua kekalahan beruntun itu tidak lepas dari program pramusim Erik Ten Hag yang berantakan. Menurutnya, persiapan dilakukan MU tidak berjalan optimal karena terbentur keinginan meraup untung. 

"Yang aneh dari persiapan mereka bertahun-tahun adalah melakukan tur keliling dunia," kata Van Basten kepada Ziggo Sport seperti dilansir dari Sportbible. "Itu membunuh grup. Itu konyol, idiot. Mereka harus berhenti melakukan itu. Secara fisik itu sangat-sangat melelahkan," beber mantan pemain AC Milan itu.  

"Mereka melakukan apapun untuk mendapat lebih banyak uang, dan itu tidak masuk akal."

MU kembali melakukan serangkaian tur pramusim pada tahun ini dengan mengunjungi Thailand dan Australia sebelum kemudian bertolak ke Norwegia menghadapi klub La Liga, Atletico Madrid. 

Setelah itu, MU baru kembali ke Inggris. Di laga terakhir di Old Trafford, MU ditahan Rayo Vallecano 1-1.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dilema MU Hadapi Ronaldo

Foto: Daftar 5 Kekalahan Terbesar Cristiano Ronaldo, Tiga Kali Diderita Pada Periode Keduanya Bersama Manchester United di Liga Inggris
Perbesar
Brentford vs Manchester United 4-0. Kekalahan 4 gol tanpa balas yang terbaru terjadi pada pekan ke-2 Liga Inggris musim 2022/2023 (13/8/2022). Manchester United yang bertandang ke markas Brentford harus mengakui keunggulan tuan rumah usai kebobolan 4 gol di babak pertama, di mana dua di antaranya merupakan blunder fatal dari David De Gea. Cristiano Ronaldo yang bermain penuh tak dapat berbuat apa-apa tanpa adanya dukungan yang memadai dari lini tengah. (AP/Ian Walton)

 

MU sejauh ini masih berusaha mencari tambahan amunisi baru. Sejumlah nama kembali masuk dalam radar Setan Merah di tengah 'kegalauan' klub terkait rencana Cristiano Ronaldo meninggalkan Old Trafford. Pemain Portugal tersebut ngotot pindah dari MU karena ingin bermain di Liga Champions musim ini. 

Sejumlah cara telah dilakukan agar CR7 mau bertahan, termasuk mendatangkan Sir Alex Ferguson. Sayang, tidak ada titik temu dan kekasih Georgina Rodriguez itu tetap ingin hengkang ke tim lain. 

Mantan pemain MU sekaligus pundit, Gary Neville, menilai, MU bedada dalam posisi dilematis terkait status Ronaldo. Di satu sisi, pemain asal Portugal itu sudah tidak betah di Old Trafford. Sementara di sisi lain, MU bakal lebih menderita bila nekat melepas kekasih Georgina Rodriguez itu di bursa transfer musim panas.

 


Komentar Neville

gary neville
Perbesar
Pelatih baru Valencia, Gary Neville. (AFP/Andrew Yates)

Tanpa Ronaldo, Nevile percaya, MU bahkan bisa saja menjadi penghuni dasar klasemen Liga Inggris.   

"Saat saya duduk di sini hari ini, saya pikir ada keputusan besar yang harus mereka buat tentang Cristiano Ronaldo dan mereka terkutuk jika melakukannya, terkutuk jika tidak," kata Nevile. 

"Beberapa minggu sebelum musim dimulai, hal terbaik yang harus dilakukan adalah memfasilitasi kepindahan Ronaldo karena dia jelas tidak senang dan klub tidak senang dengannya. Masalah yang mereka miliki sekarang, jika dia pergi, tidak ada pencetak gol yang tersisa," beber Nevile menambahkan. 

 


Hadapi Liverpool

Sementara itu, ujian berat bakal mengadang langkah MU pada pekan ketiga Liga Inggris 2022/2023. Setan Merah akan menjamu Liverpool FC di Stadion Old Trafford pada Selasa dini hari WIB (23/8/2022). 

Pada pramusim lalu, MU juga sempat bertemu musuh bebuyutannya itu. Keduanya tampil pada Bangkok Century Cup 2022 yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Thailand, 12 Juli 2022. MU berhasil menang 4-0. Empat gol Setan Merah dicetak oleh Jadon Sancho, Fred, Anthony Martial, dan Facundo Pellistri.

Langkah Liverpool di Liga Inggris 2022/23 juga tidak terlalu menjanjikan. Sejauh ini, The Reds belum pernah menang dari dua laga yang dilalui. Di laga perdana, Liverpool bermain imbang 2-2 melawan Fulham sebelum kemudian ditahan dengan skor 1-1 oleh Crystal Palace di Stadion Anfeild, pekan lalu. 

Infografis Grup F Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Grup F Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya