Sukses

Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16, Ketum PSSI Puji Strategi Kepelatihan Bima Sakti

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memuji strategi latihan Bima Sakti usai mengantar anak-anak asuhnya keluar sebagai kampiun Piala AFF U-16 2022. Menurutnya, cara tersebut sesuai dengan tubuh dan kondisi umur para pemain.

Liputan6.com, Jakarta - Euforia kemenangan Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2022 belum usai. Setelah diundang ke Istana Negara, skuad asuhan Bima Sakti juga mendapat kesempatan merayakan kesuksesan mereka di Konser 17an Indonesia Merdeka pada Rabu (17/8/2022).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan turut hadir dalam kesempatan tersebut. Ia menyampaikan ucapan selamat kepada penggawa Garuda Asia yang telah menampilkan performa apik sepanjang pelaksanaan turnamen sepak bola remaja se-Asia Tenggara.

“Kepada anak-anak (Timnas Indonesia U-16), selamat dan sukses. Kalian sudah bermain hebat selama pertandingan AFF U-16, sehingga semua rakyat Indonesia bergembira (dengan hasilnya). Sekali lagi terima kasih,” ujar Ketum PSSI kepada awak media.

Tak hanya mengapresiasi kinerja Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan, Mochamad Iriawan juga turut memuji strategi latihan yang diterapkan Bima Sakti kepada anak-anak asuhnya. Ia menilai cara tersebut sesuai dengan tubuh dan kondisi umur para pemain.

“Saya rasa, Bima Sakti memberikan strategi yang baik. Mereka (latihannya) disesuaikan dengan tubuh dan kondisi umur. Kita lihat, (mereka) tidak naik turun tangga, tetapi latihan di lapangan sesuai porsi yang diberikan oleh Bima Sakti,” katanya.

Sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu berharap para pemain Timnas Indonesia U-16 tak buru-buru didorong tampil di level senior bersama klub. Ia menganggap Garuda Asia masih perlu diberi kesempatan berlaga di pertandingan yang sesuai dengan level umur mereka.

“Saya berharap, (ketika) mereka kembali ke klub, mereka jangan dimainkan dulu di senior karena mereka masih muda. Saya berharap mereka diberikan porsi latihan yang sesuai, juga di pertandingan yang sesuai dengan umur mereka,” sambung Ketum PSSI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kalahkan Vietnam

Seperti diketahui, Timnas Indonesia sukses menyabet trofi di Piala AFF U-16 2022 usai menekuk Vietnam dengan skor tipis 1–0 dalam laga final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Jumat (12/8/2022) lalu.

Gol semata wayang Garuda Asia dilesakkan oleh Kafiatur Rizky beberapa saat jelang turun minum. Ia mampu menemukan ruang di sisi kiri pertahanan Vietnam pada masa injury time, dan melepaskan tendangan ke tiang jauh yang dikawal oleh Pham Dinh Hai.

Unggul satu angka, Garuda Asia berupaya meredam serangan Vietnam di babak kedua. Pasukan The Golden Star muda pun tak sanggup mencetak gol penyeimbang hingga peluit panjang dibunyikan. Alhasil, trofi Piala AFF U-16 2022 resmi menjadi milik Indonesia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Bonus Besar

Keberhasilan Timnas Indonesia menjadi kampiun Piala AFF U-16 2022 mendapat apresiasi besar dari PSSI. Federasi sepak bola Tanah Air menggelontorkan Rp500 juta bagi penggawa Garuda Asia yang tampil di turnamen sepak bola muda se-Asia Tenggara.

Bonus tersebut melengkapi insentif sebelumnya yang diberikan PSSI usai Timnas Indonesia U-16 lolos ke babak semifinal dan final. Adapun Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan telah lebih dulu diguyur hadiah senilai Rp100 juta dan Rp150 juta dari PSSI.

Seperti diberitakan Liputan6.com pada Selasa (16/8/2022) lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali juga berniat membuka pembicaraan terkait bonus bagi skuad asuhan Bima Sakti di Piala AFF U-16.

Menpora menuturkan, pemerintah sebenarnya tidak mewajibkan pemberian bonus bagi prestasi yang diraih di ajang olahraga tunggal. Ia juga mengaku belum tahu apakah Presiden Joko Widodo bakal memberi apresiasi dalam bentuk materi. Kendati demikian, Menpora mengungkap pihaknya akan membahas hal ini nanti.

4 dari 4 halaman

Diterima Presiden

Timnas Indonesia U-16 telah mengikuti acara penerimaan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu (17/8/2022), bertepatan dengan HUT ke-77 RI.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memuji performa anak-anak asuh Bima Sakti. Ia berharap pasukan Garuda Asia bisa menjaga kualitas permainannya agar tidak menurun ketika naik ke level yang lebih tinggi.

“Alhamduillah kita bisa bertemu Pak Presiden. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Presiden, bahwasanya kami bisa diundang dalam Upacara HUT Kemerdekaan Repulik Indonesia,” ujar Bima Sakti pasca penerimaan.

“Tadi kami sudah bertemu beliau (Presiden Jokowi). Beliau memberi nasihat buat kami agar tetap rendah hati, bersyukur bisa juara, tetap ke jenjang berikutnya di level U-19 U-23, selalu dijaga performa mereka,” sambung pelatih berusia 46 tahun itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.