Profil Tim Grup H Piala Dunia 2022: Ghana, Beri Kejutan atau Jadi Lumbung Gol?

Oleh Jefry Hutabarat pada 18 Agu 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 10:00 WIB
timnas-ghana-1-130128-logo.jpg
Perbesar
Timnas Ghana di Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta Pada putaran final Piala Dunia Qatar 2022, Ghana berada di Grup H bersama Portugal, Uruguay dan Korea Selatan. Meski belum bisa disebut grup neraka, akan tetapi Ghana harus berjuang mati-matian untuk bisa bertahan.

Pelatih timnas Ghana, Otto Addo, yakin tim asuhannya mampu bersaing di dengan Portugal, Uruguay, dan Korea Selatan di Piala Dunia 2022 Qatar.

"Jika kami berada dalam kondisi 100 persen, kami bisa mengalahkan siapa pun," kata Otto Addo seperti dilansir dari Africa Top Sports yang dikutip Liputan6, Selasa (16/8/2022).

"Saya pikir ini sulit dan saya belum benar-benar melihat grup secara kritis. Tapi dalam sepak bola, semuanya mungkin daripada di pertandingan piala karena ada tim besar di Divisi Satu dan Divisi Ketiga," ujar mantan winger timnas Ghana, yang bermain untuk Black Stars di Piala Dunia 2006.

Portugal menjadi tim yang paling dijagokan dari Grup H. Skuad di Tim Nasional Portugal saat ini juga cukup mewah. Selain Cristiano Ronaldo, mereka masih memiliki Ruben Dias, Joao Cancelo, Bruno Fernandes, Bernardo Silva, hingga Rafael Leao.

Selain memiliki pemain bintang, mereka juga langganan tampil di kompetisi kelas dunia. Pada Euro 2016, tak ada yang menyangka Portugal bisa keluar sebagai juara.

Uruguay juga punya Luis Suarez dan beberapa pemain bintang yang tidak bisa diremehkan tim Ghana. Mungkin, musuh "termudah" Ghana adalah Korea Selatan. Namun yang perlu diketahui, wakil Asia ini juga punya beberapa pemain kelas Eropa.

Kiprah Timnas Ghana di Piala Dunia Piala Dunia 2022 akan menjadi penampilan timnas Ghana yang keempat sepanjang sejarah mereka.

"Tapi itu sangat menarik karena Anda bisa menang atau kalah melawan semuanya. Dan di level Piala Dunia, semuanya mampu menyebabkan kekecewaan dan semuanya mungkin," ujar Otto Addo.

Ghana menjadi negara Afrika pertama yang mencapai Piala Dunia 2022 di Qatar setelah mengalahkan Nigeria. Ghana memang bermain imbang 1-1 di Abuja. Namun mereka lolos karena menang gol tandang.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Ghana memang tampil lumayan. Mereka jadi juara grup setelah mencatatkan empat kemenangan, satu imbang dan satu kekalahan.

Pertanyaannya adalah apakah Ghana, bisa lolos dari lubang jarum dalam Piala Dunia 2022 kali ini? Atau justru hanya menjadi lumbung gol tim lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pemain Bintang - Thomas Partey

Thomas Partey, Mikel Arteta, Arsenal
Perbesar
Pemain Arsenal, Thomas Partey, mendengarkan instruksi dari sang manajer, Mikel Arteta, ketika akan menjalani debut bersama The Gunners dalam laga kontra Manchester City, Minggu (18/10/2020). (AFP/MICHAEL REGAN)

Andre Ayew melewatkan play-off melawan Nigeria karena skorsing, tetapi dia diprediksi akan menjadi bagian dari skuad untuk Qatar. Saudaranya Jordan, yang telah menikmati musim yang solid untuk Crystal Palace, juga dijamin mendapat tempat di skuad jika fit.

Jeff Sclupp menghadapi masa depan yang tidak pasti setelah tidak dipanggil di Piala Afrika. Tiga nama tersebut penting, namun Thomas Partey disebut akan jadi andalan timnas Ghana.

Gelandang Arsenal Thomas Partey mungkin akan menjadi pemain kunci Ghana di Piala Dunia 2022.

Penampilannya untuk Arsenak musim kemarin mengangumkan. Pada usia 28, secara teoritis berada di puncak kekuatannya.


Pelatih - Chris Hughton

img_hughton-2.jpg
Perbesar
Ekspresi manajer Newcastle United Chris Hughton sebelum dimulainya laga ELP melawan Blackpool di St James' Park, Newcastle upon Tyne, 11 September 2010. AFP PHOTO / GRAHAM STUART

Otto Addo menjadi pelatih yang membawa timnas Ghana lolos ke Piala Dunia Qatar 2022. Akan tetapi, Addo baru saja menerima pekerjaan baru sebagai trainer scout Borussia Dortmund.

Belum bisa dipastikan apakah Addo akan menemani skud Ghana atau tidak. Sebab, kontraknya sendiri akan berakhir pada Desember 2022

Namun, pemerintah Ghana telah menunjuk Chris Hughton yang dulunya sebagai Technical Assistant menjadi pangganti Addo. Kemungkinan, Hughton-lah yang akan menemani Black Satellites ke Piala Dunia 2022.


Jadwal Ghana di Piala Dunia 2022

img_presiden-ghana.jpg
Perbesar
Presiden Ghana John Evans Atta Mills (tengah) saat mengunjungi sesi latihan timnas Ghana di Loftus Versfeld Stadium, Pretoria, 12 Juni 2010. AFP PHOTO / JUNG YEON-JE

Di Qatar, timnas Ghana menempati Grup H bersama Portugal, Uruguay dan Korea Selatan.

Berikut ini jadwal pertandingan grup mereka:

Kamis, 24 November 2022

Portugal vs Ghana: 20.00 WIB

Senin, 28 November 2022

Korea Selatan vs Ghana: 20:00 WIB

Jumat, 2 Desember 2022

Ghana vs Uruguay: 22.00 WIB

Infografis Grup H Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Grup H Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya