Daftar Laga Panas Fase Grup Piala Dunia 2022: Ada Messi vs Lewandowski

Oleh Anry Dhanniary pada 17 Agu 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 10:00 WIB
FOTO: Bantai Italia, Argentina Juara Finalissima 2022
Perbesar
Para pemain Argentina melakukan selebrasi dengan Lionel Messi (atas) setelah memenangkan pertandingan sepak bola Finalissima antara Italia dan Argentina di Stadion Wembley, London, Inggris, 1 Juni 2022. Argentina menang 3-0. (AP Photo/Matt Dunham)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 akan digelar kurang dari 100 hari lagi. Pecinta sepak bola seantero Bumi dipastikan sudah tidak sabar menyaksikan 32 negara bersaing menjadi kampiun Piala Dunia.

Drawing telah dilakukan dan sudah tergambar pertandingan yang akan tersaji di Qatar akhir tahun nanti. Semua pertandingan sudah pasti seru dan akan menentukan perjalanan ke fase knockout.

Tapi, beberapa partai antara negara-negara kuat dengan sejarah panjang akan tersaji dalam tiga pekan pertama turnamen di Piala Dunia Qatar.

Liputan6.com telah merangkum sejumlah pertandingan di fase penyisihan grup yang sudah pasti tidak boleh dilewatkan. Apa saja? Ini dia.

Belanda vs Senegal, 21 November 2022

Setelah pembukaan Piala Dunia antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador yang dimajukan satu hari dari jadwal, pertandingan selanjutnya antara Belanda lawan Senegal sangat menarik untuk ditunggu.

Setelah absen pada Piala Dunia 2018, Belanda pasti punya motivasi lebih. Apalagi "Tim Oranye" sudah pasti ingin memberikan penampilan terbaik buat sang pelatih, Louis van Gaal, yang diketahui baru mengidap kanker prostat.

Di sisi lain, Senegal datang dengan status juara Piala Afrika dan lolos ke Qatar usai mengalahkan Timnas Mesir yang diperkuat Mohammed Salah. Dengan bintang-bintang andalannya seperti Saido Mane dan Edouard Mendy, pasukan "Singa dari Teranga" dijagokan untuk jadi tim Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Nomor 1 vs Anak Baru Piala Dunia

Foto: 5 Pemain yang Melakukan Debut Bersama Timnas Senior di Usia Belia, Martin Odegaard Termuda
Perbesar
Alphonso Davies. Striker Kanada ini melakukan debut bersama timnas senior saat berusia 16 tahun pada laga persahabatan melawan Curacao yang berujung kemenangan 2-1, 14 Juni 2017. Total telah mengoleksi 29 Caps dengan torehan 10 gol dan 16 assist. (The Canadian Press via AP/Jason Franson)

Belgia vs Kanada, 23 November 2022

Timnas Kanada telah menunggu 36 tahun untuk bermain di Piala Dunia, dan laga pertama mereka langsung bertemu dengan tim peringat 1 dunia saat ini yaitu Belgia.

Kendati demikian, tim asuhan John Herdman ini diprediksi tidak akan minder karena ini akan menjadi ujian yang sangat cocok bagi Kanada, yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Belgia sendiri akan mengandalkan generasi emas mereka yaitu diperkuat Thibaut Coutoius, Eden Hazard, Kevin De Bruyne hingga Romelu Lukaku.

Brasil vs Serbia, 24 November 2022

Pertandingan ini patut ditunggu untuk mengukur kekuatan lini depan Brasil yang lolos ke Qatar dengan catatan penampilan terbaik di kualifikasi CONMEBOL.

Dengan kombinasi lini depan menakutkan yang andalkan Neymar hingga Vinicius Jr, skuad Selecao ini diyakini bisa menuntaskan dahaga gelar juara dunia selama 20 tahun terakhir.

Tapi sebelumnya mereka harus bisa menetralisir serangan Serbia yang diperkuat Dusan Vlahovic, Dusan Tadic, Luka Jovic, Aleksandar Mitrovic, Sergej Milinkovic-Savic yang terbukti sukses membuat Portugal kocar-kacir di kualifikasi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Bentrok Gengsi

Pesta Bola Rusia, Piala Dunia 2018, Kroasia, Inggris
Perbesar
Sejumlah fans tampak kecewa saat timnas Inggris gagal melaju ke final Piala Dunia di Flat Iron Square, london, Rabu (11/7/2018). Kroasia menang 2-1 atas Inggris. (AP/Luca Bruno)

Inggris vs Amerika Serikat, 25 November 2022

Ini sudah pasti jadi pertandingan yang sangat dinantikan oleh media Inggris karena perlu diingat The Three Lions BELUM PERNAH MENANG lawan AS dalam dua pertemuan di Piala Dunia. Kalah 0-1 di tahun 1950 lalu imbang 1-1 pada Piala Dunia 2010.

Inggris memang berhasil menang dalam pertemuan keduanya di laga persahabatan 18 November 2018 lalu. Tim asuhan Gareth Southgate ini tentu ingin meneruskan tren positif di Piala Dunia setelah sukses tembus semifinal di Rusia empat tahun lalu.

Tetapi permainan AS kali ini berbeda apalagi setelah kedatangan pelatih anyar Gregg Berhalter yang sukses menggondol CONCACAF Gold Cup. AS akan andalkan Christian Pulisic, Weston McKennie, Tyler Adams dan Tim Weah.

Jadi, tentu saja bentrok antara "Football vs Soccer" ini sangat menarik untuk ditunggu.

Argentina vs Meksiko, 26 November 2022

Partai ini akan jadi salah satu yang paling menarik di Grup C. Argentina menyingkirkan Meksiko pada Piala Dunia 2006 lalu 2010, dengan catatan selalu menang di tiga pertemuan.

Meski begitu, Meksiko tak bisa dianggap enteng. Tiap berpartisipasi, El Tri selalu lolos dari fase grup sejak Piala Dunia 1978. Selain itu, sosok Tata Martino di kursi pelatih juga bisa jadi pembeda karena sebelumnya pernah juga melatih Argentina.


Jerman vs Spanyol, Duel Raksasa Sakit

Foto: 5 Pemain Keturunan Brasil yang Sukses Meraih Trofi Piala Eropa usai Berpindah Kewarganegaraan
Perbesar
Marcos Senna. Ia memutuskan pindah kewarganegaraan menjadi Spanyol pada tahun 2006 setelah sebelumnya bergabung dengan Villarreal pada 2002/2003. Trofi Piala Eropa diraihnya pada Euro 2008 setelah Spanyol menang 1-0 atas Jerman di partai final, 29 Juni 2008. (Foto: AFP/Mladen Antonov)

Prancis vs Denmark, 26 November 2022

Di atas keras, ini akan jadi pertandingan paling berat Prancis di fase grup yaitu melawan Denmark yang tampil menawan di Piala Eropa lalu. Empat tahun lalu, Denmark sukses menahan Prancis tanpa gol.

Pertandingan ini juga menjadi penting karena bisa menjadi penentu siapa yang akan menantang Argentina pada babak 16 besar.

Jerman vs Spanyol, 27 November 2022

Inilah pertandingan yang paling ditunggu: Juara 2010 vs juara 2014. Dua raksasa Eropa ini akan bentrok untuk mempertaruhkan nama besar sekaligus persaingan di puncak klasemen Grup E.

Menariknya, baik Jerman atau Spanyol sama-sama mengandalkan kombinasi pemain veteran dan anak-anak muda. Belum lagi baik Hansi Flick atau Luis Enrique berhasil membentuk tim yang semakin solid.

Kedua negara ini juga ingin membuktikan diri pada dunia. Setelah Jerman tersingkir cepat di Rusia, dan Spanyol hanya menang dua laga Piala Dunia sejak jadi kampiun 12 tahun lalu.

Portugal vs Uruguay, 28 November 2022

Ini adalah pertarungan dendam antara kedua negara, yang mengandalkan pemain-pemain veteran mereka di Qatar nanti. Uruguay menyingkirkan Portugal pada babak 16 besar di Rusia empat tahun lalu.

Baik Cristiano Ronaldo maupun Luis Suarez sudah pasti bakal tampil maksimal demi mimpinya mempersembahkan gelar juara untuk negaranya di penghujung karir.


Messi Adu Kuat Lawan Lewandowski

Foto: 7 Striker dengan Catatan Hattrick Terbanyak di Laga Internasional, Cristiano Ronaldo Patahkan Rekor Sven Rydell
Perbesar
Robert Lewandowski. Striker Timnas Polandia berusia 33 tahun ini telah membuat 6 hattrick dari total 72 gol dalam 127 laga internasional. Hattrick pertamanya dibuat saat ia mencetak 4 gol ke gawang Gibraltar pada kualifikasi Piala Eropa, 7 September 2014 yang berkesudahan 7-0. (AFP/Pool/David Ramos)

Wales vs Inggris, 29 November 2022

Duel antar negara Britania Raya ini juga sangat menarik untuk dinantikan. Meski sering bertemu, tetapi ini adalah pertemuan pertama Inggris dan Wales di ajang Piala Dunia.

Namun, Wales ingin membuktikan kualitas mereka setelah kembali ke panggung Piala Dunia (terakhir tahun 1958). Ketika itu, Brasil perlu turun tangan untuk menyingkirkan "Naga Merah" pada babak perempat-final.

Bukan tidak mungkin, semangat 1958 akan diusung Gareth Bale cs dan menghadirkan kekecewaan besar bagi Inggris.

Argentina vs Polandia, 30 November 2022

Biasanya pertandingan Piala Dunia tidak hanya membicarakan permainan individu, tetapi menjadi berbeda ketika mempertemukan Lionel Messi dengan Robert Lewandowski.

Keduanya diketahui punya kualitas menakutkan sebagai pembobol gawang lawan. Messi adalah pria yang mengangkat prestasi Barcelona, sementara Lewy kini mengemban tugas sebagai penerusnya di Barca.

Yang pasti keduanya diharapkan bisa saling mencetak gol untuk membuat laga ini semakin menarik.

Belgia vs Kroasia, 1 Desember 2022

Ini merupakan pertarungan antara dua generasi emas yang mulai uzur. Bisa dibilang, Piala Dunia Qatar adalah kesempatan terakhir Kevin De Bruyne dkk untuk jadi juara dunia. Sementara Kroasia membuang peluang terbaiknya empat tahun lalu setelah tumbang di laga final.

Ghana vs Uruguay, 2 Desember 2022

Memori 2010 menggelayut jelang laga ini digelar. Ghana nyaris jadi negara Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia, sebelum digagalkan handball licik Luis Suarez pada babak extra-time. Eksekusi penalti Asamoah Gyan yang melambung tinggi menyingkirkan Ghana.

Meski laga ini bukan hidup-mati, tetapi Timnas Ghana sudah pasti ingin menuntaskan dendam pada Uruguay yang pasti masih akan diperkuat Suarez.

Infografis Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya