Kegiatan Timnas Indonesia U-16 di Jakarta: 'Panen' Bonus hingga Ikut Upacara HUT RI ke-77 di Istana Merdeka

Oleh Marco Tampubolon pada 16 Agu 2022, 13:30 WIB
Diperbarui 16 Agu 2022, 13:30 WIB
Timnas Indonesia U-16
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra (tengah), merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Filipina pada ajang Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Minggu (31/7/2022) malam WIB. (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-16 diundang untuk mengikuti upacara HUT RI ke-77 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Seluruh pemain Garuda Asia beserta tim pelatih bakal hadir bersama Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-16 baru saja menjuarai Piala AFF U-16 2022.Pasukan Bima Sakti berhasil mengangkat trofi setelah mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada final, Jumat (12/8/2022).

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, melalui akun Tiwtter resminya menyampaikan kalau kemenangan ini menjadi kado bagi HUT RI ke-77. Tidak lupa Jokowi mengucapkan selamat kepada Timnas Indonesia U-16.

"Selamat kepada timnas sepak bola U-16 Indonesia yang telah mempersembahkan gelar juara Piala AFF U-16 2022 dengan mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 pada final di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta. Gelar juara Piala AFF U-16 2022 ini jadi sebentuk kado HUT Kemerdekaan," tulis Jokowi.

Tidak hanya menyampaikan ucapan selamat lewat Twitter, Jokowi juga mengundang timnas Indonesia U-16 untuk mengikuti upacara di Istana Merdeka. "Ya, besok (17/8/2022) ikut upacara bendera (di Istana Merdeka)," ujar Direktur Media PSSI, Eko Rahmawanto saat dihubungi, Selasa (16/8/2022).

Sementara untuk tambahan bonus dari presiden Jokowi kepada timnas Indonesia U-16, Eko belum bisa memastikan. "Bonus, mungkin ada," ujarnya.

Seperti dilansir dari situs resmi PSSI, timnas Indonesia U-16 sudah berada di Jakarta sejak 14 Agustus lalu. Mereka tiba di ibu kota untuk mengikuti serangkaian kegiatan penerimaan bonus dari berbagai pihak.

Seperti diketahui PSSI memberikan bonus sebesar Rp1.385.000.000. Di luar itu, Garuda Asia juga masih berpotensi mendapatkan tambahan uang saku dari berbagai pihak sebagai bentuk apreseasi. 

Timnas U-16 rencananya resmi dibubarkan pada Kamis (18/8), sebelum akhirnya dikumpulkan lagi untuk pemusatan latihan guna mengikuti turnamen selanjutnya.  "Semua ini adalah bentuk apresiasi PSSI kepada pemain. Total bonus bisa saja terus bertambah,’’ kata Sekjen Yunus Nusi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Juara Piala AFF U-16 2022

AFF U-16 2022: Final: Vietnam vs Indonesia
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Kafiatur Rizky (tengah) berusaha mengecoh pemain Vietnam U-16, Nguyen Huu Trong dalam laga final Piala AFF U-16 2022 antara Vietnam U-16 melawan Indonesia U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Piala AFF U-16 diikuti 12 negara. Di babak penyisihan Indonesia berada di Grup A dan berhasil keluar sebagai juara grup. Di babak semifinal, Garuda Asia mengalahkan Myanmar 5-4 lewat adu penalti usai bermain imbang 1-1.

Di final, Timnas Indonesia U-16 kembali bertemu Vietnam. Tim muda negeri Uncle Ho yang menjadi runner up Grup A lolos ke partai puncak usai mengalahkan tim unggulan, Thailand dengan skor 2-0 di babak semifinal. Ini menjadi pertemuan kedua Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam di Piala AFF U-16 2022. Sebelumnya, Garuda Asia sempat menang 2-1 di penyisihan grup.

Di final, duel berlangsung sengit. Timnas Indonesia U-16 sempat kesulitan menjebol gawang Vietnam. Beruntung, di pengujung babak pertama, Muhammad Kafiatur Rizky mampu mencetak gol dan membawa Indonesia unggul 1-0.

Skor ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

 


Keinginan Pemain

Menpora Zainudin Amali di final Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022
Perbesar
Menpora Zainudin Amali di final Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengungkapkan, keinginan untuk mengikuti upacara bendera di Istana merupakan aspirasi pemain setelah keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022 pekan lalu.

"Jadi setelah selesai saya di kamar ganti mendapat aspirasi dari mereka (Timnas U-16), mereka ingin ketemu Bapak Presiden dan ada yang menyampaikan kalau bisa ya upacara detik-detik proklamasi," kata Menpora selepas mengikuti pengukuhan 68 anggota pasukan pengibar bendera pusaka di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menpora mengaku sudah mendapat jawaban pengarahan dari Presiden Joko Widodo secara langsung yang mengabulkan permintaan anak asuh Bima Sakti.

"Bapak Presiden sudah memberi arahan. Oke, siapkan. Jadi nanti anak-anak timnas U-16 Indonesia akan datang tanggal 17 Agustus pagi, mereka akan menjadi bagian dari upacara peringatan detik-detik proklamasi," katanya.

Menpora juga mengungkapkan kemungkinan Presiden Jokowi menemui Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan setelah upacara HUT RI ke-77.

 


Suntikan Semangat

Foto: Bima Sakti dan Timnas Indonesia U-16 Kasih Kado Trofi Juara Piala AFF U-16 2022 untuk Kemerdekaan RI
Perbesar
Tak lupa mereka juga mengucapkan terima kasih atas dukungan para suporter setia yang memadati Stadion Maguwoharjo. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Menpora berharap pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dapat menyuntik semangat pemain timnas U-16. "Semoga pada saat ketemu Bapak Presiden tanggal 17 Agustus nanti mereka tambah semangat," kata Menpora.

"Terus terang ini harapan kita ke depan. Luar biasa anak-anak ini, ngototnya, kekompakannya, tekniknya mulai kelihatan."

Kendati demikian, Menpora meminta agar timnas u-16 tidak diberi beban yang muluk-muluk sembari mengharapkan perkembangan mereka tetap terjaga dengan terus berprestasi.

"Mudah-mudahan mereka akan terjaga, belum terganggu dengan berbagai hal yang akhirnya membuat mereka menurun prestasi," katanya.

 


Bonus dari Pemerintah

Sementara itu, mengenai bonus Menpora Zainudin Amali mengingatkan, secara aturan pemerintah tidak mewajibkan pemberian bonus untuk prestasi yang ditorehkan pada ajang-ajang olahraga tunggal.

"Kalau dalam aturannya untuk single-event kan tidak mesti. Yang wajib itu adalah multievent seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games, Paralimpiade, Asian Paragames, dan ASEAN Paragames," ungkapnya.

Kendati demikian, Presiden Jokowi kerap memberikan bonus apabila ada kontingen olahraga Indonesia berhasil menjadi juara di turnamen-turnamen level Asia Tenggara.

Tiga tahun lalu, Jokowi menyampaikan bonus sebesar Rp200 juta untuk setiap pemain, pelatih, dan staf timnas yang menjuarai Piala AFF U-22 2019. Kala itu Menpora Imam Nahrawi juga memberikan bonus masing-masing Rp65 juta kepada pemain.

Timnas Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam 1-0 dalam partai final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022).

Atas capaian tersebut, induk sepak bola Indonesia (PSSI) memberikan bonus sebesar Rp500 juta kepada Timnas U-16.

Bonus itu bakal melengkapi insentif sebelumnya, yakni senilai Rp100 juta setelah lolos ke semifinal dan Rp150 juta usai mencapai final.

 

Infografis Perjalanan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020
Perbesar
Infografis Perjalanan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya