Sukses

64 Atlet Terbaik Ikut Turnamen Squash Resmi PSA

Kejuaraan Squash yang diakui PSA berlangsung di DKI Jakarta. 64 atlet terbaik ikut serta.

Liputan6.com, Jakarta- Pengurus Provinsi Persatuan Squash Indonesia (Pengprov PSI) DKI Jakarta membuat gebrakan baru demi meningkatkan prestasi atlet. DKI Jakarta akan menggelar Kejuaraan Gemilang DKI Squash PSA Satellite 2022. 

Ajang ini menjadi kejuaraan tingkat nasional pertama kali yang terdaftar di kalender event Professional Squash Association (PSA) di bawah Federasi Squash Dunia (WSF). Ajang ini diadakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Koja Jakarta Utara, 15-17 Agustus 2022. 

Kejuaraan Gemilang DKI Squash PSA Satellite 2022 juga diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 ini. Tujuan utamanya untuk mengantar atlet-atlet squash potensial DKI Jakarta ke kancah internasional. 

"Selama ini kita mengalami kesulitan untuk mendaftarkan atlet squash Indonesia tampil di turnamen PSA karena mereka belum memiliki peringkat di PSA. Dengan adanya kejuaraan ini kita harapkan atlit kita dapat memperoleh point sebagai bekal mereka bisa bertanding di Turnamen Squash tingkat Dunia," jelas Ketua PSI DKI Jakarta Amalia Chrisna Damayanti yang juga menjabat sebagai Ways and Means and Marketing Committee di South East Asia Squash Federation, Senin (15/8/2022). 

"Tepat pada HUT RI ke-77, kita sudah mengantongi nama-nama atlet squash DKI Jakarta yang bisa diberangkatkan untuk tampil pada turnamen PSA," tambahnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peserta

Keberadaan atlet squash DKI Jakarta di ajang PSA itu sangat penting. Karena, mereka bisa menambah pengalaman bertanding internasional mengingat peserta yang tampil berasal dari berbagai negara. 

Peserta Kejuaraan Gemilang DKI Squash PSA Satellite 2022 adalah 64 atlet squash terbaik se-Indonesia. Diharapkan ajang ini menjadi jembatan untuk tampil di kancah internasional bagi para atlet squash.

Kejuaraan yang mempertandingkan tunggal putra dan putri ini memperebutkan total hadiah 4.000 dolar AS dengan rincian 3.000 dolar AS buat putra dan 1.000 AS buat putri. 

 

3 dari 3 halaman

Kelanjutan

"Khusus putra memang hadiahnya 4.000 dolar karena pesertanya cukup banyak sedangkan putri alokasinya hanya 1.000 dolar karena pesertanya memang sedikit," jelasnya. 

Rencananya, Pengprov PSI DKI Jakarta akan menggelar kejuaraan dalam dua edisi di tahun 2022. "Edisi pertama kita tidak melibatkan peserta dari negara lain. Mungkin edisi kedua atau pelaksanaan kejuaraan tahun depan akan mengundang peserta dari negara lain," tandasnya. 

"Terobosan Pengprov PSI DKI Jakarta ini cukup bagus dalam upaya meningkatkan prestasi atletnya. Makanya, kami siap mendukung pelaksanaan Kejuaraan Gemilang DKI Squash PSA Satellite 2022," kata Gita Natalius Kwa, pemilik PT Gemilang Group.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.