Sukses

Profil Tim Grup H Piala Dunia 2022: Asa Terakhir Portugal Bersama Cristiano Ronaldo

Di atas kertas, Portugal diunggulkan untuk melaju ke babak selanjutnya ketimbang tiga tim lainnya. Ini menjadi asa dan gelar terakhir sang kapten, Cristiano Ronaldo bagi Portugal mengingat faktor usia sang pemain yang sudah mencapai usia 37 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Portugal menempati Grup H pada pagelaran Piala Dunia Qatar 2022 mendatang. Mereka berada bersama Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan.

Grup ini bisa dibilang tidak sulit, tapi juga tidak mudah. Ada Uruguay dan Korea Selatan juga merupakan tim langganan Piala Dunia. Sementara itu, untuk Ghana juga punya catatan baik selama perhelatan Piala Dunia beberapa perhelatan terakhir.

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Korea Selatan, yang dilatih Shin Tae-yong mengalahkan Jerman 2-0 dan sekaligus membuat juara 2014 tersebut teringkir.

Namun demikian, dengan materi dan pengalaman yang dimiliki, di atas kertas Portugal diunggulkan untuk lolos karena kualitasnya.

Skuad di tim berjuluk A Selecao saat ini juga cukup mewah. Selain Cristiano Ronaldo, mereka masih memiliki Ruben Dias, Joao Cancelo, Bruno Fernandes, Bernardo Silva, dan Rafael Leao.

Portugal kerap tidak diperhitungkan dalam setiap pargelaran, pencapaian terbaik mereka di Piala Dunia adalah finis di tempat ketiga, dan itupun diraih pada 1966.

Akan tetapi, Portugal bisa mengejutkan ketika diremehkan. Pada Euro 2016, tak ada yang menyangka mereka bisa keluar sebagai juara. Padahal kala itu mereka lolos sebagai peringkat ketiga terbaik. Andai aturan tersebut tidak ada, maka mereka akan tersingkir.

Portugal lolos ke Piala Dunia 2022 melalui jalur play-off. Mereka tergabung di Grup A pada masa kualifikasi dan finis di urutan kedua di bawah Serbia.

Dari delapan pertandingan di masa kualifikasi, Portugal mencatatkan lima kemenangan, dua imbang, dan satu kekalahan. Mereka menyelesaikan fase grup dengan raihan 17 poin, selisih tiga angka dengan Serbia.

Pada babak semi-final play-off Portugal bertemu dengan Turki dan menang 3-1. Kegagalan Burak Yilmaz dalam mengeksekusi penalti di menit-menit akhir turut membantu Portugal lolos ke Qatar.

Kemudian pada babak final play-off Portugal mengalahkan Makedonia Utara 2-0 berkat dua gol dari Bruno Fernandes.

Makedonia Utara datang ke laga ini dengan bermodalkan kemenangan melawan Italia, tetapi mereka tidak bisa memberikan ancaman selama pertandingan kepada Portugal.

Kemenangan tersebut cukup untuk meloloskan Ronaldo dan kawan-kawan ke Qatar 2022. Nah, khusus untuk Ronaldo ini mungkin menjadi penampilan terakhir bersama timnas Portugal di Piala Dunia.

Hal ini mengingat usia dari sang kapten yang sudah menginjak usai 37 tahun. Agak sulit rasanya jika dia harus bermain hingga 41 tahun apabila bermain di Piala Dunia 2026 nantinya.

Semua gelar sudah dimenangkan oleh Ronaldo, tinggal Piala Dunia bersama Portugal menjadi pelengkap sempurna torehan dari bintang Manchester United tersebut. Apakah bisa? November sampai Desember nanti menjadi jawabannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain Bintang - Cristiano Ronaldo

Telepas dari performa serta drama transfernya di awal musim ini. Siapa yang tidak kenal dengan Cristiano Ronaldo. Pemain ini sempat disebut-sebut sebagai pesepak bola terbaik di dunia bersama Lionel Messi.

Tidak banyak harus dijelaskan soal pemain yang satu ini karena publik seantero dunia sudah mengetahui betapa hebatnya kualitas seorang CR7.

Ya, Ronaldo adalah salah satu pesepak bola terbaik dalam sejarah sepak bola. Berbagai gelar individu maupun tim telah ia menangkan.

Ronaldo telah memenangkan lima gelar Ballon d'Or (2008, 2013, 2014, 2016, 2017) dan lima gelar Liga Champions (2007-2008, 2013–2014, 2015–2016, 2016–2017, 2017–2018).

Bersama Portugal, dua gelar bergengsi juga telah ia menangkan, yakni Euro 2016 dan UEFA Nations League 2018-2019.

Di usianya yang sudah menginjak 37 tahun, Ronaldo membuktikan bahwa dirinya masih bisa bersaing di level teratas. Hanya tinggal Piala Dunia yang menjadi gelar yang belum mengisi trofi gelarnya. Apakah di Piala Dunia Qatar 2022 nanti menjadi akhir manis bagi Ronaldo? 

Jika melihat dari lawan di penyisihan grup, ada Uruguay, Ghana dan Korea Selatan. Portugal masih unggul di atas kertas. Ini bisa membuat Ronaldo cs melaju jauh hingga juara, tapi tunggu hingga November - Desember nanti yang menjadi jawabannya.

3 dari 4 halaman

Pelatih - Fernando Santos

Fernando Santos ditunjuk oleh sebagai pelatih Portugal pada 23 September 2014, menggantikan Paulo Bento yang dipecat karena hasil buruk.

Tak butuh waktu lama untuk Santos meracik skuad Portugal menjadi sebuah tim yang mengandalkan Cristiano Ronaldo di depan dan strategi sepak bola oportunis.

Meski kerap dikritik karena permainan tersebut, publik dibuat bungkam ketika mereka menjuarai Euro 2016 mengalahkan tuan rumah Prancis.

Seiring berjalannya waktu, beberapa pemain hebat mulai hadir dan itu memungkinkan Santos untuk merubah gaya permainan Portugal menjadi lebih menyerang.

Tiga tahun kemudian, Santos kembali membawa Portugal merengkuh trofi internasional, kali ini UEFA Nations League 2018-2019.

Menarik ditunggu, apakah Santos bisa kembali mengejutkan dunia lagi atau tidak. Namun yang jelas pelatih 67 tahun ini tidak bisa diremehkan.

4 dari 4 halaman

Jadwal Portugal

Berikut ini jadwal pertandingan grup mereka:

Kamis, 24 November 2022

Portugal vs Ghana: 20.00 WIB

Selasa, 29 November 2022

Portugal vs Uruguay: 02:00 WIB

Jumat, 2 Desember 2022

Korea Selatan vs Portugal: 22.00 WIB

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.