800 Peserta Meriahkan Jakarta Dragon Boat Festival di Ancol

Oleh Marco Tampubolon pada 15 Agu 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 15:30 WIB
Kejuaraan Perahu Naga
Perbesar
Sebanyak 800 peserta yang terbagi dalam 55 tim ikut meramaikan Jakarta Dragon Boat Festival (JDBF) ke-4, di Ancol Beach City, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (13/8/2022). (Istimewa/Jakarta Dragon Boat Festival 2022)

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 800 peserta yang terbagi dalam 55 tim ikut meramaikan Jakarta Dragon Boat Festival (JDBF) ke-4, di Ancol Beach City, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (13/8/2022). Kejuaraan yang digelar Klub Dayung Bahtera dan Jakarta Paddle Club (JPC) ini berhadiah total sebesar Rp135 juta. 

Lomba dayung Perahu Naga ini berlangsung di bawah naungan PODSI DKI Jakarta. Masing-masing peserta dibagi ke dalam lima kategori yakni, kategori umum, kategori putra, kategori putri, kategori campuran, dan undangan pelajar, dan menempuh lintasan lomba sepanjang 250 meter.

Sebagian besar peserta belum pernah mencoba olahraga dragon boat atau kompetisi sejenis. Untuk itu, Klub Dayung Bahtera selaku penyelenggara telah menggelar latihan serentak bagi semua tim yang diadakan setiap Sabtu sejak Mei hingga awal Agustus sebagai persiapan berkompetisi dalam JDBF.

Ketua Umum PODSI DKI Jakarta, WS. Wirjawan menyambut baik kejuaraan ini. Selain menambah popularitas olahraga dayung, Wirjawan berharap JDBF juga berpotensi memunculkan bibit atlet baru.

"Jakarta Dragon Boat Festival dapat menjadi kegiatan positif yang memfasilitasi para komunitas olahraga dayung, khususnya membantu PODSI DKI memasyarakatkan olahraga dayung lebih luas dan mencari bibit atlet muda berbakat danberpotensi,” katanya dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Sementara itu, Project Director JDBF Ke-4, Qurrotul A’yun, menjelaskan, dalam 3 bulan persiapan banyak peserta memperlihatkan kemajuan meski baru pertama kali mencoba olah raga ini.

"Hal ini menunjukkan minat maupun potensi yang sangat besar untuk mempopulerkan olahraga dayung di Indonesia," ujar Qurrotul A’yun menambahkan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Paddle Without Plastics

Jakarta Dragon Boat Festival (JDBF)
Perbesar
Jakarta Dragon Boat Festival (JDBF) mengusung semangat “paddle without plastics”. Gerakan ini mengajak peserta, penonton dan semua pihak yang terlibat untuk turut peduli lingkungan hidup dengan tidak menggunakan kemasan makanan dan minuman plastik. (Istimewa/JDBF)

Selain beradu cepat di lintasan sepanjang 250 meter, acara Jakarta Dragon Boat Festival (JDBF) mengusung semangat “paddle without plastics”. Gerakan ini mengajak peserta, penonton dan semua pihak yang terlibat untuk turut peduli lingkungan hidup dengan tidak menggunakan kemasan makanan dan minuman plastik, menyediakan depot isi ulang air dan daur ulang kemasan makanan dan plastik.

Selain lomba dayung, dalam festival ini juga diadakan bazaar, games, pertunjukan budaya serta musik, dan menerapkan standar keselamatan dan protokol kesehatan secara ketat.

 

 


Tentang Jakarta Paddle Club (JPC)

Jakarta Dragon Boat Festival (JDBF)
Perbesar
Sebanyak 800 peserta yang terbagi dalam 55 tim ikut meramaikan Jakarta Dragon Boat Festival (JDBF) ke-4, di Ancol Beach City, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (13/8/2022). (Istimewa/Jakarta Dragon Boat Festival 2022)

Jakarta Paddle Club (JPC) berdiri pada 2014 dengan misi mempromosikan olahraga dayung Dragon Boat, Stand Up Paddle, dan kano kepada masyarakat dan komunitas yang luas. JPCb ersifat sosial dan kompetitif, berbasis semangat komunitas yang menjunjung tinggi keberagaman dan sikap saling menghormati dalam menjalani gaya hidup aktif dan sehat baik diair maupun di daratan.

Melalui kegiatan olahraga, JPC juga bertujuan untuk membangun kesadaran menjaga alam dan lingkungan dalam kegiatan program pembersihan pantai. JakartaPaddle Club adalah pendiri dan rekan penyelenggara Jakarta Dragon Boat Festival.

 


Tentang Klub Dayung Bahtera Klub

Dayung Bahtera berdiri pada 2006. Klub ini sejak awal bertujuan untuk mencari dan melatih bibit-bibit muda sebagai atlet di bawah pengawasan Pengprov PODSI DKI. Resmi terdaftar pada 2016, Klub Dayung Bahtera kemudian bertanggung jawab dalam proses pendidikan dan pelatihan atlet muda untuk mewakili DKI Jakarta dalam kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional.

Hingga saat ini, Klub Dayung Bahtera telah mencetak atlet-atlet muda berprestasi yang sudah bertanding dan memenangkan berbagai kejuaraan bergengsiseperti SEA Games, Asian Games dan Olimpiade. Klub Dayung Bahtera merupakan rekan penyelenggara Jakarta Dragon Boat Festival.

Infografis Grup H Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Grup H Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya