5 Stadion Keren dan Megah di Indonesia Ini Bisa Jadi Alternatif Sport Tourism Kamu!

Oleh Fachri pada 13 Agu 2022, 18:10 WIB
Diperbarui 13 Agu 2022, 18:10 WIB
Stadion JIS.
Perbesar
Jakarta International Stadium. (Dok. Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Sebagai olahraga yang paling banyak digandrungi di Indonesia, sepak bola menjadi olahraga yang sangat populer. Tidak sedikit stadion sepak bola yang dibangun di sini. Tapi, kadang kala, pembangunan stadion tersebut dilakukan secara serampangan, baik dari desain maupun fungsinya.

Eits, tapi tidak semua stadion seperti itu lho. Ada beberapa stadion di Indonesia yang terbilang keren dan megah. Stadion tersebut juga menjadi daya tarik untuk wisatawan berlibur di sebuah daerah. Apalagi jika wisatawan yang ingin menikmati sport tourism.

Selain bisa digunakan sebagai spot lari, keren dan megahnya arsitektur stadion bisa menjadi spot foto yang bagus untuk dibagikan di media sosial. Apa saja sih stadion yang wajib kamu kunjungi saat kamu sedang berlibur di sebuah kota? Berikut daftarnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang)

Stadion Jakabaring.
Perbesar
Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang. (Dok. Shutterstock)

Stadion ini menjadi salah satu stadion multifungsi termegah di Indonesia. Entah sudah berapa kali event olahraga internasional sudah digelar di sini. Baik sepak bola atau olahraga yang lainnya.

Berlokasi di Palembang, stadion ini menjadi salah satu stadion bertaraf FIFA. Dengan mendapatkan reputasi dari FIFA tersebut, tak jarang stadion ini kerap ditunjuk untuk menggelar kompetisi internasional.

Stadion berkapasitas 23.000 penonton ini, pada tahun 2018 digunakan sebagai salah satu venue gelaran Piala AFF. Bahkan belum lama ini, Stadion Gelora Sriwijaya ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung 2023 mendatang.


2. Jakarta International Stadium (Jakarta)

JIS.
Perbesar
Jakarta International Stadium. (Dok. Shutterstock)

Selain Gelora Bung Karno, Jakarta sekarang punya stadion anyar. Jakarta International Stadium yang diresmikan 19 April 2022 lalu menjadi salah satu alternatif sport tourism di Jakarta.

Stadion berkapasitas 82.000 penonton ini ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Terletak di Utara Jakarta, stadion ini menawarkan berbagai fasilitas yang bisa dimaksimalkan publik.

Stadion ini menawarkan arsitektur yang keren dan megah, serasa stadion yang ada di luar negeri menjadikan stadion ini menjadi spot foto yang estetik. Stadion pertama di Indonesia yang menggunakan sistem atap buka-tutup ini wajib masuk ke dalam itinerary kamu di Jakarta ya!


3. Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung)

Stadion Gelora Bandung Lautan Api.
Perbesar
Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Bandung. (Dok. Bandung)

Stadion yang menjadi kebanggaan dari masyarakat Jawa Barat ini merupakan salah satu stadion bertaraf FIFA di Indonesia. Stadion berkapasitas 38.000 penonton ini, bisa menjadi salah satu alternatif sport tourism di Jawa Barat ya.

Stadion yang menjadi kandang dari Persib Bandung ini cocok dijadikan sebagai sarana olahraga lain seperti sepak bola, berlari dan bersepeda. Selain itu, karena kemegahannya, stadion ini juga bisa menjadi salah satu spot untuk mengabadikan momen ke media sosial lho!


4. Stadion Manahan (Solo)

Stadion Manahan.
Perbesar
Stadion Manahan di Solo. (Dok. Shutterstock)

Salah satu ikon olahraga kota yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion yang memiliki fasilitas berstandar internasional ini menjadi salah satu destinasi sport tourism atau destinasi olahraga.

Stadion berkapasitas 25.000 penonton ini menjadi kandang dari Persis Solo. Stadion ini juga menjadi salah satu venue dari ASEAN Para Games 2022, bahkan baru-baru ini menjadi lokasi konser dari Dream Theater.

Teruntuk kamu yang sedang berlibur ke Solo, wajib deh lari dan bersepeda di sekitara Stadion Manahan ini. Jangan lupa juga, abadikan momen kalian ketika di sini!


5. Stadion Batakan (Balikpapan)

Stadion Batakan.
Perbesar
Stadion Batakan di Balikpapan. (Instagram/Stadionbatakan)

Melompat ke Pulau Kalimantan. Di sana terdapat satu stadion yang wajib kalian kunjungi saat liburan di Balikpapan. Ya, Stadion Batakan yang kerap kali dijuluki sebagai Emirates Stadium-nya Indonesia ini menjadi salah satu sport tourism di sana.

Stadion yang berkapasitas 45.000 penonton ini memiliki bangunan yang estetik nan megah. Salah satu stadion yang bertandar FIFA di Pulau Kalimantan ini, bisa menjadi spot foto yang bagus lho!

Namun, saat ini, di beberapa spot stadion ini memiliki kerusakan yang mengurangi keindahan dari markas dari Persiba Balikpapan ini. Semoga, kerusakan yang terjadi, bisa cepat diperbaiki ya!

Nah, itu dia 5 stadion yang bisa menjadi alternatif sport tourism kamu #DiIndonesiaAja ya! Selain bisa menyehatkan jiwa dan raga, deretan stadion itu bisa menjadi spot foto yang estetik untuk diabadikan di media sosial!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya