Abraham Damar Jadi MVP IBL 2022, Prawira dan NSH Dapat 3 Gelar

Oleh Thomas pada 12 Agu 2022, 19:15 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 19:15 WIB
Abraham Damar Grahitaa
Perbesar
Abraham Damar Grahita (dok FIBA)

Liputan6.com, Jakarta- Jelang babak play-off, IBL resmi mengumumkan para pemenang penghargaan individual untuk musim reguler pada Jumat (12/8/2022) sore WIB. Prawira Bandung mendominasi dari tujuh gelar yang diberikan di IBL Awards 2022.

Shooting guard Prawira Abraham Damar Grahita sukses meraih gelar pemain terbaik alias Most Valuable Player (MVP). Damar menang mutlak atas empat pesaing lainnya yang masuk nominasi MVP.

Abraham total meraup 187 poin. Unggul jauh dari pemain Dewa United Kaleb Ramot Gemilang yang menjadi runner-up dengan 150 poin. Peringkat tiga ditempati Andakara Prastawa dari Pelita Jaya Jakarta dengan 124 poin.

Dua kandidat lain adalah guard West Bandits Combiphar Solo Widyanta Putra Teja dan forward Satria Muda Arki Dikania Wisnu. Widy finis keempat dengan 84 poin disusul Arki yang mendapat 53 angka.

Penentuan pemenang di penghargaan IBL Awards 2022 dilakukan melalui voting yang dilakukan para pelatih klub IBL musim ini dan perwakilan 10 media nasional. Ke-10 media yang memberikan suara di IBL Awards 2022 adalah Liputan6.com, CNN TV, Pikiran Rakyat, Kompas Cetak, Skor, Detik, Antara, Republika, Halo Basket dan Main Basket.

Setiap pemilik hak suara harus menentukan siapa pemain yang berada di urutan pertama sampai kelima. Pemain yang dipilih di urutan pertama akan mendapat poin 10, sedangkan kedua meraih 7 poin, rangking tiga dinilai 5 poin, posisi empat dihargai dengan 3 poin dan yang terakhir memperoleh satu poin saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Prawira

Timnas Basket Indonesia Gagal Runtuhkan Tembok Pemain China
Perbesar
Pebasket Timnas Indonesia, Yudha Saputera (kanan) mencoba melewati adangan pemain China pada laga playoff perempat final FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (18/7/2022). Langkah timnas basket Indonesia di ajang FIBA Asia Cup 2022 terhenti usai menelan kekalahan telak 58-108 dari China. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Abraham Damar benar-benar mendominasi di voting MVP. Eks pemain Stapac ini ditempatkan di posisi pertama oleh 12 pemilik suara. Sedangkan Kaleb yang finis kedua hanya dipilih lima orang di tempat pertama.

Beberapa pemilik suara terpaksa tidak dihitung dalam voting karena melakukan kesalahan saat voting dengan menempatkan dua pemain atau lebih di satu urutan yang sama.

Dua penggawa Prawira lain yang meraih penghargaan di IBL Awards 2022 adalah pelatih David Singleton dan guard berbakat Yudha Saputera.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Singleton

Yudha terpilih sebagai Rookie of The Year Setelah mengalahkan Muhammad Arighi (Pelita Jaya), Agus Salim (Rans PIK Basketball), Julius Wongso (Bumi Borneo Samarinda) dan Muhammad Aulaz (Pacific Caesar Surabaya).

Total Yudha mendapat poin 202, unggul begitu jauh dari Arighi yang mendapat 134 poin saja.

Adapun Singleton mengalahkan pelatih Satria Muda Youbel Sondakh, dan arsitek Pelita Jaya Fictor Roring. Singleton meraup 77 poin, unggul 15 dari Youbel.

Khusus penghargaan Coach of The Year, voting hanya dilakukan perwakilan 10 media nasional saja. Para pelatih IBL tidak ikut memberikan suara.


NSH

Tak cuma Prawira yang mendapat tiga penghargaan di IBL Awards 2022. NSH Mountin Gold Timika juga kebagian tiga trofi. Gelar pemain asing terbaik di IBL Awards 2022 diraih pemain NSH Shavar Newkirk. Kemudian Ruslan menjadi Defensive Player of the Year. Satu gelar NSH lain didapat dari Hengk Infandi yang terpilih menjadi Most Improved Player.

Satu gelar tersisa lain di IBL Awards 2022 diraup pemain West Bandits Rio Disi. Pemain berposisi point guard itu merebut gelar Sixth Man of The Year.

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya