Mengenal Sambo, Olahraga Beladiri asal Rusia yang Diandalkan Khabib Nurmagomedov

Oleh Thomas pada 10 Agu 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 15:00 WIB
Khabib Nurmagomedov Umumkan Pensiun
Perbesar
Petarung seni bela diri campuran, Khabib Nurmagomedov menggelar konferensi pers di Moskow pada 26 November 2018. Khabib Nurmagomedov mengumumkan pensiun dari dunia seni bela diri campuran (MMA) usai mengalahkan Justin Gaethje dalam UFC 254, Minggu (25/10/2020). (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Sambo sedang jadi perbincangan hangat di Indonesia saat ini. Sebelum viral, Sambo dikenal sebagai salah satu cabang olahraga beladiri. Olahraga sambo ini dikembangkan di Uni Soviet.

Dinukil dari berbagai sumber, Sambo merupakan kronim dari САМооборона Без Оружия (SAMozashchita Bez Oruzhiya) yang artinya artinya "bela diri tanpa senjata". Olahraga sambo ini populer di Uni Soviet pada era 1940-an. Sambo juga digunakan untuk seni bela diri oleh militer Rusia.

Olahraga Sambo ini merupakan gabungan gulat dan judo. Inti sambo menekankan pada kemampuan kontrol dan kuncian kaki. Sambo mengajarkan praktisi cara untuk mengakhiri perkelahian dengan cepat. Hal ini sering dilakukan dengan mengambil lawan ke tanah dan menerapkan penyerahan terus atau serangan cepat.

Sosok yang mempopulerkan olahraga Sambo adalah Vasily Oshchepkov. Dia merupakan warga Uni Soviet kelahiran 6 Januari 1893. Vasily Oshchepkov pernah menimba ilmu di Tokyo Jepang.

Karena tinggal di Jepang, Vasily Oshchepkov jatuh cinta dengan olahraga Judo. Dia kemudian sukses mempromosikan judo di Rusia. Vasily Oshchepkov kemudian mengadaptasikannya dengan realitas yang ada di Rusia sehingga lahirlah Sambo.

Jagoan UFC asal Rusia Khabib Nurmagomedov termasuk salah satu olahragawan yang fasih dengan olahraga sambo ini. Dia pernah menjadi juara dunia Sambo dua kali sebelum sukses besar di jagat UFC. Khabib bisa berjaya di UFC karena memiliki latar belakang disiplin sambo, judo dan gulat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Asian Games 2018

20161205-Pemimpin-Dunia-yang-Hobi-Berolahraga
Perbesar
Presiden Rusia Vladimir Putin mengikuti latihan judo di Moskow pada tanggal 8 Januari 2016. Putin mulai berlatih Sambo (beladiri asli negara-negara Soviet) pada usia 14 tahun, sebelum akhirnya ganti menekuni Judo. (AFP PHOTO/Sputnik/Aleksey Nikolskyi)

Selain Khabib, Presiden Rusia Vladimir Putin juga diketahui piawai dengan beladiri sambo. Putin sudah berlatih sambo sejak usia 14 tahun sebelum akhirnya ganti menekuni Judo.

Di Indonesia sendiri, cabor Sambo mulai dikenal pecinta olahraga berkat penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Pada Asian Games 2018 terdapat cabor Sambo yang dipertandingkan.

Saat itu Indonesia mengirimkan delapan atlet untuk bersaing di cabor Sambo. Sayangnya tak ada medali yang berhasil didapat dari cabor Sambo di Asian Games 2018.

Delapan atlet sambo Indonesia di Asian Games 2018 adalah Rio Akbar Bahari, Imam Maulana Muttaqin, Yossi Siswanto, Mohamad Wahyudi, Mutiara Amanda, Maria Magdalena Ince, Anggun Nurajijah dan Sakinah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


2007

Sebenarnya sambo sudah masuk ke Indonesia tahun 2007. Seperti dikutip dari situs KONI Salatiga, tokoh pendiri Sambo di Indonesia adalah Ir. Aji Kusmantri dari Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI).

Sambo pertama kali diperkenalkan di lingkungan Universitas Trisakti pada tahun 2008. Bersama Gerard Lim (Singapore Sambo), perlahan olahraga Sambo mulai dikenal di kalangan Perkumpulan Judo Universitas Trisakti.

Saat ini Sambo sudah memiliki induk organisasi resminya di Indonesia yakni Pengurus Besar Persatuan Sambo Indonesia (PB PERSAMBI). Mantan atlet judo Krisna Bayu yang menjadi ketum PERSAMBI.

Krisna Bayu sudah dua periode memimpin PERSAMBI. Dia baru terpilih lagi memimpin PERSAMBI pada Januari 2022 lalu. Krisna Bayu akan berkuasa sampai tahun 2026.

PERSAMBI sendiri baru resmi diterima menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada tahun 2019.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya