Gabung Barcelona, Robert Lewandowski Seperti Temukan Mainan Baru

Oleh Marco Tampubolon pada 09 Agu 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 18:00 WIB
Foto: Lewandowski Pecah Telur dan Sabet Gelar MVP saat Barcelona Lumat UNAM Pumas di Joan Gamper Trophy 2022
Perbesar
Barcelona berhasil meraih gelar ke-45 Joan Gamper Trophy edisi ke-57 setelah melumat klub asal Meksiko, UNAM Pumas dengan skor telak 6-0 di Nou Camp Stadium, Barcelona, Senin (8/8/2022) dini hari WIB. Bintang kemenangan Barcelona dalam laga tersebut adalah striker anyar asal Polandia, Robert Lewandowski. (AFP/Pau Barrena)

Liputan6.com, Jakarta Robert Lewandowski langsung betah di Barcelona. Sambutan hangat suporter Barca membuat semangatnya membara. Lewandowski pun bertekad meraih kesuksesan bersama Blaugrana.

Memang tidak butuh waktu lama bagi Lewandowski untuk memikat hati fans Barcelona. Penampilan gemilang yang ditunjukkan saat laga kontra Pumas Unam membuat publik Camp Nou bergairah. 

Pada final perebutan trofi Joan Gamper itu, Barcelona menang 6-0. Gol pembuka dipersembahkan Lewandowski lewat aksi yang terbilang menghibur. Memanfaatkan umpan terbosan dari Pedri pada menit ke-3, Lewandowski kemudian melakukan gerakan yang mampu megecoh kiper lawan. 

Lewat sudut sempit, Lewandowski kemudian melepas tembakan yang merobek jala Pusam Unam. 

Dua menit kemudian giliran Lewandowski yang memberi umpan untuk gol Pedri, lalu satu assist lagi untuk Pedri di menit ke-19. Ousmane Dembele juga ikut mencatatkan namanya di papan skor. 

Barca lalu menambah 2 gol lagi lewat Pierre Emerick Aubameyang (49), dan Frenkie de Jong (84').

"Ini luar biasa [vs. Pumas], saya tidak berharap begitu banyak penggemar berada di sini,” ujar Lewandowski kepada Diario Sport. "Pengalaman seperti itu sebagai pemain selalu bersama Anda."

“Saya butuh perubahan ini, kepindahan ke negara lain dan ke klub lain. Saya merasa seperti anak kecil yang memiliki mainan baru,” ujar mantan pemain Borussia Dortmund tersebut menambahkan. 

   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Diboyong dari Bayern Munchen

Robert Lewandowski, Pedri, Barcelona
Perbesar
Gelandang Barcelona, Pedri (tengah), berselebrasi dengan Robert Lewandowski (kiri) dan Gavi pada pertandingan uji coba Joan Gamper Trophy, melawan Club Universidad Nacional Pumas di Camp Nou, Senin (8/8/2022) dini hari WIB. (Pau Barrena/AFP)

Lewandowski menyelesaikan kepindahannya dari Bayern Munich bulan lalu setelah saga transfer yang berjalan lama antara Bavaria dan Catalonia. Lewandowski dengan cepat menunjukkan keinginannya  meninggalkan Allianz Arena menjelang musim 2022/23 meski kontraknya masih tersisa 12 bulan. 

Namun Barcelona akhirnya mendapatkan buruannya. Lewandowski menyetujui kesepakatan di Camp Nou hingga 2026. Dia diboyong dengan nilai transfer yang diperkirakan mencapai £42.5 juta.

 


Langsung Klop

Foto: Lewandowski Pecah Telur dan Sabet Gelar MVP saat Barcelona Lumat UNAM Pumas di Joan Gamper Trophy 2022
Perbesar
Robert Lewandowski mampu tampil apik dengan mencetak 1 gol dan 2 assist dalam laga tersebut. Gol di menit ke-3 yang menjadi pembuka kemenangan merupakan gol pertamanya di laga non resmi bersama Barcelona. (AP/Joan Monfort)

Meski baru pertama kali tampil Liga Spanyol, gaya bermain Lewandowski ternyata tidak menyulitkan pemain Barcelona. Pedri bahkan merasa beruntung bisa langsung klop dengan striker jangkung itu.

"Sangat mudah bersama dengan pesepak bola seperti dia. Kami saling megisi selama pertandingan dan itu berjalan dengan baik," beber Pedri mengurai kekagumannya terhadap Lewandowski.

Urusan mencetak gol sudah menjadi makanan Lewandowski selama ini. Sepanjang memperkuat Bayern Munchen, dia mampu mencatatkan 344 gol dalam 375 pertandingan di semua kompetisi.

Penampilan mengesankan kembali ditunjukkan Lewandowski bersama Barcelona saat bertemu Pumas. Tidak salah, dia akhirnya terpilih untuk mendapatkan gelar MvP dalam laga tersebut. Kemenangan ini sekaligus menjadi akhir dari persiapan pramusim Barca sebelum menghadapi kompetisi 2022/2023.


Belum Didaftarkan

Kiprah Lewandowski di kompetisi resmi bersama Barcelona baru akan dimulai pada akhir pekan ini. Di laga perdana, skuad Blaugrana akan berhadapan dengan Rayo Vallecano, Sabtu (13/8/2022).

Hanya saja, ada sejumlah keraguan yang menyelimput tim asal Catalonia tersebut terkait apakah Lewandowski dan semua pemain baru lainnya bisa memenuhi syarat untuk bermain. Seperti diketahui, Barcelona telah jorjoran menghabiskan banyak uang musim panas ini untuk menambah amunisinya.

Selain Lewandowski, Barcelona juga merekrut Raphinha dan Jules Kounde.

Kehadiran mereka membuat neraca keuangan Barcelona berantakan. Pemasukan yang minim membuat Barcelona kesulitan untuk mendaftarkan seluruh pemain baru yang ada saat ini.

Sejumlah cara telah ditempuh Barcelona, tapi pekerjaan rumah belum juga usai.

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya